4+ Batas Wilayah Provinsi Papua Barat

Batas Wilayah Papua Barat

Papua Barat merupakan provinsi di Pulau Papua yang beribukota di Manokwari. Wilayah provinsi ini cukup populer dengan beberapa destinaasi wisata yang masih alami. Untuk mengetahui tentang wilayahnya, berikut batas wilayah Provinsi Papua Barat.

Papua Barat


Jika dilihat di peta, wilayah Papua Barat berbentuk seperti kepala burung. Wilayah provinsi ini juga terdiri dari beberapa kepulauan di sekitarnya. Sebagian besar dari wilayah Papua Barat merupakan kawasan pegunungan, seperti Pegunungan Fak-Fak, Pegunungan Arfak, dan Pegungan Kumafa.

Provinsi ini diberikan otonomi khusus dan memiliki potensi alam yang kaya. Salah satu wilayah Papua Barat yang kini menjadi primadona wisata Indonesia adalah Raja Ampat. Salah satu kabupaten di Papua Barat ini terdiri dari 610 pulau, dimana hanya 35 pulau saja yang berpenghuni. Tak hanya populer sebagai wisata alam saja, Raja Ampat juga memiliki kekayaan alam, berupa mutiara dan rumput.

Selain Raja Ampat, Kabupaten Sorong Selatan juga memiliki sentra industri tenun ikat satu-satunya di Papua Barat. Tenun ikat di Sorong Selatan dengan nama kain timor ini kini menjadi cinderamata khas Papua Barat dengan corak unik khas Papua.

Kekayaan flora dan fauna di Papua Barat juga masih terjaga dengan adanya Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di Kabupaten Teluk Wondama yang mencakup wilayah daratan dan perairan Papua dengan wilayah seluas 68.200 hektar.

Batas Wilayah Papua Barat


Untuk mengetahui letak geografis dalam fakta Papua Barat, berikut ini adalah batas wilayah Provinsi Papua Barat.

Barat
Berbatasan dengan Provinsi Maluku Utara dan Kepulauan Maluku
Timur
Berbatasan dengan Provinsi Papua
Utara
Berbatasan dengan Samudera Pasifik
Selatan
Berbatasan dengan Laut Seram dan Provinsi Papua

Wilayah Papua Barat

Secara administratif, wilayah Provinsi Papua Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 1 kota. Kabupaten di Provinsi Papua Barat meliputi Kabupaten Fakfak, Kaimana, Manokwari, Manokwari Selatan, Maybrat, Pegunungan Arfak, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama. Sedangkan kota di Provinsi Papua Barat adalah Kota Sorong.

Itulah batas wilayah Provinsi Papua Barat yang menjadi letak geografis wilayah di bagian barat Pulau Papua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Papua Barat"

Posting Komentar