6+ Nama-Nama Provinsi di Pulau Sulawesi


Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak pulau tersebar dari Sabang sampai Merauke. Jumlah pulau yang ada di Indonesia sekitar ±13.800 buah. Diantara pulau tersebut terdapat gugusan sunda besar antara lain Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Membahas pulau tak terlepas dari munculnya provinsi sebagai syarat administrasi. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai beberapa provinsi yang menjadi salah satu fakta menarik Pulau Sulawesi.

Pulau yang memiliki luas 180.680,07 km² terdapat penduduk sekitar 18.455.058 jiwa per tahun 2014. Perhitungan demografi dari jumlah jiwa dibagi luas wilayah ditemukan kepadatan penduduk 105,7/km². Etnis yang menempati Pulau Sulawesi kebanyakan orang bugis, minahasa, toraja, buton, mongondow, dan beberapa suku lain. Penjelasan nama-nama provinsi di Pulau Sulawesi akan diulas pada uraian materi sebagai berikut.

Pulau Sulawesi


Sebelum masa penjajahan berlangsung, Sulawesi dulu dikenal dengan istilah Celebes. Sulawesi menempati urutan ke 11 berdasarkan pulau terluas di dunia. Lokasi Pulau Sulawesi berada di timur Kalimantan, selatan Kepulauan Mindanao, dan barat Kepulauan Maluku. Puncak tertinggi yang dimiliki Pulau Sulawesi berada di dataran tinggi Rantemario yaitu sekitar 3.478 meter di atas permukaan laut.

Pulau Sulawesi berbentuk seperti huruf “K”. Berdasarkan wujud tersebut maka Sulawesi memiliki 4 semenanjung dan 3 teluk. Semenanjung adalah daratan yang sangat menjorok menuju lautan dan lebih panjang dari pada tanjung.

Sedangkan teluk merupakan lautan yang menjorok ke daratan. Teluk yang terdapat di Pulau Sulawesi antara lain Tomini, Tolo, dan Bone. Untuk selat, yaitu wilayah lautan yang memisahkan diantara 2 pulau, Sulawesi memiliki Selat Makassar.

Dalam pandangan ilmu etimologi, Sulawesi diambil dari kata Sula yang berarti Pulau dan Mesi mengandung arti logam. Mengapa logam? Hal ini disebabkan sejak zaman dahulu hingga sekarang Pulau Sulawesi merupakan daerah yang digunakan sebagai perdagangan bijih besi produksi hasil tambang di daerah Danau Matano, Luwu Timur. Namun bangsa Portugis menyebut Pulau Sulawesi dengan nama Celebes.

Ditinjau dari sisi topografi, daerah Sulawesi merupakan dataran tinggi di bagian tengah dan pesisir pantai pada tiap ujungnya. Posisinya yang terdapat 4 semenanjung dan 3 teluk menyebabkan dari ujung ke ujung lokasi lebih mudah dijangkau dari lautan dari pada melalui daratan. Di Pulau Sulawesi terdapat 6 provinsi yang masing-masing memiliki ibukota, penjelasannya sebagai berikut.

Nama Provinsi dan Ibukota di Sulawesi


Provinsi adalah wilayah yang secara administrasi sebagai kumpulan dari beberapa karesidenan. Setiap provinsi memiliki ibukota yang bertugas sebagai pusat pemerintahan sejumlah kabupaten dan kotamadya.

Pemimpin wilayah Provinsi diduduki oleh Gubernur dan dibantu Wakilnya. Dalam satu wilayah provinsi, daerahnya bisa terbagi atas daratan dan perairan (lautan dan kepulauan). Berikut beberapa nama provinsi dan ibukotanya di Pulau Sulawesi.

Sulawesi Barat, Ibukota Mamuju


Sulawesi Barat memilih Mamuju sebagai Ibukota Provinsi. Wilayah ini merupakan provinsi paling baru di Pulau Sulawesi. Bajau, Muna, Bugis, Toraja, dan Minahasa adalah beberapa suku yang bisa ditemukan di provinsi Sulawesi Barat.

Pada masa penjajahan Kolonial Belanda, Kota Mamuju merupakan akses pintu masuk perdagangan emas oleh Pelaut Portugis pada tahun 1525. Sultan Hasanuddin adalah pahlwan Indonesia yang melakukan perlawanan terhadap penjajah.
Sulawesi Utara, Ibukota Manado

Sulawesi Utara merupakan provinsi yang memilih Manado sebagai pusat Ibukota. Provinsi ini terletak paling utara di semenanjung Sulawesi. Manado terkenal dengan penduduk wanita yang cantik-cantik.

Selain itu, di wilayah tersebut penduduknya mayoritas memiliki kepercayaan Kristen dan Katolik. Hal ini disebabkan karena bangsa Portugis kala itu bertujuan untuk menyebarkan agama di daerah Manado.

