Rumoeh Beusoe [Aceh Timur-Aceh] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!

Fakta Rumoeh Beusoe, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh


FaktaDaerah.Com- Desa Keude Blang, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, adalah daerah yang terletak Rumoeh Beusoe, Adanya rumoeh beusoe karena permintaan atau syarat dari Pocut Fatimah Syam Bin Ampon  Chik Bin Guci kepada sang abang kandungnya Ampon Chik Hasan.
Baca Juga: Kabupaten Aceh Timur dan Fakta Pisang Sale yang Harus Kamu Baca!

 

Rumoeh Beusoe dan Sejarahnya


Terjadinya permintaan tersebut di karenakan POCUT FATIMAH SYAM mau di nikah serta di kawinkan dengan POCUT MAHMUD anak sang Raja dari  Kuta Raja Banda Aceh.
 
Faktanyanya Rumoeh Beusoe didirikan pada tahun 1975, 30 tahun setelah kemerdekaan rakyat Indonesia, dulunya di Idi Rayeuk adalah tempat perdagangan wilayah timur, banyak Negara-negara lain yang berdagang tidak terkecuali Etnis Teonghoa, setelah lama berdagang di Malaysia akhirnya Teonghoa beradagang dan bertetap di Aceh Timur yaitu di Negara Indonesia.
 

Etnis Teonghoa Dan Rumoeh Beusoe


Etnis Teonghoa memohon kepada raja Aceh  untuk bisa mendirikan tempat ibadah mereka, akhirnya raja Aceh mengizinkan tetapi dengan syarat mereka harus membangun Rumoeh Busoe untuk keluarga kerajaan.

Rumoeh Beusoe Bagunannya dari Besi


Faktanya juga seluruh Rumoeh Beusoe terbuat dari besi, tingginya mencapai 5 M, selain tiang penyangga,kuda atab,siku tangga rumah itu juga terbuat dari besi .Berdirinya rumoeh beusoe di rancang dan di bangun oleh tenaga teknik dari TIONGHOA yang sedang mendirikan sebuah VIHARA di Idi Rayeuk.

Rumoeh Beusoe merupakan sejarah yang ada di Aceh Timur, tetapi sayangnya tidak pernah menjadi perhatian dari lembaga-lembaga yang terkait, sehingga terlupakan oleh masyarakat , bukan hanya masyarakat dari daerah lain yang tidak tahu tentag sejarah Rumoeh Beusoe, sebagian masyarakat Aceh Timur saja faktanya tidak tahu tentang sejarah daerah sendiri.
 

Rumoeh Beusoe dan Vihara Murni Sakti


Tidak sama dengan Rumoeh Beusoe Vihara masih bisa dijumpai jika ingin berkunjung ke Aceh Timur,  Vihara sangatlah bagus,dengan cat merah dan warna khas naga di atas nya.Vihara yang terletak di pertengahan kota Idi kemungkinan itulah yang menjadi kenang kenangan masa lalu, walaupun faktanya kadang masyarakat tak menyukainya.
 

Aceh Timur Tercermin Bhinneka Tunggal Ika


Faktanya Rumoeh Beuso dan Vihara Murni Sakti memiliki ikatan sejarah yang kuat, pasalnya masyarakat Teonghoa dan masyarakat Aceh Timur bisa  mempunyai ikatan yang sangat baik walaupun berbeda agama, tetapi bisa saling menghormati antar sesama umat manusia seperti yang tercantum dalam Bhinneka Tunggal Ika
 
Demikinalah tulisan mengenai Rumoeh Beusoe [Aceh Timur-Aceh] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!. Adapun judul asli dalam artikel ini adalah “Fakta Tentang Rumoeh Beusoe (Rumah Besi) Yang Ada Di Aceh Timur” yang ditulis oleh Nanda Yulinar. Semoga dapat memberikan wawasan dan pengethauan bagi setiap pembaca yang sedang atau telah berada di "Kabupaten Aceh Timur". Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Pandanan, Surga Wisata Budaya Sarat Makna Tersembunyi di Klaten, Jawa Tengah
  3. Keren!. Rumah Pohon Lestari Wisata Alam di Desa Widhe [Brondong-Lamongan]
  4. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Rumoeh Beusoe [Aceh Timur-Aceh] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar