Kabupaten Madiun [Jawa Timur] dan 5 Fakta Wajib Kamu Baca!

Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Apa yang anda pikirkan ketika pertama kali mendengar kata Kabupaten Madiun? Pecel?  Pemberontakan PKI? Brem? Ya, betul sekali. Tetapi, masih banyak lagi hal-hal yang identik dan unik dengan Kabupaten Madiun ini. Baik dari segi Pencak Silat, Sejarah, sebutan Kota Pecel, Sampai tempat wisatanya.
Baca Juga: 7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!

Fakta Unik dan Menarik dari Kabupaten Madiun


Berikut ini sejumlah faktanya;
 

Pancak Silat “SH (Setia Hati Terate) dari Kabupaten Madiun


Hal yang paling menonjol dari kota ini adalah budaya tradisionalnya yaitu Pencak Silat. Pencak silat adalahs alah satu keayaan seni beladiri di Indonesia. Salah satunya yang terkenal adalah Setia Hati Terate. Setia Hati Terate merupakan organisasi pencak silat terbesar di Indonesia.
 

PKI di Kabupaten Madiun


Pada tahun 1948, terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh PKI di Madiun yang dipimpin oleh Musso. Pemberontakan tersebut terjadi di daerah Dungus, Wungu, Kabupaten Madiun yang sekarang dikenal oleh masyarakat dengan nama Monumen Kresek. Monument Kresek adalah monumen bersejarah yang menjadi saksi keganasan PKI pada tahun 1948 di Madiun.
 
Di dalam sebuah monument ini pada faktanya terdapat suatu prasasti batu yang mana dalam prasasti batu sampai saat ini mengukir nama-nama prajurit dan pahlawan lainnya yang gugur dalam pertempuran melawan PKI, salah satu nama yang ada dalam prasasti batu adalah Kolonel Inf Marhadi.
 

Kabupaten Madiun disebut Sebagai Kota Pecel


Madiun seringkali dijuluki dengan sebutan Kota Pecel. Mengapa Kabupaten Madiun Jawa Timur dijuluki sebagai kota pecel? Karena di kota ini terdapat banyak sekali penjual nasi pecel yang merupakan makanan khas yang bergizi untuk kesehatan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi pecel adalah nasi, tauge, kacang panjang, kangkung, dan mentimun.
 
Tidak lupa campurkan sambal kacang pedas yang merupakan ciri khas dari nasi pecel. Setelah dicampur, nasi pecel siap untuk dihidangkan.  Makan nasi pecel kurang lengkap rasanya apabila tidak ada krupuk rempeyek atau yang biasa disebut peyek oleh warga sekitar dan juga krupuk lempeng.
 

Kota Brem Juga Julukan daripada Kabupaten Madiun


Kabupaten Madiun selain juga dikenal sebagai kota pecel, sampai dengan saat ini Madiun juga dikenal sebagai kota brem.  Apa itu brem? Brem adalah suatu jenis makanan khas daerah yang bahan dasarnya terbuat dari sari ketan yang kemudian dimasak dan dikeringkan, hasil dari proses fermentasi ketan hitam ini yang kemudian diambil sarinya saja dan diendapkan dalam waktu beberapa 1 hari (sekitar sehari semalam).
 

Potensi Alam dan Tempat Wisata di Kabupaten Madiun


Ada juga potensi-potensi alam yang dimiliki Madiun yang tidak kalah indah dengan daerah-daerah lainnya. Potensi-potensi alam tersebut wajib dikunjungi jika anda berkunjung ke Madiun. Potensi alam tersebut ialah Gunung Wilis, Gunung Kendil, Waduk Bening Widas Saradan, Hutan Pinus Nongko Ijo Kare, dan masih banyak lagi. Tempat-tempat wisata tersebut memiliki spot foto yang menarik untuk dicoba.

Demikinalah tulisan mengenai "Kabupaten Madiun [Jawa Timur] dan 5 Fakta Wajib Kamu Baca!" yang ditulis dengan judul asli "Fakta tentang Madiun yang perlu anda ketahui!" adapun penulis dalam artikel ini sendiri adalah Alvira Eka Widyasari, sebagai salah satu Warga di Kabupaten Madiun. Semoga dapat bermanfaat dan member wawasan kepada setiap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. [Keren] Taman Rekreasi Sengkaling [SEKUL; Sengkaling Kuliner] di Malang yang Harus Kamu Kunjungi!
  2. 9 Fakta Daerah Surabaya [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  3. Wana Wisata Mondoleko Desa Sragi di Songgon-Banyuwangi [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Ketahui!
  4. 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  5. Keren!. Rumah Pohon Lestari Wisata Alam di Desa Widhe [Brondong-Lamongan]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Madiun [Jawa Timur] dan 5 Fakta Wajib Kamu Baca!"

Posting Komentar