4+ Batas Wilayah Benua Antartika

Batas Wilayah Antartika

Kutub Selatan Bumi atau Antartika merupakan nama salah satu benua yang ada di dunia. Benua Antartikamenduduki posisi benua terluas nomor lima. Disebut sebagai benua karena mempunyai daratan yang cukup luas, sekitar 14.0 juta km2.

Dengan wilayah yang cukup luas tersebut, benuaini tentunya memiliki batasan wilayah. Untuk mengetahui apa saja batas wilayah Benua Antartika, simak keterangan selengkapnya di bawah ini.

Benua Antartika


Posisi Benua Antartika atau Kutub Selatan berlawanan dengan wilayah Arktik. Benua Antartika merupakan wilayah terdingin di dunia dengan suhu rata-rata sekitar -37 °C dan suhu terendah mencapai -89 °C. Dengan permukaan yang sebagian besar tertutup es, tidak ada penduduk yang menetap di benua ini. Sejumlah orang yang tinggal di Benua Antartika merupakan pelancong, pemburu binatang, penjelajah, dan ilmuwan yang sedang melakukan penelitian dengan waktu yang dibatasi.

Hewan yang mampu bertahan hidup di Benua Antartika adalah penguin, anjing laut, albatros, dan nematoda. Sedangkan vegetasi yang ada di benua ini hanyalah tundra. Benua Antartika memiliki iklim kutub dan suhunya lebih dingin daripada di Kutub Utara karena keberadaan gunung-gunung tinggi di sini.

Gunung-gunung tersebut, yaitu Gunung Jacksen (4.189 m), Gunung Erebus (3.795 m), Gunung Markham (4.350 m), Gunung Kirkpatrick (4.528 m), Vinson Massif (5.140m). Seluruh gunung tertutup dengan es sehingga gumpalan es yang mencair kerap jatuh dari puncak gunung atau yang disebut gletser.

Batas Wilayah Benua Antartika


Untuk daftar batas wilayah Benua Antartika, antara lain:

Utara
Berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Benua Australia
Selatan
Berbatasan dengan Samudra Hindia.
Timur
Berbatasan dengan Samudra Pasifik.
Barat
Berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Wilayah Benua Antartika

Secara astronomis, Benua Antartika berada pada 52°LS – 90°LS.Sebagian besar wilayah di Antartika tertutup es yaitu mencapai 99% wilayah dengan 70% kandungan air tawar yang ada di dunia.Terdapat ribuan pulau tersebar di sekitar benua yang dibatasi oleh Samudra Atlantik, Hindia dan Pasifik ini. 

Apakah sedang mencari informasi mengenai Benua Antratika atau batasan wilayah di Benua Antartika? Semoga informasi batas wilayah Benua Antartika di atas dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Benua Antartika"

Posting Komentar