8+ Negara Eropa Barat dan Ibukota Terbaru dan Terlengkap

Negara-Negara Eropa Barat


Negara Eropa Barat adalah sebuah negara dengan memunculkan konsep politik dan telah di pakai pada saat perang dingin. Namun pada masa sekrang lebih mengarah kepada permaslahan ekonomi dari pada ke politik dan juga geografi. Pada konsep ini lebih kepada konsep demokrasi liberal, kapitalisme, dan juga uni eropa. Sehingga pada kesempatan ini negara Eropa mempunyai kebudayaan barat dan juga hubungan ekonomi politik yang baik dengan negara Amerika utara dan juga selatan.
Baca Juga: 35+ Negara Maju di Eropa Terbaru dan Terlengkap

Daftar Negara Eropa Barat dan Ibukotanya


Dalam hal ini ada bentuk–bentuk negara dengan sistem pemerintahan negara–negara yang ada di eropa barat diantaranya adalah sebagai berikut: 

Negara Austria

Nama resmi dari Negara Austria ini adalah Faderal republic of Austria (Republik Oesterreich). Bahasa yang digunakan di negara Austria ini adalah bahasa Jerman, Turki, Serbia, Kroasia, dan masih banyak yang lainnya. Ibukota dari negara austria ini sendiri adalah Wina, dengan jumlah penduduknya adalah 8.221.646 orang.

Agama yang ada di negara ini adalah agama khatolik roma, protestan, islam dan yang lainnya ada yang tidak beragama. Jenis kekuasaan yang ada dalam negara ini adalah Republik. Sistem pemerintahan yang ada dalam negara ini adalah semi presidensial, presiden faderal yang merupaka kepala negara namun bukan sebagai kepala ekslusif. Di pergaulan Internasional presiden mewakili Republik Federasi Austria.

Masa pemerintahan presiden adalah sekitar 6 tahun. Dalam hal ini presiden memiliki kuasa untuk memberhentikan ataupun mengangkat kanselir, seluruh administrator faderal, dan juga sebagai panglima tertinggi angkatan perang, dan juga presiden memiliki sebuah wewenag dalam membubarkan Nationalrat dan juga memiliki kuasa untuk memperingati Nationalrat. dan juga memiliki wewenang untuk dapat mengangkat pejabat tinggi. 

Negara Belanda 

Dalam hal ini nama resmi dari Negara belanda adalah Kingdom of Netherlands dan ibukota dari negara Belanda adalah Amsterdam dengan luas wilayahnya adalah 41.526 km2. Dengan jumlah penduduknya adalah 16.805.637 penduduk. Agama yang ada di negara Belanda adalah Katolik Roma, Protestan, Reformasi Belanda, Kelvin, Dan Protenstan Lain, Islam, Tidak Beragama.

Jenis kekuasaan yang ada di negara Belanda adalah Monarki Konstitusional, dengan kepala negaranya adalah Ratu Beatriz. Untuk bentuk negara kesatuannya adalah Desentralistik. Dengan sistem pemerintahannya adalah dengan nama parlemennya adalah Staten General yang memiliki 2 kamar yaitu Este kamer dan juga Twede kamer dan terdiri dari 75 kursi dengan anggotanya di pilih oleh 12 dewan provinsi yang cara pilihannya secara tidak langsung.  

Negara Belgia

Nama resmi dari negara Belgia adalah kingdom of Belgium. Dengan penggunaan bahasa resminya adalah Belanda, Perancis, Jerman. Dengan ibukotanya adalah Brussel dan luas wilayahnya adalah 30.528 Km2, dan jumlah penduduk yang ada dalam negara ini adalah 10.444.268 penduduk.

Agama yang ada dalam negara ini adalah Katolik roma.  Jenis kekuasaan yang ada dalam negara ini adalah Monarki Konstitusional, kepala negara  adalah Monark. Bentuk negara ini adalah Federasi, perlu dikeetahui bahwa belgia ini terdiri dari 3 region yaitu Brussels Capital Region, Flemish Region, dan juga Wallon Ragion.sistem pemerintahan yang ada di negara belgia ini adalah parlementer. Dan juga negara ini terdiri dari komunitas dan juga region.

Dan terdiri atas 3 komunitas yaitu komunitas prancis, komunitas flemish, dan juga komunitas dengan berbahasa Jerman. Kepala negara yang ada di negara belgia ini adalah dipegang oleh perdana mentridan dewan mentri dan sekretaris negara di angakat oleh Monark. 

