Kabupaten Madiun dan Fakta Pencak Silat Yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Madiun adalah salah satu kabupaten yang berada dalam Provinsi Jawa Timur. Terdiri dari 15 kecamatan dengan total jumlah penduduk adalah 719.277 jiwa, Kabupaten ini memiliki berbagai makanan khas yang terkenal seperti nasi pecel dan brem madiun.
Baca Juga: 7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Madiun


Namun bukan hanya makanan saja yang menjadi ciri khas Kabupaten Madiun. Bilamana Yogyakarta dan Bali terkenal akan wisatanya yang indah, maka Kabupaten Madiun terkenal dengan para pesilatnya.
 

11 Perguruan Pencak Silat di Kabupaten Madiun


Ya, di madiun terdapat 11 perguruan pencak silat seperti Persaudaraan Setia Hati Terate,Persaudaraan Setia Hati Tunas  Muda Winongo,Cempaka Putih, Pagar Nusa, Merpati Putih, Persinas ASAD, Pro Patria, IKS PI, Ki Ageng Pandan Alas dan Tapak Suci serta Persaudaraan Setia Hati Tuhu Tekad.
 

Madiun Kabupaten Pendekar Pencak Silat


Dari sekian banyak jumlah perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Madiun tersebut,maka tak heran apabila hampir seluruh masyarakat Kabupaten Madiun adalah pendekar pencak silat. Dengan begitu banyaknya keanekaragaman aliran pencak silat yang ada di Kabupaten Madiun,maka hal tersebut menjadi suatu ciri khas budaya dan kearifal lokal yang terdapat di Kabupaten Madiun.
 
Dengan mengikuti perguruan pencak silat sebagai bekal untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah serta membela diri dari kejahatan maka kita juga sudah ikut untuk melestarikan kekayaan budaya tradisional yang ada di Indonesia,salah satunya adalah pencak silat.

Konflik Pencak Silat di Tahun Baru Suro


Memang bukan rahasia umum lagi dan juga ada berita yang mengkabarkan bahwasanya hampir setiap tahun tepatnya saat sekitar tahun baru suro terjadi gesekan dan konflik antar berbagai pendekar perguruan pencak silat yang ada di kabupaten Madiun.
 
Hal tersebut bisa terjadi karena terdapat kejadian salah paham maupun provokasi dari pihak-pihak tertentu. Namun setelah didirikannya Paguyuban Kampung Pesilat, maka berbagai konflik dan gesekan antar pendekar pencak silat dapat dicegah.
 

Paguyuban Kampung Pesilat Solusi Mengatasi Konflik antar Perguruan Pencak Silat di Madiun


Karena dengan adanya Paguyuban Kampung Pesilat tersebut maka terjalin komunikasi dan juga silaturahmi antar perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Madiun sehingga dapat mencegah terjadinya gesekan,konflik,maupun kesalah pahaman serta dapat mempererat tali persaudaraan berbagai perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Madiun.

Selain manfaat didirikannya Paguyuban Kampung Pesilat yang telah disebutkan tadi, manfaat lainnya adalah mengarahkan para pesilat untuk mengikuti kegiatan positif dan bermanfaat seperti berbagai turnamen atau lomba pencak silat yang ada di Indonesia dan Internasional sehingga menghasilkan atlet-atlet pencak silat yang tangguh dan berkualitasserta dapat memperkenalkan pencak silat di mata dunia internasional dan terus melestarikan salah satu budaya dan kearifan lokal yang ada di Indonesia yaitu adalah pencak silat.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Madiun dan Fakta Pencak Silat Yang Harus Kamu Baca! Yang ditulis dengan judaul asli “Madiun Kampung pesilat” dengn penulis Jordan Habib Fauzy. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 8 FAKTA Unik Probolinggo [Jawa Timur] yang Wajib Kamu Ketahui!
  2. 4 Tempat Wisata di Surabaya [Jawa Timur] yang Harus Kamu Datangi!
  3. Kabupaten Bojonegoro dan 10 [FAKTA] yang Wajib Kamu Baca!
  4. Kabupaten Ponorogo [Jawa Timur] dan 6 Fakta yang Wajib Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Madiun dan Fakta Pencak Silat Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar