4+ Batas Wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng)

Batas Wilayah Jawa Tengah

Jawa Tengah (Jateng) merupakan provinsi di Pulau Jawa yang beribukota di Semarang. Penduduk yang sebagian besar merupakan suku Jawa ini mendiami seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah. Nah, untuk mempermudah mengetahui wilayah Jawa Tengah, berikut batas wilayah Provinsi Jawa Tengah.
Jawa Tengah

Dikenal sebagai pusat budaya Jawa, Jawa Tengah memiliki luas wilayah 32.548 km2 atau lebih dari seperempat luas Pulau Jawa. Secara geografi, wilayah Jawa Tengah terdiri dari dataran rendah hingga pegunungan. Selain itu, terdapat pula 5 gunung berapi yang tersebar di seluruh wilayahnya.

Terkenal dengan budaya Jawanya ternyata di Jawa Tengah memiliki ragam bahasa Jawa sesuai dengan wilayahnya, seperti Jawa Banyumasan dan Jawa Semarangan.

Selain terkenal dengan bahasa Jawanya, ada pula budaya lain yang menjadi ciri khas, seperti dugderan, dhandangan, pesta lomba, dan sekaten.
Di bidang pariwisata, Jawa Tengah juga memiliki obyek wisata yang terkenal hingga ke mancanegara.

Taman Nasional Karimun Jawa dan Candi Borobudur menjadi obyek wisata andalan Jawa Tengah untuk menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kuliner di Jawa Tengah pun cukup beragam, mulai dari camilan hingga makanan besar. Di berbagai wilayah Jawa Tengah terdapat ciri khas kulinernya masing-masing, seperti di Semarang lebih terkenal dengan lumpianya atau di Purwokerto yang lebih terkenal dengan tempe mendoan.

Batas Wilayah Jawa Tengah

Untuk mempermudah mengenal letak geografi Jawa Tengah, berikut batas wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Barat
Berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat
Timur
Berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur
Utara
Berbatasan dengan Laut Jawa
Selatan
Berbatasan dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Samudera Indonesia

Wilayah Jawa Tengah

Secara administratif, Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota. Kabupaten di Jawa Tengah meliputi Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora, Grobogan, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Magelang, Klaten, Temanggung, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Purbalingga, Kebumen, Banyumas, dan Cilacap. Sedangkan untuk kota di Jawa Tengah adalah Kota Semarang, Tegal, Pekalongan, Magelang, Solo, dan Salatiga.

Mengetahui batas wilayah Provinsi Jawa Tengah bisa menjadi panduan untuk mengetahui kondisi geografis Pulau Jawa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng)"

Posting Komentar