4+ Batas Wilayah Provinsi Papua

Batas Wilayah Papua

Papua pada faktanya merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki wilayah paling luas dan terletak paling timur wilayah Indonesia. Sebelum berubah nama menjadi Papua, dulunya provinsi ini bernama Irian Jaya dan mengalami pemekaran dengan wilayah baratnya yang kini menjadi Provinsi Irian Barat. Untuk mengetahui letak geografis Provinsi Papua, berikut batas wilayah Provinsi Papua.

Provinsi Papua


Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini di sebelah timurnya. Beribukota di Jayapura, wilayah Provinsi Papua sebagian besar masih dihuni oleh suku asli Papua, seperti Suku Asmat dan Suku Bali. Selain itu, ada pula para pendatang dari seluruh wilayah Indonesia yang kini berdomisili di wilayah Papua.

Wilayah Papua merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. Inilah yang membuat wilayah ini banyak diperebutkan oleh negara lain untuk dijadikan daerah kekuasaan. Tak hanya kandungan mineralnya saja yang melimpah, kekayaan flora dan fauna asli Papua juga sangat eksotik.

Untuk menjaga flora dan fauna khas Papua, di wilayah ini terdapat dua taman nasional, yaitu Taman Nasional Lorentz dan Taman Nasional Wasur. Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di kawasan Asia Tenggara dan mulai tahun 1999 ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO.

Salah satu yang menjadi ciri khas Papua adalah makanan pokoknya yang berasal dari sagu dan kemudian diolah menjadi papeda. Papeda merupakan kuliner khas Papua yang terbuat dari sagu dan teksturnya mirip seperti lem. Kuliner ini biasanya disajikan dengan aneka masakan sayur dan olahan ikan yang membuat rasanya semakin gurih.

Batas Wilayah Papua


Berikut ini adalah batas wilayah Provinsi Papua.

Barat
Berbatasan dengan Provinsi Papua Barat
Timur
Berbatasan dengan  Negara Papua Nugini
Utara
Berbatasan dengan Samudera Pasifik
Selatan
Berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Laut Arafuru


Wilayah Papua

Provinsi Papua terdiri dari 28 kabupaten dan 1 kota. Kabupaten di Papua meliputi Kabupaten Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, dan Yalimo. Sedangkan kota di Provinsi Papua adalah Kota Jayapura.

Itulah batas wilayah Provinsi Papua yang bisa menambah pengetahuan Anda mengenai wilayah Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Papua"

Posting Komentar