3+ Negara yang Berbatasan dengan Daratan Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang dibuktikan dari jumlah pulau kurang lebih 17.400 (menurut data Badan Pusat Statistik 2019). Bentang Indonesia dari Sabang sampai Merauke menyebabkan negara lain hanya berbatasan melalui laut. Namun terdapat beberapa negara yang letaknya 1 pulau dengan salah satu wilayah Indonesia. Negara tersebut menempati daerah yang sebagian merupakan bagian dari Indonesia.

Negara tersebut adalah Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Ketiga negara itu dekat dengan Indonesia dalam bidang ekonomi, infrastruktur, penyediaan barang/jasa, dan lain-lain. Meski pernah konflik, namun Indonesia dikenal negara cinta damai. Kini Indonesia menjalin hubungan baik dengan ketiga negara tersebut. Bagaimana penjelasannya mengapa 3 negara tersebut memiliki perbatasan darat dengan Indonesia? Simak uraian materi sebagai berikut.

Wilayah Perbatasan


Wilayah perbatasan daerah di Indonesia yang secara administratif digunakan sebagai penanda luas area/daerah pemerintahan. Perbatasan bisa ditinjau dari darat atau laut tergantung wilayah terkait. Batas lautan suatu negara ditandai dengan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 200 mil dari garis pantai.

Sedangkan perbatasan daratan menggunakan kebijakan pemerintahan dari masing-masing negara yang terlibat pembagian daerah.

Negara yang Berbatasan dengan Daratan Indonesia


Menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan hanya tugas TNI yang bertugas di perbatasan negeri. Namun sudah menjadi tanggung jawab seluruh warga Indonesia. Oleh karena itu penjagaan kawasan perbatasan perlu ditingkatkan dengan memakai jasa warga sipil.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyelewengan zona perbatasan yang dilakukan oleh negara dengan perbatasan di Indonesia. Berikut negara yang berbatasan darat dengan Indonesia.

Malaysia

Letak negara Malaysia adalah berada di Semenanjung Malaka dan Pulau Kalimantan (Borneo). Bentuk pemerintahan negara ini adalah federal, yaitu dipimpin oleh Perdana Menteri. Namun untuk pemegang pusat kekuasaan berada di tangan raja. Raja negara Malaysia mempunyai gelar Sri Paduka Baginda yang dipertuan Agung. Luas negara Malaysia sekitar ±320.000 km². Jumlah penduduk negara Malaysia mencapai 31.000.000 jiwa pada perhitungan tahun 2015.

Malaysia memiliki 13 negeri, yang mana kalau di Indonesia dinamakan Provinsi dan di Amerika Serikat disebut Negara Bagian. Untuk wilayah negeri Malaysia yang berbatasan darat dengan Indonesia terdapat di Sabah dan Serawak. Iklim yang terjadi di Malaysia adalah tropis, yaitu terdapat 2 musim antara lain penghujan dan kemarau. Hal ini disebabkan letaknya yang berdekatan dengan Indonesia, dimana merupakan dilalui jalur garis khatulistiwa.

Bahasa resmi (nasional) yang dipakai sehari-hari oleh masyarakat Malaysia adalah melayu. Contoh bahasa melayu dapat dilihat pada serial animasi keluarga “Upin-Ipin dan Kawan-kawan” yang tayang di MNC TV setiap hari.

Tetapi tidak jarang dalam konferensi resmi pemerintahan, bahasa Inggris juga dipakai dalam percakapan atau pidato. Di Malaysia, mayoritas etnis merupakan bumiputera (orang melayu asli atau ras melayunesia).

Etnis lain berasal dari china, arab, india, dan lain sebagainya. Agama yang dianut oleh penduduk Malaysia sebagian besar merupakan muslim. Meski beberapa agama seperti nasrani, budha, hindu, konghucu, dan beberapa agama lokal dapat ditemukan disini.

Saat ini, yang mempunyai jabatan kekuasaan negara Malaysia dipegang oleh Abdullah Al-Haj. Pusat pemerintahannya berada di bawah perintah Mahathir Mohammad.

Negara Malaysia merdeka pada tanggal 31 Agustus 1957. Dahulu Malaysia merupakan daerah jajahan United Kingdom (Inggris). Mata uang negara Malaysia yang digunakan sebagai alat tukar bernama Ringgit dengan kode (RM).

Dataran tertinggi di negara Malaysia terdapat di Sabah, Pulau Kalimantan. Puncak tersebut berada di Gunung Kinabalu setinggi 4.095 meter di atas permukaan laut. Kuala Lumpur merupakan ibukota negara Malaysia.

