Kabupaten Nganjuk [Provinsi Jawa Timur] dan 14 Fakta Yang Wajib Kamu Baca!

Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

FaktaDaerah.Com- Bumi Anjuk Ladang, masih begitu banyak yang belum mengenal daerah ini, lantaran letak dan suasana yang diapit oleh beberapa kota besar di Jawa Timur, sehingga kota ini hanya sebatas tempat untuk perantara dan juga hanya di lewati saja jikalau ingin menuju ke kota yang lain, tepatnya di jawa timur bagian tengah. Sebenarnya jikalau kita bisa menghentikan jejak kita untuk melirik sedikit lebih dalam tentang kota ini, maka mata ini akan terbuka lebar, tercengang dengan berbagai fakta mengenai keunikan yang dimiliki oleh Kabupaten Nganjuk ini mulai dari wisata alam hingga kuliner yang ada didalamnya.
Baca Juga: Kabupaten Bojonegoro dan 10 [FAKTA] yang Wajib Kamu Baca!

Fakta-Fakta Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur


Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai Nganjuk;
 

Kabupaten Nganjuk Memiliki Julukan Kota Angin


Fakta pertama dalam Kabupaten ini memiliki julukan kota angin, dimana banyak hembusan angin yang selalu bersinggah di dalamnya, hingga kini kota ini di sebut sebagai Kota Angin. Bumi Anjuk Ladang atau biasa yang disebut dengan Kota Nganjuk, banyak suatu hal yang bermakna ketika kita dapat menelusuri bagian-bagian yang ada didalamnya, walaupun terlihat amat kecil dibandingkan dengan kota kota yang lain, tetapi potensi yang dimiliki kota ini dapat dikatakan menjadi sebuah icon yang sangat menarik.
 

Kabupaten Nganjuk Memiliki Icon yang Khas


Berbicara tentang icon, pasti halnya pada setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan Kota Nganjuk ini, mulai dari ujung timur ke barat dan ujung selatan ke utara, di setiap sisi nya memiliki keunikan, hal itu yang membuat Nganjuk tidak kalah dengan kota yang lain. Kerjasama yang ada dalam setiap lapisan masyarakatnya mencerminkan kualitas gotong royong yang mumpuni, sehingga disini kami bersama-sama membangun Nganjuk untuk lebih jaya.
 
Kota Nganjuk memiliki banyak ciri khas mulai dari makanan hingga hal unik lainya, segalanya akan kami paparkan dalam penulisan kali ini, sehingga kami dapat memperkenalkan kekayaan yang ada dalam Kota kecil ini dan tidak dipandang sebelah mata oleh penduduk di luar Kota Nganjuk.
 

Kekayaan Alam dan Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur


Berikut kekayaan alam yang dimiliki Kota Nganjuk;
 

Air Terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur


Air Terjun Sedudo merupakan salah satu icon yang dapat dikatan mencolok. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjunginya, selain menjadi tempat wisata, Air Terjun Sedudo juga menjadi sebagai tempat digelarnya upacara adat tahunan yaitu Upacara Suro. Banyak ritual yang dilakukan, sehingga memunculkan sebuah opini jikalau kita mandi di bawah grojogan Air Terjun Sedudo dapat awet muda, dan juga dilancarkan jodohnya.
 

Air Terjun Singo Kromo Wisata di Kabupaten Nganjuk


Banyak cerita yang akan kita dapatkan ketika kita berhasil menuju air terjun yang bisa dikatakan sebagai air terjun baru yang tidak lama ditemukan oleh penduduk sekitar. Jalan yang dilalui pun masih amat sulit, sehingga disarankan untuk keselamatan diri menggunakan sepeda motor.
 
Belum ada akses untuk kendaraan roda empat, dikarenakan air terjun ini juga baru dalam proses pengelolaan. Air terjun ini memiliki suhu yang sangat dingin dan suasana lingkungan yang sangat sejuk, hampir sama dengan Air Terjun Sedudo, hanya saja yang membedakan nya adalah belum adannya sebuah akses yang mumpuni.
 

Nganjuk, Jawa Timur Memiliki Candi Lor


Candi Lor ini memiliki keunikan tersendiri daripada candi-candi pada umumnya, dimana di salah satu sisi candi ini terdapat pohon besar yang memiliki akar raksasa terlihat mencengkeram erat candi, sehingga dalam gambar nampak candi tidak berdiri tegak karenana adanya pergeseran yang diakabat oleh akar dari pohon itu sendiri.
 

Wisata Sumber Miri di Nganjuk, Jawa Timur


Nah, wisata yang satu ini termasuk wisata yang baru ditemukan oleh penduduk setempat, wisata ini bernama Grojogan Duwur Sumber Miri , wisata ini tepatnya berada diu Desa Lengkong Kab. Nganjuk. Jalan untuk menuju kesana dapat dibilang penuh tantangan, tetapi segala nya dapat kita reasakan terbayar tuntas ketika kita sampai padatempat wisata yang satu ini, yang memiliki keindahan luar biasa, memiliki sumber air yang terlihat sangat indah dan bersih.
 

