4+ Batas Wilayah Afrika Barat


Afrika Barat merupakan wilayah Benua Afrika yang memiliki penduduk paling padat di Afrika. Meski terkenal dengan sumber perbudakan terbesar di Afrika, kawasan ini memiliki tanah yang subur untuk pertanian dan perkebunan. Untuk mengetahui letak Afrika Barat secara geografis, berikut batas wilayah Afrika Barat.

Afrika Barat


Wilayah Afrika Barat cukup luas dari Senegal hingga ke Kamerun dan Chad. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan kerajaan, seperti Kerajaan Ghana dan Kerajaan Mali yang membuat perkembangan penduduk di wilayah ini cukup padat.

Selain kondisi topografi Afrika Barat yang berada di daerah aliran sungai, wilayah ini juga kaya akan mineral. Hal inilah yang membuat jumlah penduduk Afrika Barat sepertiga dari jumlah penduduk Afrika.

Afrika Barat merupakan wilayah yang dilalui garis katulistiwa, wilayah ini merupakan daerah yang kering di bagian utara. Sedangkan wilayah Afrika Barat di sebelah selatan merupakan daerah pegunungan dengan intensitas curah hujan yang tinggi. Hal inilah yang memungkinkan fauna dan flora tumbuh subur di seluruh wilayah Afrika Barat.

Secara geografis, Afrika Selatan merupakan kawasan strategis untuk jalur perdagangan. Teluk Guinea menjadi jalur sutera bangsa Eropa menuju Asia. Di abad 15, Afrika Barat menjadi tempat persinggahan bangsa Eropa yang mencari rempah-rempah. Hanya saja, kondisi ini dimanfaatkan bangsa Eropa untuk menjajah Afrika Barat.

Selain letak Afrika Selatan yang strategis, tanah di Afrika Selatan juga sangat subur. Hal ini menarik bangsa Perancis dan Inggris untuk mengeksploitasi sumber daya alam di Afrika Selatan. Sehingga, jangan heran jika hampir seluruh wilayah Afrika Barat merupakan bekas jajahan bangsa Eropa.

Batas Wilayah Afrika Barat


Dilihat dari letak geografisnya, berikut ini adalah batas wilayah Afrika Barat.

Barat
Berbatasan dengan Samudera Atlantik
Timur
Berbatasan dengan Gunung Kamerun dan Danau Chad
Utara
Berbatasan dengan Gurun Sahara
Selatan
Berbatasan dengan Negara Republik Kongo

Wilayah Afrika Barat

Afrika Barat terdiri dari 14 negara. Negara di Afrika Barat yaitu Benin, Burkin Faso, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Niger, Nigeria, Pantai Gading, Senegal, Sierra Leone, dan Togo.

Dengan mengetahui batas wilayah Afrika Selatan dapat menambah wawasan geografi Benua Afrika. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Afrika Barat"

Posting Komentar