4+ Batas Wilayah Asia Barat

Batas Wilayah Asia Barat

Asia Barat merupakan kawasan wilayah Benua Asia yang letaknya di sebalah barat daya. Hanya saja wilayah ini lebih populer disebut dengan Timur Tengah, termasuk negara Mesir. Untuk mengetahui letak geografis Asia Barat, berikut batas wilayah Asia Barat.

Asia Barat


Asia Barat adalah wilayah di Benua Asia yang menjadi perbatasan antara Benua Asia, Eropa, dan Afrika. Letak dari kawasan Asia Barat ini cukup strategis dan dikelilingi oleh 7 laut utama, yaitu Laut Hitam, Laut Merah, Laut Kaspia, Laut Arab, Laut Tengah, dan Laut Aegea.

Memiliki wilayah seluas 6.255.160 km2, Asia Barat merupakan kawasan peradaban manusia di bumi dimulai. Beberapa peradaban di Asia Barat diantaranya Babilonia Baru, Akhemeniyah, hingga beberapa dinasti islam, seperti Kekhalifahan Umayah dan Kekhalifahan Abbasiyah.

Umumnya, kawasan Asia Barat merupakan daerah tandus, kering, dan gersang. Hal ini dikarenakan curah hujan di wilayah ini sangat kecil dengan arah angin yang bertiup sangat kering dan uap air yang sedikit. Inilah yang membuat tanaman jenis kaktus, kurma, dan zaitun saja yang mampu hidup.

Karena tanahnya yang kering, penduduk di Asia Barat memanfaatkan air di oase dan sungai untuk bertahan hidup. Inilah yang membuat pemukiman penduduk terpadat berada di daerah aliran sungai.

Salah satu fenomena menarik di Asia Barat adalah adanya Laut Mati. Laut Mati atau Danau Yordania terletak di perbatasan Yordania, Palestina, dan Israel.

Laut ini memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga tidak ada makhluk hidup yang bisa hidup. Selain itu, kadar garam yang tinggi juga membuat benda apapun tidak dapat tenggelam ke dasar air.

Batas Wilayah Asia Barat


Untuk menambah informasi mengenai Asia Barat, berikut batas wilayah Asia Barat.

Barat
Berbatasan dengan Benua Afrika dan Terusan Suez
Timur
Berbatasan dengan Kawasan Asia Tengah dan Asia Selatan
Utara
Berbatasan dengan Pegunungan Kaukasus dan Benua Eropa
Selatan
Berbatasan dengan Samudera Hindia, Teluk Benggala, dan Laut Andaman

Wilayah Asia Barat


Asia Barat terdiri dari beberapa negara yang lebih dikenal dengan negara Timur Tengah. Negara di Asia Barat meliputi Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Georgia, Irak, Iran, Israel, Kuwait, Lebanon, Oman, Qatar, Siprus, Suriah, Turki, Uni Emirat Arab, Yaman, Palestina, dan Yordania.

Dengan mengetahui letak geografis dan batas wilayah Asia Barat dapat menambah pengetahuan tentang geografi dunia. Semoga membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Asia Barat"

Posting Komentar