4+ Batas Wilayah Eropa Barat

Batas Wilayah Eropa Barat

Eropa Barat merupakan kawasan negara maju di Benua Eropa yang cukup terkenal di dunia. Selain itu, kawasan Eropa Barat juga seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata oleh para wisatawan mancanegara. Nah, untuk informasi lebih lanjut, berikut batas wilayah Eropa Barat.

Eropa Barat


Eropa Barat adalah wilayah di Benua Eropa yang sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah. Dataran rendah di wilayah Eropa Barat ini membentang dari Lembah Garone (Perancis) hingga ke Pegunungan Ural. Belanda menjadi satu-satunya negara di Eropa Barat yang seluruh wilayahnya merupakan dataran rendah yang datar.

Penduduk di Eropa Barat sebagian besar merupakan bangsa Alpen dengan ciri mata dan rambut hitam, mata lebar, dan tidak terlalu tinggi. Selain itu, penduduk di Eropa Barat lebih banyak menggunakan bahasa dari negaranya dibandingkan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Kawasan Eropa Barat merupakan wilayah yang beriklim subtropis dan diatur oleh Arus Teluk. Inilah yang membuat kawasan ini memiliki 4 musim, tetapi saat musim dingin suhu udara tidak terlalu rendah.

Pengaruh iklim juga mempengaruhi jenis flora yang hidup di kawasan ini. Di Pegunungan Alpen (Perancis) dan Pegunungan Savole, pohon cemara dan beech tumbuh subur dan menyelimuti seluruh kawasan pegunungan.

Wilayah Eropa Barat adalah wilayah dengan ekonomi yag maju. Aneka industri berat dan ringan berkembang pesat di wilayah ini dan menjadi kawasan industri terbesar di Eropa. Untuk mewadahi kegiatan ekonomi di wilayah Eropa Barat, dibentuklah MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) pada tahun 1959.

Batas Wilayah Eropa Barat


Berdasarkan letak geografis, batas wilayah Eropa Barat adalah sebagai berikut.

Barat
Berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Selat Inggris
Timur
Berbatasan dengan Negara Jerman dan Swiss
Utara
Berbatasan dengan Laut Utara
Selatan
Berbatasan dengan Negara Italia, Spanyol, dan Laut Mediterania

Wilayah Eropa Barat

Eropa Barat merupakan kawasan negara-negara maju yang terdiri dari berbagai negara. Dulunya Inggris dan Irlandia masuk ke dalam bagian Eropa Barat, tetapi karena pertimbangan letak geografi, kedua negara tersebut dimasukkan ke dalam kawasan Eropa Utara. Adapun negara di Eropa Barat adalah Belgia, Perancis, Liechenstein, Luksemburg, Monako, dan Belanda.

Nah, itulah wilayah dan batas wilayah Eropa Barat. Semoga bisa menambah wawasan geografi dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Eropa Barat"

Posting Komentar