Timor Leste

Sebelum melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, Timor Leste dahulu bernama Timor Timur. Bentuk negara ini adalah Republik Demokratik. Ibukota Timor Leste terletak di Dili. Hampir keseluruhan penduduk Timor Leste beragama katolik roma. Hanya sebagian kecil < 5% yang beragama lainnya. Presiden Timor Leste saat ini berada dibawah pemerintahan Francisco Guterres.

Dahulu, Timor Leste merupakan bekas jajahan bangsa Portugis. Kemudian mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 28 November 1975. Namun pada tanggal 17 Juli 1976 negara ini bergabung menjadi bagian dari Indonesia.

Hingga akhirnya memutuskan untuk membentuk negara sendiri pada tanggal 20 Mei 2002. Timor Leste merupakan negara yang kecil. Luas wilayahnya hanya berkisar ±15.000 km².

Perhitungan sensus penduduk tahun 2015 menyebutkan jumlah masyarakat Timor Leste adalah 1.167.242 jiwa. Mata uang yang beredar sebagai nilai tukar di Timor Leste menggunakan Dollar Amerika Serikat (USD). Secara mengejutkan, Bank Dunia mengkategorikan Timor Leste sebagai negara dengan perekonomian menengah ke bawah.

Hal ini dibuktikan dengan rendahnya sumberdaya manusia dan pendapatan per kapita yang berada di bawah rata-rata.

Bahkan, dari segi kebutuhan bahan makanan pokok saja Timor Leste bergantung pada Indonesia. Sejak merdeka pada tahun 2002, Timor Leste menggunakan bahasa tetun dan portugis sebagai percakapan formal.

Untuk percakapan sehari-hari, bahasan Indonesia masih sering didengar pada sebagian wilayah. Tokoh pembentukan parlemen nasional di Timor Leste adalah Xanana Gusmao pada tanggal 27 September 2002.

Papua Nugini

Papua Nugini terletak di ujung timur Indonesia. Negara ini berbatasan darat dengan Pulau Papua. Ibukota Papua Nugini terletak di Port Moresby. Populasi Papua Nugini tergolong kecil yaitu kurang dari 6.000.000 jiwa.

Untuk percakapan sehari-hari, penduduk negara ini menggunakan bahasa inggris, tok pisin, hiri motu. Bentuk pemerintahan negara ini merupakan kesatuan parlementer monarki konstitusional.

Dapat dikatakan bahwa Papua Nugini merupakan desa swadaya dalam lingkup negara. Pernyataan tersebut diambil dari bukti bahwa sebagian besar penduduk Papua Nugini melakukan aktifitas pada sektor agraris yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri.

Secara geografi, negara ini merupakan surga bagi hutan hujan tropis. Sebagian besar wilayah Papua Nugini dipenuhi oleh hutan belantara yang sangat rindang.

Penjajahan yang dilakukan bangsa barat atas tanah Papua Nugini bertujuan untuk mengoleksi bulu burung Cenderawasih. Burung tersebut memiliki keindahan yang mana setiap mata memandang pasti terpesona akan keunikannya. Penjajahan bangsa barat menuju Papua Nugini dimulai tahun 1527 yang dipimpin oleh Jorge de Menezes. Papua Nugini merdeka pada tanggal 16 September 1975.

Faktanya, Papua Nugini merupakan negara yang luasnya menempati peringkat nomor 54 sedunia. Dilihat dari sudut pandang geografi, negara ini terdapat puncak tertinggi yang berada di Gunung Wilhelm (4.509 meter di atas permukaan laut).

Papua Nugini juga merupakan salah satu negara yang dilalui oleh Cinci Api Dunia (Ring of Fire). Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jajaran gunungapi yang masih aktif.

Karena banyaknya gunungapi aktif maka tidak heran jika bencana alam gunung meletus maupun tsunami sering terjadi di Papua Nugini. Beberapa pulau terkenal yang terletak di negara Papua Nugini adalah Irlandia Baru, Britania Baru, Manus, dan Bougainville.

Lautan samudera pasifik yang mendiami Papua Nugini terdapat terumbu karang cantik nan eksotis. Pusat konservasi terumbu karang berada di Kepulauan Solomon dan Kepulauan Vanuatu.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, besar harapan penulis bahwa uraian ini dijadikan sebagai sumber edukasi bagi pembaca. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca, apabila salah kata mohon dimaafkan. Semangat pelajar Indonesia!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3+ Negara yang Berbatasan dengan Daratan Indonesia"

Posting Komentar