Kota Blitar, Kabupaten Blitar [Jawa Timur] dan Fakta Membanggakan yang Harus Kamu Baca!


Fakta Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Kota Blitar pernah berjaya dalam percaturan sejarah nusantara. Kota Blitar Kabupaten Blitar sering tertera dalam lembar mata pelajaran sejarah. Kota ini pun juga menjadi salah satu saksi bisu pemberontakan panji-panji kecil bangsa ini di dalam melawan penindasan. Tak luput juga, bahwa di bumi kota ini, bersemayam salah seorang proklamator tercinta, Ir. Soekarno. Dengan berbagai latar belakang historis yang cukup kuat, maka izinkan sekiranya tulisan ini untuk menceritakan sekelumit tentang kota yang masih jauh dari proses industrialisasi dengan sebuah nama yang berasal dari sejarah panjang yaitu, Blitar.
Baca Juga: Kabupaten Kediri [Jawa Timur], dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Kota Blitar


Blitar adalah bentuk sempurna dari pelarian di saat melihat macetnya jalan, terlalu banyak fast food berjamuran layaknya gatal yang menggerogoti kulit, hingga pendirian mall-mall yang menjanjikan kebahagiaan semu.
 
Tak perlu risau, walau berada di Jawa Timur, Blitar bisa dikatakan masih sangat jauh dari bentuk industrialisasi. Bukan karena masyarakat Blitar yang terlalu kolot, namun apa yang lebih indah dibanding berbicara tentang kesederhanaan? Blitar dan kesederhanaan adalah dua frase yang akan selalu bergaung. Terikat antar waktu dan selalu mencoba untuk berbaur di dalam kesempurnaan.
 
Tak perlu berharap ada bioskop atau mall di kota ini. Tak berharap tentang kemewahan di sebuah kota yang baru saja memiliki restoran cepat saji sekitar 2 tahun yang lalu. Tak banyak cerita yang bisa digali dari sebuah kota bernama Blitar. Blitar bukan kota metropolitan, bukan kota industri, dan juga bukan kota pelajar. Sedikit literasi yang berani untuk menceritakan tentang Blitar. Karena sejatinya Blitar memang sangat sulit diceritakan, namun cukup mudah dirasakan kenangannya.
 

Wilayah Kota Blitar, Kabupaten Blitar Jawa Timur


Wilayah kota Blitar melingkupi 3 kecamatan dengan total keseluruhan luas wilayah sekitar 32.58 km2 . Berdasar sensus terakhir pada 2010, populasi Blitar hanya mencapai angka 131.968 dengan angka kemisikinnan berkisar di 7.63%. Angka kemisiknan ini terus mengalami penurunan hingga pada 2014 hanya berkisar 7.15%.
 
Namun, di kota yang sangat “ndeso” ini, harapan hidup terus mengalami penaikan. Hingga pada 2014. Angka harapan hidup mencapai 73 tahun. Hal yang terpenting di atas itu semua ialah Indeks Pembangunan Manusia di kota Blitar berada di atas Indek Pembangunan Manusia di Jawa Timur. Sebuah catatan yang tentu tak bisa dihiraukan.
 
Raihan perbaikan ini sejatinya memberikan sebuah kesan bahwa kemewahan tak akan memberikan kebahagiaan. Blitar membuktikan dengan kesederhanaan dan ceritnya yang berbeda. Dengan wilayah yang tak terlalu luas, Kota Blitar menjalankan kehidupan sebagaimana adanya. Warung kaki lima berjajar indah di sepanjang alun-alun.
 
Penjual gorengan juga jamak ditemui. Arum manis masih menjadi idola bagi anak-anak. Pedangan bakso keliling masih jamak bermain-main di tengah kota. Tak perlu fast food untuk menjadi tempat bersenda gurau, karena angkringan dengan sego kucing dua ribuan sudah mengenyangkan.