Makanan khas Manado adalah daging erwe. Makanan tersebut merupakan daging anjing yang khusus difungsikan untuk disembelih. Jadi bukan termasuk anjing peliharaan.

Makanan ekstrim lainnya juga bisa ditemui di Manado seperti daging kelelawar, daging tikus sawah, daging babi hutan, dan lain sebagainya. Manado juga dikenal sebagai tempat lahir musisi. Salah satu musisi asal Manado adalah grup band Ungu.

Sulawesi Tengah, Ibukota Palu


Sulawesi Tengah merupakan provinsi yang memilih Palu sebagai wilayah Ibukota. Disini, terdapat tempat destinasi wisata terkenal yaitu Morowali.

Beberapa waktu yang lalu Sulawesi Tengah dilanda bencana tsunami hingga meluluh lantakkan permukaan. Memang di wilayah ini merupakan daerah rawan bencana alam gempa bumi dan tsunami. Hal ini diakibatkan rekontruksi lempeng yang bertumbukan antara Lempeng Asia dan Lempeng Australia.

Sulawesi Selatan, Ibukota Makassar


Sulawesi Selatan adalah Provinsi di Pulau Sulawesi yang memiliki penduduk terpadat. Ibukotanya terletak di Makassar atau dahulu disebut Ujung Pandang. Di Makassar saja terhitung penduduk sejumlah 1.339.374 jiwa menurut sensus 2010. Artinya, penduduk Kota Makassar menyumbang 7,2% dari seluruh populasi di Pulau Sulawesi. Makassar merupakan pusat perdagangan yang ada di Pulau Sulawesi.

Kota ini merupakan yang paling maju dari segi infrastruktur maupun ekonomi. Tidak heran bahwa lokasi ini dijadikan tempat merantau bagi orang Sulawesi yang tinggal di pelosok. Tingkat urbanisasi di Kota Makassar sangat tinggi.

Penduduk yang merantau rata-rata bertujuan untuk mencari pekerjaan. Sebagian ada yang tujuannya menempuh pendidikan. Karena di Makassar terdapat kampus ternama yaitu Universitas Hasanuddin.

Titik tertinggi provinsi Sulawesi Selatan berada di pegunungan Toraja. Lokasi tersebut mirip dataran tinggi Dieng yang berada di Jawa Tengah. Keistimewaan pegunungan Toraja adalah terdapat pemandangan negeri di atas awan. Yaitu permukiman penduduk yang lebih tinggi dari pada awan. Adat disana terbilang cukup ekstrim, yaitu mengawetkan setiap mayat di rumah masing-masing keluarganya.

Sulawesi Tenggara, Ibukota Kendari


Selanjutnya yaitu Provinsi Sulawesi Tenggara. Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di Kendari. Ada hal menarik yang terdapat di Sulawesi Tenggara, yaitu dikelilingi oleh daerah kepulauan.

Antara lain kepulauan Buton, kepulauan Wakatobi, kepulauan Batuatas, dan kepulauan Baubau. Salah satu kepulauan yaitu Wakatobi merupakan wilayah konservasi cagar alam yang melestarikan terumbu karang.

Selain menjadi wilayah konservasi, Wakatobi juga sebagai destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan terumbu karang yang eksotis menjadi daya tarik yang memikat wisatawan.

Maka dari itu sumbangan devisa Sulawesi Tenggara yang tertinggi berasal dari Wakatobi. Kepulauan ini memiliki 4 pulau utama yaitu Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pengambilan suku kata terdepan antar pulau utama merupakan asal nama Wakatobi.

Selain terumbu karang, wisatawan tertarik pada kebudayaan khas Wakatobi. Kebudayaan tersebut bernama Kande-kandea. Yaitu festival makan seafood yang diadakan di Pulau Kaledupa selama bulan Agustus.

Saat acara tersebut berlangsung, seluruh keluarga wilayah Pulau Kaledupa diberikan dana dari pemerintah untuk memasak seafood dalam jumlah besar. Kemudian masakan tersebut disuguhkan kepada wisatawan secara gratis.

Gorontalo, Ibukota Gorontalo


Gorontalo merupakan provinsi pemecahan dari Sulawesi Utara. Nama ibukota provinsi ini sama seperti nama provinsinya yaitu Gorontalo. Disini, warganya mayoritas beragama Kristen dan Katolik.

Sekian penjelasan di atas yang berisi tentang nama-nama provinsi di Pulau Sulawesi dan penjelasannya. Besar harapan agar artikel ini menjadi sarana edukasi bagi pembaca yang ingin menambah ilmu pengetahuan. Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Nama-Nama Provinsi di Pulau Sulawesi"

Posting Komentar