Kabupaten Meranti dan Fakta Sagu Yang Harus Kamu Pahami!

Fakta Kabupaten Meranti, Ibukota Selatpanjang-Riau


FaktaDaerah.Com- Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Marauke. Keindahan alam indonesia memang dianggap taka ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia. Hampir semua pesona alam yang terdapat di Indonesia dari darat hinggga laut.
Baca Juga: Fakta Suku Bugis [di Sulawesi], Yang Harus Kamu Pahami!
Maka dari itu tak heran  jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Dan dengan mempunyai pulau besar seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya.
 
Namun, disamping itu, terdapat berbagai potensi sumber daya alam dan keindahan yang terdapat di seluruh pulau yang ada di Nusantara. Salah satunya di pulau Sumatra bagian provinsi riau. Riau merupakan provinsi yang mempunyai potensi alam dan keindahan yang menakjubkan walaupun tidak seindah di pulau bali.
Namun Riau mempunyai berbagai produksi olahan dari alam yang sangat bermanfaat dan menyehatkan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Yang terdapat pada Kabupaten Meranti.
 

Kabupaten Meranti- Ibukota Selatpanjang


Kabupaten meranti merupakan kabupaten yang memiliki sumber alam yang begitu banyak dari pada kabupaten lainnya yang ada di Riau. Dan mempunyai olahan produk alam sendiri. Salah satunya tanaman sagu yang banyak dijumpai di daerah Kabupaten Meranti. Yang dapat diolah berbagai macam. Tanaman sagu banyak tumbuh didaerah tanah gambut. Pantas di Meranti dengan Ibukota Selatpanjang sering dijumpai berbagai produksi olahan sagu.
 

Kabupaten Meranti Penghasil Sagu Terbesar ke-2 di Indonesia


Kabupaten Meranti merupakan kabupaten penghasil sagu terbesar di Riau dan penghasil olahan sagu terbesar kedua di indonesia. Sehingga terdapat berbagai olahan dari bahan baku sagu yang banyak di minati oleh masyarakat indonesia. produksi sagu dari Kabupaten Meranti sangat diminati oleh masyarakat lokal dareah ataupun masyarakat Indonesia. sehingga sudah terbesar di seluruh indonesia. Bahkan, produksi nya sudah sampai ke Mancanegara. Tak heran jika Kabupaten Meranti dengan Ibukota Selatpanjang disebut dengan kota sagunya Riau.
 

Produk Sagu daru Kabupaten Meranti


Salah satunya produksi terkenal yang ada di Meranti yaitu mie Sagu dan sempolet. Mie sagu merupakan kuliner yang banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Bahkan mie sagu bisa dijadikan pengganti makanan pokok yaitu beras. Karena sagu mempunyai banyak kandungan vitamin dan khasiatnya didalam tubuh kita. Sama seperti hal nya dengan sempolet diolah dari bahan sagu tetapi yang membedakanya yaiu dari bentuknya seperti bubur dan dicampur dan racikan bumbu khas dari Meranti.
 
Tetapi dalam pengolahannya masih terdapat beberapa kendala yang menghambat yaitu teknis pengolahan sagu sehingga perlu adanya pelatihan-pelatihan khusus untuk karyawan yang bekerja di olahan pabrik sagu tersebut. Sehingga dengan pemberian pelatihan kepada karyawan pabrik sagu ataupun masyarakat yang ada di Kabupaten Meranti bisa membuat berbagai macam olahan sagu dengan kualitas terbaik dan terjamin. Dengan  adanya dukungan dan Pemerintah Provinsi saya yakin bisa membuat Riau maju dan terkenal dari olahan sagu dan mampu untuk meningkatkan perekonomian bagi Provinsi dan bagi bangsa indonesia
 
Dengan demikian, saya yakin dan percaya bahwa Kabupaten Meranti bisa membuat Riau menjadi Provinsi yang mampu bersaing dan menjadikan Indonesia negara maju dan patut dicontoh oleh negara-negara asing. Dengan olahan sagu yang sangat terkenal dan banyak diminati oleh berbagai kalangan baik di Indonesia maupun di Internasional. Karena itu, Meranti Kotaku Sagu kebanggaanku.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Meranti dan Fakta Sagu Yang Harus Kamu Pahami!. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Ilham Jufandi dengan judul tulisannnya “Meranti Kotaku Sagu Kebanggaanku” semoga dengan hadirnya tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengethuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari informasi mengenai Kabupaten Meranti. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Meranti dan Fakta Sagu Yang Harus Kamu Pahami!"

Posting Komentar