Alun-Alun Kota Blitar dan Makam Soekarno (Makam Proklamator)


Tentu jangan dilupakan alun-alun Blitar yang akhirnya menemukan fungsinya sebagai alun-alun sebagai tempat berolahraga dan berkumpul. Tak banyak orang yang tertarik berkunjung ke Blitar, karena memang tak ada kemewahan yang terjanjikan. Satu-satunya gairah yang membuat orang sudi berkunjung di Kota Blitar adalah makam proklamator. Namun, sejatinya Blitar lebih dari itu. Banyak liku cerita yang tersimpul di dalam sebuah kota legendaris ini. Tidak menawarkan tentang kemewahan, namun tentang kenyamanan.
 
Sebagai sebuah daerah yang bukan menjadi pusat industri, mengakibatkan industri kelas menengah menemukan kejayannya di kota ini. Industri kelas menengah di Blitar berkembang cukup pesat. Sangat mudah kiranya menemukan kerajinan ataupun hasil olahan rumahan disini.
 
Blimbing di Blitar
 
Terdapat beberapa pula komoditas yang menjadi penunjang bahwa Blitar menjadi salah satu kebangkitan dari industri kelas menengah. Kebanggan pertama ialah belimbing. Belimbing menjadi salah satu ciri khas dari kota ini. Buah berasa masam manis ini cukup merekah dan subur di kota ini. Olahan belimbing sangat mudah ditemui, dari selai belimbing hingga minuman sari belimbing. Potensi belimbing di kota ini sangat besar. Pasokan belimbing yang melimpah ditambah dengan kekreatifan di dalam pengolahan telah menjadikan belimbing Blitar menjadi primadona.
 
Alat Musik Kedang di Blitar
 
Kebanggan lain dari Kota Blitar tentu produk akan Kendang. Kendang adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dan digunakan sebagai pengiring tarian daerah. Perkembangan kendang memang sudah teramat sulit ditemui di kota besar. Tak lagi banyak orang yang memainkan kendang sebagai pengiring tarian daerah. Namun, Blitar memang berbeda.
 
Sekolah ataupun sanggar masih sangat banyak di dalam melestarikan budaya tarian daerah. Sehingga, tidak terlalu sulit untuk menemukan kendang. Kendang jimbe adalah salah satu produk kendang yang terkenal di Blitar. Kendang ini  merupakan produk kendang yang berasal dari Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Di daerah tersebut, nyaris keseluruhan masyarakat berprofesi sebagai pengrajin kendang. Dengan harga kendang yang relatif terjangkau, berkisar dari 100 ribu, mengakibatkan daerah ini menjadi kampung wisata yang cukup cocok bagi para pecinta musik tradisional.  Keberadaan kendang jimbe secara tak langsung telah menjadi stimulus perkembangan industri menengah di Kota Blitar.
 

Biaya Hidup di Blitar Murah dan Mewah


Jika kalian butuh makan, maka cukup datang ke warung pecel terdekat dan bisa membeli hanya dengan selembar lima ribu. Biaya hidup yang murah di Blitar dan juga ditambah keserdehaanaan kota ini mengakibatkan Blitar selalu menjadi nostalgia tak terlupakan bagi setiap orang yang pernah menuatkan cintanya dengan Blitar. Maka, sudikah kalian berkunjung ke kesederhaan kota ini sekali dalam hidup kalian?.
 
Demikianlah tulisan mengenai Kota Blitar, Kabupaten Blitar [Jawa Timur] dan Fakta Membanggakan yang Harus Kamu Baca!. Adapun judul asli di dalam tulisan ini ialah Blitar : Cinta dalam Kata Sederhana yang ditulis oleh Gilang Raka Rayuda Dewa. Semoga dapat bermanfaat bagi segenap pembaca website FaktaDaerah.Com baca juga lho tulisan menarik lainnya;
  1. Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]
  2. Desa Saradan Kecamatan Pemalang dan Penjelasan yang Harus Kamu Pahami! 
  3. [Keren!] Pulau Tikus Bengkulu dan Kekayaan Lautnya, Wajib Kamu Kunjungi
  4. Inilah Desa Jeruk [Desa Kaliploso] Kabupaten Banyuwangi, yang Harus Kamu Ketahui! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Blitar, Kabupaten Blitar [Jawa Timur] dan Fakta Membanggakan yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar