7 Perguruan Tinggi di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah


Surakarta adalah salah satu kota terkaya di Provinsi Jawa Tengah. Kota Surakarta juga disebut dengan Kota Solo. Jawa Tengah memiliki beberapa kampus unggulan termasuk di Kota Surakarta ini. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap apa saja daftar nama kampus di Kota Surakarta, ini dia informasi selengkapnya.

Kampus di Kota Surakarta


Kota yang dialiri sungai yang sangat terkenal dan menjadi salah satu lagu keroncong paling populer, yaitu Bengawan Solo ini memiliki 5 kecamatan dengan terkenal sebagai daerah penghasil batik terbaik.

Sedangkan dalam daftar perguruan tinggi di Kota Surakarta tersebar di lima kecamatan baik kampus negeri maupun swasta.

Daftar Perguruan Tinggi di Kota Surakarta


Bagi Anda yang tertarik untuk kuliah di Kota Surakarta, berikut ini deretan perguruan tinggi yang bisa Anda pilih di kota ini.

Institut Seni Indonesia Surakarta

Institut Seni Indonesia Surakarta berdiri pada tanggal 15 Juni 1964. Lembaga ini sebelumnya bernama ASKI (Akademi Seni Karawitan Indonesia) Surakarta yang dibangun atas Keputusan Mendikbud Republik Indonesia no. 068 tahun 1964.

Program studi di ISI Solo terdiri dari S1 Seni Tari, S1 Seni Karawitan, S1 Seni Pedalangan, S1 Seni Etnomusikologi, dan banyak lagi lainnya. Alamat ISIS terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara No.19, Jebres, Surakarta, 57126.

UNS (Universitas Sebelas Maret)

Daftar nama kampus di Kota Surakarta selanjutnya adalah Universitas Sebelas Maret. Lokasi UNS ini berada di Jl. Ir Sutami No.36 A, Kecamatan Jebres, Surakarta, Kode Pos 57126. Universitas Sebelas Maret didirikan pada tanggal 11 Maret 1976.  UNS merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri yang ada di kota ini.

Terdapat beberapa paket pendidikan yang ada di UNS mulai diploma hingga doktoral. UNS memiliki 11 fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa dan Desain, Ilmu Budaya, Kedokteran, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi dan Bisnis. Selain itu, ada Fakultas Hukum, Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian, dan Keolahragaan.

IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Surakarta

Kampus ketiga yang ada di Kota Surakarta adalah IAIN Surakarta. Dahulu namanya bukan IAIN melainkan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta. IAIN Surakarta berlokasi di Jl. Pandawa, Dusun IV, Kartasura, Sukoharjo 57168.

IAIN Surakarta memiliki 5 fakultas, yaitu Fakultas Ushuludin dan Dakwah Al-Qur'an, Ilmu Tafsir, Syariah, Tarbiyah, Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Adab dan Bahasa. Selain itu, juga memiliki 1 program Pasca Sarjana seperti Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Keuangan dan Perbankan syariah, Ilmu Qur'an dan Tafsir, serta Pendidikan Bahasa Arab.

Poltekkes Kemenkes Surakarta

Perguruan tinggi berikutnya adalah Poltekkes Kemenkes Surakarta. Ini adalah perguruan tinggi kesehatan yang menyediakan program studi kesehatan Diploma III dan IV. Poltekkes Kemenkes Surakarta berada di bawah pengelolaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Politeknik Kesehatan ini berada di Jl. Letjend Sutoyo Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta 57127.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas selanjutnya yaitu UMS atau Universitas Muhammadiyah Surakarta yang saat ini telah mempunyai 12 fakultas dengan 44 program studi dari diploma hingga doktoral. Selain itu, Universitas Muhammadiyah Surakarta juga menyediakan program Double Degree International, kelas Internasional, program profesi, dan twinning program. Lokasi UMS terletak di Jalan A. Yani, Mendungan, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU)

Tidak hanya ada kampus Muhammadiyah, di sini juga ada Universitas Nahdlatul Ulama. Perguruan tinggi yang berada di Jl. Dr. Wahidin 5/VI, Surakarta 57141 ini diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Islam NU Surakarta.

Terdapat beberapa fakultas di UNU, seperti Fakultas Agama Islam, MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Hukum, dan Program Pasca sarjana Magister Pendidikan Islam (MPI).

Universitas Tunas Pembangunan

Kampus yang bisa jadi referensi untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang universitas di Kota Surakarta berikutnya adalah Universitas Tunas Pembangunan.

UTP Surakarta memiliki dua kampus, yaitu Kampus I dan di Kampus II.  Lokasi kampus ini berada di Jl. Balekambang Lor No 1, Manahan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Selain daftar nama kampus di Kota Surakarta, ada banyak universitas, institut, sekolah tinggi, hingga akademi baik negeri maupun swasta yang ada di sini. Pilihlah yang paling sesuai dengan keinginan atau bakat yang Anda miliki. Semoga bermanfaat ya. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Perguruan Tinggi di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah"

Posting Komentar