4+ Batas Wilayah Asia Tenggara

Batas Wilayah Asia Tenggara

Asia Tenggara merupakan bagian dari Benua Asia yang berada di sebelah tenggara. Wilayahnya terdiri dari dua kelompok, yaitu wilayah daratan dan wilayah maritim. Sebagai informasi yang lebih lanjut, berikut batas wilayah Asia Tenggara.

Asia Tenggara


Asia tenggara merupakan kawasan dari Benua Asia yang memiliki wilayah seluas 4,5 juta km2 yang beriklim tropis dan sub tropis. Kawasan ini merupakan pertemuan antara lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Filipina yang menyebabkan di beberapa negara Asia Tenggara sering mengalami gempa bumi.

Selain itu, adanya pertemuan antar lempeng juga mengakibatkan banyaknya gunung berapi, khususnya yang ada di negara Indonesia dan Filipina.

Dari keadaan demografinya, sebagian besar penduduk merupakan penduduk dengan Suku Melayu, kecuali di negara Kamboja, Vietnam, laos, dan Myanmar. Di negara tersebut penduduknya cenderung beretnis Tionghoa karena letak wilayahnya yang berdekatan dengan negara Tiongkok.

Adanya kesamaan nasib antar negara di Asia Tenggara inilah yang kemudian tercetus perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara yang dinamakan dengan ASEAN. ASEAN (Association of South Asian Nations) berdiri tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok yang diprakarsai oleh negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Selain untuk mengembangkan kerjasama antar negara, adanya organisasi ini juga bertujuan untuk menjaga perdamaian di kawasan Asia Tenggara.

Tak hanya ASEAN saja, ada juga SEA GAMES atau pesta olahraga antar negara di Asia Tenggara. Ajang lomba olahraga ini pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 1959 di Bangkok, dan pesta olahraga ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

Batas Wilayah Asia Tenggara


Untuk mengetahui letak geografis kawasan Asia Tenggara, berikut batas wilayah Asia Tenggara.

Barat
Berbatasan dengan Samudera Hindia,Teluk Benggala, Negara India
Timur
Berbatasan dengan Samudera Pasifik
Utara
Berbatasan dengan Negara Tiongkok
Selatan
Berbatasan dengan Samudera Hindia

Wilayah Asia Tenggara


Kawasan Asia Tenggara terdiri dari 11 negara. Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Timur Leste.

Nah, itulah wilayah dan batas wilayah Asia Tenggara. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Asia Tenggara"

Posting Komentar