Kecamatan Jonggol [Bogor-Jawa Barat] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!

Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat


FaktaDaerah.Com- Jonggol merupakan satu dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor bagian timur. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Sukamakmur di selatan, Kecamatan Cariu di timur, Kecamatan Kalapanunggal di barat,  dan Kecamatan Cileungsi di barat laut. Selain itu Jonggol merupakan kawasan strategis karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Bekasi, Karawang dan Jakarta.
Baca Juga: 5 Fakta Jakarta [Indonesia] yang Harus Kamu Baca!


Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor [Jawa Barat]


Dewasa ini, Jonggol memang banyak mencuri perhatian publik, bahkan sejak era Presiden Soeharto, Jonggol mulai diperhitungkan dan menjadi salah satu kawasan strategis untuk berbagai macam bidang. Kabar terhangat adalah proyek pembangunan yang direncanakan oleh salah satu perguruan tinggi swasta yang akan membangun kampus terbesar se-Asia Tenggara, yakni seluas 80 Ha. Apabila proyek ini selesai dilakukan, tentunya akan ada banyak orang yang akan memasuki atau bahkan menetap di daerah Jonggol. Tentunya ini menjadi potensi ekonomi yang besar bagi investor dan para pelaku usaha untuk menanamkan modalnya di kawasan Jonggol, tidak terkecuali pemerintah daerah Kecamatan Jonggol.

Jonggol, Kabupaten Bogor Terkenal dengan Sentra Buah Durian dan Rambutan


Bukan hanya berita pembangunan yang akan mulai dilakukan pada 2018 tersebut, sudah sejak lama Jonggol terkenal dengan aneka ragam hayati dan hasil bumi seperti durian dan rambutan. Memang, kedua jenis buah ini tumbuh subur hampir diseluruh wilayah Jonggol. Bukan tidak mungkin, apabila banyak investor yang menanamkan modalnya disana, Jonggol dapat menjadi sentra buah, khususnya durian dan rambutan dengan sistem perkebunan dan pengelolaan yang terstruktur.

Obyek Wisata Curug Ciseupang di Jonggol, Kabupaten Bogor


Selain itu, Jonggol mempunyai potensi pariwisata lokal yang tak kalah menariknya seperti obyek wisata curug Ciseupang yang lokasinya tak jauh dari pusat Jonggol Kota dan curug Sedong yang berlokasi di Desa Cibodas. Kedua obyek wisata ini adalah sebagian potensi terpendam Kecamatan Jonggol yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan pemasukan daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat cibodas dan jonggol pada umumnya. Untuk mewujudkan hal tersebut –seperti yang sudah di sebutkan di atas perihal pemasukan daerah dan perekonomian rakyat-, memang sudah sepatutnya pemerintah mulai mengelola dan membenahi segala aspek penunjang obyek wisata, seperti akses jalan menuju kawasan wisata, pengelolaan tiket, keamanan, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa potensi lokal daerah Kecamatan Jonggol dari beberapa bidang. Sekali lagi, potensi ini tidak akan berkembang sesuai harapan jika tidak ada dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah daerah, investor, pelaku usaha, dan masyarakat Jonggol secara umum.

Demikinalah tadi tulisan mengenai Kecamatan Jonggol [Bogor-Jawa Barat] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!. Adapun judul asli dalam tulisan ini adalah “Mulai Dilirik, Inilah Potensi Jonggol” yang ditulis oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Pakuan, bernama Ade Iskandar. Semoga bermanfaat bagi segenap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Tempat Wisata Alam Kabupaten Sukabumi-Jawa Barat
  2. 5 Fakta Kota Bekasi [Jawa Barat] yang Harus Kamu Baca!
  3. 13+ Wisata di Garut [Jawa Barat] Yang Harus Kamu Dikunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kecamatan Jonggol [Bogor-Jawa Barat] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar