Wisata Kuliner Berbasis Agropolitan di Desa Penyaring [Sumbawa-NTB] yang Harus Kamu Ketahui!

Desa Penyaring, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat


FaktaDaerah.Com- Desa Penyaring adalah salah satu desa yang berada di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan salah satu penghasil sapi terbesar di Indonesia dan juga keunggulan lainnya.

Desa Penyaring, Kabupaten Sumbawa


Desa Penyaring dengan jumlah total penduduk 2.994 jiwa yang sendiri  memiliki potensi dalam upaya peningkatan pendapatan desa. Melalui pengolahan permen susu yang diproduksi dari susu sapi murni yang terdapat di desa itu sendiri, terdapat banyak Sapi yang terdapat kurang lebih 5.000 ekor yang yang model pemeliharaanya di alam bebas.

Realita yang ada pada saat ini menunjukkan keberbedaan dengan kemampuan desa yang sebenarnya. Potensi desa yang tidak termanfaatkan dengan baik dan terabaikan. Pengolahan permen susu, terolah tetapi tanpa adanya manajemen yang baik.

Masyarakat pada umumnya mempunyai keinginan dalam peningkatan pendapatan desa,yang juga akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Tetapi sayang terkadaang kemauan itu tertutupi oleh kesibukan,kurangnya bimbingan, dan rasa enggan memulai sehingga potensi yang besar tidak terjamah dengan baik.

Beberapa dari pelaku bisnis, kondisi ini dapat dipastikan menjadi sumber keuntungan sekaligus sebagai sumber usaha baru bagi pelaku bisnis pemula. Namun di sisi lain, muncul kekhawatiran akan nasib ‘permen susu’ , yang akan berumah saja di Penyaring.

Masalah yang terjadi adalah lantaran kondisi pemasaran untuk “permen susu”,”kain tenun”,dan “susu kuda liar” ini secara jelas mendapat persaingan yang ketat, sehingga optimisme bangkitnya pemasaran permen susu,kain tenun,dan susu kuda liar menjadi tantangan serius pada masa yang akan datang.


Susu sapi murni sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, baik itu anak-anak,remaja,dewasa,dan orang tua. Melimpahnya susu sapi yang yang tidk terolah menjadi masalah yang cukup  serius. Minimnya kepemilikan kulkas atau alat penyimpanan elektronik yang berguna untuk mempertahankan kualitas susu ,menjadi masalah yang lebih serius lagi.

Belum lagi daya saing dengan produk susu instan yang lebih menarik dimata masyarakat, menimbulkan kurangnya ketertarikan terhadap susu sapi murni dan membuat susu sapi murni tak tergunakan dan rusak percuma. Dengan adanya inovasi “permen susu” menjadi penyelesaiian masalah yng cukup baik, susu sapi murni mempunyai nilai jual yang lebih baik dan tingkat penganngguran terkhusus  ibu-ibu rumah tangga ter-atasi.
 
Desa Penyaring Sebagai Desa Wisata Kuliner berbasis Agropolitan di Wilayah Kabupaten Sumbawa-NTB yang ditulis oleh Ragil Hidayat. Semoga bermanfaat kepada setiap pembaca yang ada di dalam website ini. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Nusa Tenggara Barat dan Adat Adat Nyongkolan dari Masa Ke Masa
  2. 10+ TEMPAT Wisata di Kabupaten Lombok Timur [NTB] yang Wajib Kamu Kunjungi!
  3. 6 FAKTA Pulau Lombok [NTB] Yang Penting Untuk Dibaca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Kuliner Berbasis Agropolitan di Desa Penyaring [Sumbawa-NTB] yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar