4+ Batas Wilayah Benua Asia Timur

Batas Wilayah Asia Timur

Asia Timur merupakan salah satu bagian dari Benua Asia. Di Asia Timur, terdapat seperempat penduduk dunia yang menghuni wilayah ini. Benua Asia Timur memiliki luas wilayah 11,84 juta km² dan populasi penduduk mencapai 1,5 milyar jiwa.

Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang begitu banyak, Asia Timur memiliki batasan-batasan wilayah. Untuk mengetahui secara detail apa saja batas wilayah Benua Asia Timur, berikut informasi selengkapnya.

Asia Timur


Bentuk permukaan bumi di wilayah Asia Timur sebagian besar berupa dataran tinggi, pegunungan, dan dataran rendah yang tidak luas yaitu di bagian pesisir pantainya. Benua yang dihuni 40% populasi penduduk dunia ini adalahsalah satu wilayah paling padat di dunia.

Bahkan, kepadatan penduduk di benua ini lima kali kelipatan rata-rata populasi di dunia atau sekitar 230 jiwa per km².

Di Asia Timur, terdapat pulau yang memiliki luas mencapai 27.414 km2 bernama, pulau Honshu (Jepang). Jumlah penduduk yang meghuni pulau Honshu adalah yang terbanyak di Asia Timur, yaitu sekitar 103 juta.

Selain itu, terdapat pantai di wilayah timur Asia yang termasuk dalam bagian tepi lempeng Asia yang membelok, yaitu Kepulauan Kuril serta Ryukyu di Jepang dan Taiwan. Peristiwa pembelokan lempeng ini disebabkan oleh tumbukan dengan lempeng Pasifik. Wilayah Asia Timur memiliki kode area 030 dalam kategori yang diberikan oleh PBB.

Batas Wilayah Benua Asia Timur


Di bawah ini daftar batas wilayah Benua Asia Timur, antara lain:

Utara
Berbatasan langsung dengan Siberia.
Selatan
Berbatasan langsung dengan Myanmar, India, Bhutan, Nepal, Vietnam, dan Laos.
Timur
Berbatasan dengan Samudra Pasifik.
Barat
Berbatasan langsung dengan Kazakstan, Tadzikistan, dan Kirgiztan.







Wilayah Benua Asia Timur

Menurut informasi yang dikutip dari laman Wikipedia, Asia Timur juga disebut dengan Timur Jauh. Hal tersebut dikarenakan orang Eropa merasa jika letak geografis Asia Timur sangatlah jauh dari Benua Eropa. Berikut ini daftar negara-negara yang termasuk dalam wilayah Benua Asia Timur, antara lain:

  1. Tiongkok ibu kota Beijing, Hong Kong (RRT) ibu kota Hong Kong
  2. Mongolia ibu kota Ulan Bator
  3. Jepang  ibu kota Tokyo
  4. Korea Utara  ibu kota Pyongyang
  5. Republik Korea ibu kota Seoul
  6. Makau (RRT) ibu kota Macau
  7. Republik Tiongkok (Taiwan) ibu kota Taipei

Demikian informasi tentang batas wilayah Benua Asia Timur yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Sudahkah berkunjung di salah satu negara yang ada di Asia Timur?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Benua Asia Timur"

Posting Komentar