Nganjuk, Jawa Timur Memiliki Wisata Kuliner yang Khas


Gambar tersebut merupakan contoh sebagian kecil keindahan alam yang dimiliki Kota Nganjuk, masih banyak lagi kekayaan alam yang ada di dalamnya, tidak ketinggalan juga dari sisi yang lain, tidak hanya alam yang menjawab, tetapi dari wisata kuliner pun Kota Nganjuk tak kalah menarik, Kota ini memiliki beberapa makanan khas yang memiliki cita rasa nikmat luar biasa, menjadikan diri ini ingin selalu berpijak disana, entah mengapa ketika diri ini ingin meninggalkan kota kecil ini, tetapi hati selalu memungkiri.
 
Bukan karena apa, tetapi hal ini merupakan pilihan hati untuk selalu berpijak di Bumi Anjuk Ladang yang memiliki berjuta kekayaan. Wisata kuliner di Kota Nganjuk dapat kita jumpai di setiap daerahnya, mulai dari pinggir hingga menjorok ke tengah, dikarenakan keunikan kuliner yang ada amat merata, banyak penduduk setempat yang menjualnya sehingga semua pengunjung yang ingin mencicipi cita rasa kuliner di Kota Nganjuk dapat dengan mudah untuk menemukannya.
 

Nasi Becek Wisata Kuliner Nganjuk


Siapa lagi yang tidak mengenal nasi becek, dengan cita rasa dan keunikan yang dimilikinya, membuat seseorang yang menikmatinya ingin selalu mencoba lagi dan lagi. Nasi bertabur bumbu gule dengan lautan sayur dan juga di tambah dengan hidangan sate kambing yang lezat, sangat cocok untuk menghilangkan rasa lapar.
 

Dumbleg Jajanan Khas Nganjuk, Jawa Timur


Dumbleg, jajanan legendaris khas Nganjuk, jajanan ini sanga memiliki rasa yang amat melegit sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Nah jajanan ini asli Gondang Kab. Nganjuk. Selain rasa nya yang melejit, pembuatan nya pun juga sangat higienis karena pembungkusnya pun masih menggunakan pelepah daun jambe. Sehingga bisa dijamin untuk kualitas kesehatannya.
 

Nasi Pecel Tumpang di Nganjuk


Nasi Pecel Tumpang adalah makanan khas Nganjuk yang didalamnya terdapat beberapa bahan makanan yang dijadikan satu sehingga menjadi satu kesatuan cita rasa yang membuat seseorang yang mencicipinya menjadi ketagihan. Nasi Pecel yang satu ini beda dengan yang lain, karena memiliki siraman sambal yang merata dan memiliki rasa yang terkenal pedas.
 
Semua contoh diatas, merupakan kekayaan kuliner yang sudah dijelaskan, hanya Sebagian kecil dari kekayaan yang ada. Oleh karena itu, taka da salahnya dong jika kota ini menjadi salah satu kota yang patut untuk dikunjungi.
 

Petani Mayoritas Pekerjaan Masyarakat Nganjuk, Jawa Timur


Dari sisi yang lain, dapat kita lihat dari sektor mata pencaharian yang ada didalam kota ini, sebagian besar penduduk yang berada didalamnya bermata pencaharian sebagai petani, dimana mereka memiliki semangat kerja keras yang tinggi untuk mengisi lumbung padi demi menghidupi keluarga.
Kota Nganjuk juga terkenal kota yang memiliki hamparan ladang sawah yang cukup luas, sehingga potensi bahan dasar makanan yang dimiliki juga lumayan besar. Di musim kemarau, Banyak kalangan petani berbondong bonding untuk menanaman benih bawang merah,karena tanaman bawang merah sangat cocok untuk dibudidayakan dan tentunya produksinya sangat melimpah.
 

Nganjuk, Jawa Timur Juga Dijuluki Kota Brambang (Bawang Merah)


Dari situ salah satu yang terkenal dari kota ini adalah bawang merah nya, sehingga kota ini mendapat julukan sebagai Kota Brambang (Bawang Merah).
 
Dari sebagian hal yang sudah di jelaskan, hal itu sudah membuktikan bahwa didalam Kota yang kecil ini terdapat berjuta kekayaan alam yang patut diketahui oleh semua khalayak, khususnya penduduk kota besar yang notabe nya memiliki gaya hidup di atas rata-rata. jangan selalau kita berfoya di kota metropolitan, Indonesia itu indah, jadi berkelilinglah untuk menikmati surga yang dimiliki oleh Indonesia.
 
Demikianlah tulisan mengenai Fakta Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Semoga dengan adanya tulisan dengan judul asli “Mengungkap Segala Aspek Kekayaan Dalam Bumi Anjuk Ladang NGANJUK” yang ditulis oleh Ibnu Azis Maulana ini dapat memberi wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang ada atau yang akan datang di Nganjuk. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  2. 8 FAKTA Unik Probolinggo [Jawa Timur] yang Wajib Kamu Ketahui!
  3. Pulau Bawean [Gresik-Jawa Timur] dan 15 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  4. 10 Tempat Wisata di Gresik [Jawa Timur] Yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Nganjuk [Provinsi Jawa Timur] dan 14 Fakta Yang Wajib Kamu Baca!"

Posting Komentar