Kebun Teh Kayu Aro di Kecamatan Kayu Aro [Kerinci-Jambi] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!

Kebun Teh Kayu Aro di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi

FaktaDaerah.Com- Teh merupakan salah satu minuman yang akrab dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Indonesia sendiri termasuk sepuluh besar negara penghasil teh terbesar di dunia. Dari ujung barat hingga timur Nusantara, terdapat beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil teh utama negeri ini. Salah satu kebun teh terpenting terdapat di Pulau Sumatera, tepatnya di daerah Kayu Aro, Jambi.



Fakta Kebun Teh Kayu Aro di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi


Kebun Teh Kayu Aro Menjadi Tertua di Indonesia

Perkebunan teh Kayu Aro mempunyai cerita panjang. Kebun ini sudah ada bahkan ketika Indonesia masih dijajah oleh Kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1925. Karena sudah ada hampir satu abad yang lalu, tidak heran Kayu Aro merupakan kebun teh tertua di Indonesia.

Sejak saat itu pula, Kayu Aro terkenal sebagai salah satu penghasil teh hitam terbaik di dunia. Uniknya, hingga saat ini proses pengolahan teh di wilayah ini masih menggunakan metode yang konvensional sehingga kualitas dan mutunya masih terjaga.
 

Menjadi Kebun Teh Kayu Aro Tertinggi di Indonesia


Saat menginjakkan kaki di lingkungan perkebunan, pengunjung akan disambut dengan udara yang dingin. Ya, Kayu Aro berada di Kaki Gunung Kerinci, tepatnya 1.600 meter di atas permukaan laut. Tak heran Kayu Aro saat ini menduduki peringkat pertama kebun teh tertinggi di Nusantara serta peringkat kedua tertinggi di seluruh dunia setelah kebun teh Darjeeling di India.
 

Kebun Teh Kayu Aro Menjadi Terluas di Indonesia


Masih ada fakta lain mengenai kebun teh yang satu ini. Kayu Aro juga merupakan kebun teh terluas di Tanah Air serta dunia. Dengan luas lebih dari 2.500 hektar, tak heran Kayu Aro mampu menghasilkan lebih dari 5.000 ton teh hitam setiap tahunnya. Teh hasil perkebunan ini banyak diekspor ke berbagai negara di Amerika, Eropa, dan Asia.
 

Sejarah dan Letak Kebun Teh Kayu Aro


Kayu Aro sendiri berjarak hampir 400 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Jambi dan secara geografis lebih dekat dari Padang, ibu kota Sumatera Barat. Apabila ingin mencapai Kayu Aro dari Kota Jambi, pengunjung harus menempuh perjalanan darat selama 9-10 jam. Jika berangkat dari Kota Padang, pengunjung cukup menempuh sekitar 200 kilometer atau 5-6 jam perjalanan darat.
 

Indahnya Kebun Teh Kayu Aro


Perjalanan ratusan kilometer pun akan terbayar setelah menginjakkan kaki di kebun teh. Udara sejuk pegunungan ditambah dengan segarnya warna hijau sejauh mata memandang menjadi menu pembuka yang akan didapatkan pengunjung. Para wisatawan pun dapat mencoba wisata memetik daun teh langsung dari kebunnya. Apabila ingin menginap, beberapa kilometer dari kebun terdapat hotel maupun homestay.
 

Perlu Dipelihara


Satu lagi peninggalan sejarah Indonesia yang kali ini berwujud perkebunan teh. Kita sebagai warga negara Indonesia haruslah bangga dengan Kayu Aro yang menyimpan sejumlah prestasi di dunia. Dan, sudah kewajiban kita pula untuk memelihara dan merawat warisan yang sudah dititipkan pada Indonesia.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kebun Teh Kayu Aro di Kecamatan Kayu Aro [Kerinci-Jambi] dan Fakta yang Harus Kamu Baca! Yang ditulis dengan judul “Kayu Aro, Kebun Teh Penuh Cerita” dengan penulis William semoga bisa menjadi wawasan bagi seganap pembaca sekalian. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebun Teh Kayu Aro di Kecamatan Kayu Aro [Kerinci-Jambi] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar