4+ Batas Wilayah Afrika Tengah

Batas Wilayah Afrika Tengah

Wilayah Afrika Tengah merupakan bagian dari Benua Afrika yang tepat berada di tengah-tengah benua. Di wilayah ini juga terdapat negara Republik Afrika Tengah dan perlu dibedakan agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan letak geografisnya. Untuk informasi lebih jelas, berikut batas wilayah Afrika Tengah.

Afrika Tengah


Berada di tengah-tengah Benua Afrika, kawasan Afrika Tengah merupakan wilayah yang dilalui oleh garis katulistiwa. Hal inilah yang membuat kawasan ini memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah Afrika lainnya. Karena curah hujan yang tinggi inilah tumbuhan di hutan hujan tropis Afrika Tengah tumbuh lebih subur.

Kondisi alam Afrika Tengah pun tidak sekering wilayah Afrika Utara dan Afrika Barat. Penduduk Afrika Tengah mengandalkan beberapa sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun sebagai pembangkit listrik dan irigasi. Salah satu sungai di Afrika Tengah yang cukup besar adalah Sungai Kongo.

Kondisi ekonomi negara-negara di Afrika Tengah termasuk dalam negara dengan tingkat ekonomi rendah. Bahkan Negara Republik Afrika Tengah termasuk dalam negara termiskin di dunia. Hal ini karena Negara Republik Afrika Tengah sering mengalami inflasi dan pendapatan per kapitanya cukup rendah. Jika diasumsikan dengan nilai rupiah, rata-rata penghasilan penduduk di negara ini hanya sekitar 700 ribu rupiah.

Untuk meningkatkan kondisi ekonomi di Afrika Tengah, dibentuklah Komunitas Ekonomi Negara Afrika Tengah.

Organisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan kerjasama regional di masing-masing negara. Hal ini sangat membantu negara lain karena dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan stabilitas ekonomi negara menjadi lebih stabil.

Batas Wilayah Afrika Tengah


Agar tidak salah dengan batas wilayah Republik Afrika Tengah, berikut batas wilayah Afrika Tengah menurut letak geografisnya.

Barat
Berbatasan dengan Negara Niger
Timur
Berbatasan dengan Negara Sudan, Uganda
Utara
Berbatasan dengan Negara Libya
Selatan
Berbatasan dengan Negara Zambia

Wilayah Afrika Tengah

Berdasarkan letak geografis, wilayah Afrika Tengah terdiri dari 9 negara. Negara di Afrika Tengah diantaranya Angola, Chad, Gabon, Guinea Khatulistiwa, Kamerun, Kongo, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, serta Sao Tome dan Principe.

Dengan mengetahui wilayah Afrika Tengah dilihat dari batas wilayah Afrika Tengah dapat menjadi tambahan informasi untuk membedakannya dengan Negara Republik Afrika Tengah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Afrika Tengah"

Posting Komentar