Inilah Desa Jeruk [Desa Kaliploso] Kabupaten Banyuwangi, yang Harus Kamu Ketahui!

Desa Kaliploso Kabuptaen Banyuwangi Yang Memiliki Banyak Tanaman Jeruk


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan berbagai potensi yang di miliki, baik di sektor pariwisata, pertanian, perikanan, dan lain masih banyak lagi yang lain, Luas wilayah Kabupaten Banyuwangi mencapai 5.782,50 km2.

Baca Juga: 5 Fakta Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare “Kampung Inggris”

Data dari dinas pertanahan tahun 2005 mencatat tanah untuk persawahan mencapai area seluas 11,53 % (66,647 Ha) dari seluruh penggunaan jenis tanah di Banyuwangi. Luasnya tanah untuk pertanian ini karena 
Kabupaten Banyuwangi terkenal subur.
 
Seluruh desa-desa yang berada di Banyuwangi di tuntut untuk berlomba-lomba menggali potensinya masing-masing. Adapun untuk Desa Kaliploso di Kecamatan Cluring ini menekankan pada hasil pertanian yang berupa buah-buahan, baik buah naga maupun buah jeruk.
 

Buah Jeruk Desa Kaliploso-Banyuwangi


Namun yang lebih di utamakan adalah pertanian buah jeruk. Tanamn buah tahunan yang berasal dari Asia mempunyai nama latin C. Auranticum L ini mempunyai banyak kelebihan. Oleh karena itu, mayoritas petani di Desa Kaliploso ladang persawahan di tanami pohon jeruk manis dan hampir di setiap RT terdapat pengepul jeruk.

Tidak menutup kemungkinan bila Desa Kaliploso-Banyuwangi ini dapat dijuluki dengan Desa Jeruk. Keuntungan dari benyaknya pengepul yaitu para petani tidak terlalu susah apabila musim panen tiba, tinggal menjual buah jeruk di pengepul terdekat. Kemudian oleh pengepul  jeruk-jeruk itu pun di soltir dan kualitas yang terbaik nantinya akan dikirimkan ke daerah-daerah yang memesan di seluruh Indonesia, contohnya saja Denpasar, Jakarta, Surabaya, Situbondo dan masih banyak lagi. Tidak heran Kabupaten Banyuwangi dikenal dengan penghasil buah jeruknya dengan kualitas terbaik.
 
Potensi Jeruk di Desa Kaliploso-Banyuwangi

Hal tersebut dapat terjadi berkat usaha para petani yang mengikuti seminar-seminar yang diadakan oleh kelompok tani setempat. Tujuannya untuk memberitahukan kepada petani setempat bagaimana proses penanaman, perawatan sampai dengan pemanenan.
 
Tidak heran banyak petani yang menanam pohon berbuah manis tersebut karena pohon jeruk dapat bertahan hingga lebih dari  5 tahun juga menghasilkan buah yang banyak di setiap musim panennya. Potensi yang dimiliki Desa Kaliploso ini akan menjadikan Desa Kaliploso lebih di kenal walaupun memiliki wilayah yang cukup kecil di bandingkan desa-desa yang lain. Tingkat ekonomi para petani pun meningkat seiring dengan hasil panen buah jeruk manis yang telah mereka tanam.

Demikianlah tulisan mengenai Inilah Desa Jeruk [Desa Kaliploso] Kabupaten Banyuwangi, yang Harus Kamu Ketahui!, adapun penulis dalam artikel ini adalah "Royan Adi Ikhsan" dengan judul asli Jeruk Manis dari Desa Kaliploso, Banywangi. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Desa Jeruk [Desa Kaliploso] Kabupaten Banyuwangi, yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar