4+ Batas Wilayah Provinsi Riau


Riau merupakan provinsi di Pulau Sumatera yang didominasi dengan suku Melayu. Provinsi ini kaya akan kekayaan budaya, mulai dari zaman prasejarah hingga zaman Kerajaan Melayu. Nah, berikut ini batas wilayah Provinsi Riau dan wilayahnya.

Riau


Dulunya Riau pada faktanya terkenal sebagai jalur masuk perdagangan di Indonesia. Itulah mengapa perkembangan kebudayaan di Provinsi Riau cukup pesat dilihat dari sejarahnya. Di provinsi ini juga terdapat Kerajaan Riau yang berdiri, yaitu Kesultanan Indragiri dan Kesultanan Siak.

Di masa penjajahan pun, Riau tak luput dari invasi para kolonial. Hingga kemudian, ibukota Riau yang semula berada di Tanjung Pinang dialihkan ke Pekanbaru.

Wilayah Provinsi Riau juga terkenal dengan ragam obyek wisatanya. Selain terkenal dengan wisata pantainya yang indah, Riau juga memiliki obyek wisata lain, seperti air terjun Aek Martua dan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Selain itu, beragam wisata budaya juga menjadi minat wisatawan untuk berkunjung di Riau, seperti Upacara Bakar Tongkang dan Perayaan Imlek di Selatpanjang.

Meskipun sebagian besar penduduk Riau beragama islam, di wilayah Riau juga terdapat juga banyak wisata budaya dari berbagai agama. Salah satu yang paling terkenal adalah adanya peninggalan Candi Muara Takus dan Istana Siak Sri Indrapura. Selain itu, ada pula peninggalan zaman penjajahan yang bisa Anda kunjungi, yaitu Benteng Tujuh Lapis.

Batas Wilayah Riau


Wilayah Riau memiliki luas 87.023,66 km2 yang meliputi Lereng Bukit Barisan hingga Selat Malaka. Berikut batas wilayah Provinsi Riau selengkapnya.

Barat
Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara
Timur
Berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Riau dan Laut Cina Selatan
Utara
Berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Riau dan Selat Malaka
Selatan
Berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Selat Berhala

Wilayah Provinsi Riau

Provinsi Riau terletak di sebelah tengah dari Pulau Sumatera. Wilayahnya sendiri terdiri dari 10 kabupaten dan 2 kota administrasi.

Kabupaten di Provinsi Riau yaitu Kabupaten Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, Kampar, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir. Sedangkan kota di Provinsi Riau adalah Kota Pekanbaru dan Dumai.

Nah, itulah batas wilayah Provinsi Riau yang bisa dilihat di peta. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan tentang Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Riau"

Posting Komentar