4+ Batas Wilayah Asia Tengah

Batas Wilayah Asia Tengah

Asia Tengah merupakan kawasan di sebelah tengah Benua Asia. Kawasan ini berada di tengah-tengah benua Asia dan tidak memiliki wilayah perairan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan batas wilayah Asia Tengah berikut.

Asia Tengah


Kawasan Asia Tengah memiliki wilayah seluas 9.029.000 km2. Wilayahnya terdiri dari dataran tinggi, pegunungan, dataran rendah, dan gurun. Tanah di kawasan ini sangat kering dan tidak cocok untuk dijadikan lahan persawahan. Itulah yang menyebabkan penduduk di Asia Tengah sebagian berprofesi sebagai penggembala.

Karena kondisi tanahnya yang gersang, air menjadi sumber kehidupan yang vital untuk penduduk di Asia Tengah. Sumber air yang ada di kawasan ini berasal dari sungai yang berasal dari Danau Balkhash dan Laut Aral. Beberapa sungai utama di wilayah ini adalah Syr Darya, Hari Hud, dan Amu Darya.

Penduduk Asia Tengah sebagian besar merupakan orang normadik. Beberapa diantaranya adalah suku Xiongnu, Yuezhi, dan Mongol.

Negara-negara di Asia Tengah merupakan wilayah jajahan dari Rusia dan Tiongkok. Beberapa negara merupakan pecahan dari Uni Soviet, kecuali Mongolia. Dulunya wilayah ini merupakan negara komunis, tetapi seiring perkembangan zaman, negara di Asia Tengah menganut sistem demokrasi hingga otoriter.

Karena letaknya di sebelah barat Tiongkok, wilayah Asia Tengah merupakan jalan sutra bagi Tiongkok untuk menuju ke Eropa. Meskipun sudah bukan menjadi bagian negara Rusia dan Tiongkok, negara di Asia Tengah masih memiliki pengaruh dari Rusia dan Tiongkok.

Batas Wilayah Asia Tengah


Secara geografis, batas wilayah Asia Tengah adalah sebagai berikut.

Barat
Berbatasan dengan Benua Eropa, Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural
Timur
Berbatasan dengan Negara Tiongkok
Utara
Berbatasan dengan Negara Rusia
Selatan
Berbatasan dengan Negara Iran, Afghanistan, dan Pakistan

Wilayah Asia Tengah


Secara geografis, wilayah Asia Tengah mencakup negara hasil dari perpecahan Uni Soviet, wilayah Turkic, dan wilayah Tiongkok. Negara dari pecahnya Uni Soviet adalah Turkmenistan, Kazakstan, Uzbekistan, Kirgiztan, dan Tajikistan.

Untuk wilayah Turkic adalah negara Siberia Selatan. Sedangkan untuk wilayah Tiongkok adalah Negara Mongolia dan Tiongkok barat (Xinjiang dan Tibet).

Itulah batas wilayah Asia Tengah. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan khazanah ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Asia Tengah"

Posting Komentar