Negara Jerman 

Nama resmi dari Jerman adalah Federal Republic of Germany dengan bahsa yang digunakan adalah bahasa Jerman dengan ibukotanya adalah Berlin dan luas wilayah yang ada di negara Belgia adalah 356.854 Kilo meter.

Dan untuk penduduk yang bertempat tinggal di negara ini adalah kira-kira sekitar 81.147.265 penduduk. Agama yang digunakan di negara Jerman adalah Protestan, Katolik Roma, Islam dan lainnya. Jenis kekuasaan yang ada di negara ini adalah Republik, dengan kepala negara nya adalah presiden.

Dan kepala pemerintahannya adalah kanselir. Bentuk negaranya adalah federasi. Dengan sistem pemerintahan yag ada dalam negara ini adalah parlementer dan kepala negaranya adalah presiden federal. Dalam hal ini tugasnya adalah mengangkat dan juga memberhentikan kanselir. Presiden juga bertugas untuk mengesahkan undang – undang, dan presiden juga memiliki sebuah wewenang untuk mengangkat dan memberhentikan pejabat public, 

Negara Liechtenstein

Negara resmi ini adalah  negara Principality of Liechtenstein. Negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 37.009 orang dengan luas wilayahnya adalah 160 km2. Agama yang digunakan oleh negara ini adalah agama  protestan, katolik. Dengan jenis kekuasaan Monarki Konstitusional dan kepala negara adalah Monark.

Dengan kepala pemerintahannya adalah perdana mentripemilihan kabinet ini adalah dipilih oleh parlemen dan juga di bekerjasama dengan kepala Monark. Bentuk dari negara kesatuan ini adalah Kesatuan Lienctenstein yang telah terdiri dari 11 gemeinde. Sistem pemerintahan dari negrara ini adalah parlementer, Monark Lienctenstein  disebut juga dengan pangeran dan juga negaranya tersebut adalah kepangeranan. 

Negara Monaco

Nama resmi dari negara ini adalah Principality of Monaco, dan bahasa resmi yang ada di gunakan oleh negara ini adalah Perancis, Inggris, Italia, Monegasque dengan ibukotanya adalah Monaco dengan luas wilayahnya adalah 1,95 Km2. Penduduk yang ada dalam negara ini adalah sekitar 30.500 penduduk.

Agama yang ada di negara ini adalah Katolik Roma . jenis kekuasaan yang ada di dalam negara ini adalah Monarki konstitusional dengan kepala negara adalah Monark. Kepala pemerintahannya adalah menteri negara. Perlu di ketahui bahwa Monark adalah turun temurun. Kabinet itu sendiri dibawah otoritas Monark dan monark ini memilih 3 nama  menteri negara yang diajukan oleh pemerintahan Perancis. Bentuk negara ini adalah kesatuan dengan sistem pemerintahannya adalah Presidensial yang sifatnya memang sudah turun temurun dan harus berasal dari dinasti Grimaldi.  

Negara Perancis 

Nama resmi dari negara ini adalah French Republic. Dengan penggunaan bahasa ini adalah perancis, Breton,Alsatia, Corsica, cetalan dan masih banyak lagi yang belum diketahui. Untuk ibukota negara ini adalah Paris. Dengan luas wilayah adalah 551.500 Km2. Untuk penduduk yang ada di negara ini sendiri adalah sekitar 65.951.611 penduduk. Agama yang ada di negara ini adalah agama katolik roma, protestan, yahudi, Islam.

Dan beberapa agama yang belum di ketahui juga. Jenis kekuasaan yang ada di dalam agama ini adalah Republik. Bentuk negara di negara ini adalah kesatuan yang telah terdiri atas 2 komponen pembentuk yaitu wilayah administrasi dan juga wilayah dependen. Wilayah Administrasi perancis terdiri dari 27 region. Sistem pemerintahan yang ada dalam negara ini adalah semi presidensial. Dengan kepala negaranya adalah presiden. Kepala pemerintahan adalah perdana mentri.

Sedangkan kabinet adalah dewan menteri yang diangkat oleh presidenatas sugesti dari perdana menteri. Pemerintahan presiden ini adalah memerintah selama 5 tahun. Dan perdana mentri juga di angkat oleh presiden. 

Negara Swiss  

Ibukota dari negara Swiss ini adalah Bern dengan luas wilayahnya adalah 41.293 dengan jumlah penduduk nya adalah sekitar 7.996.026 orang. Agama yang ada dalam negara ini adalah katolik roma, protestan, Islam, Kristen, dan masih banyak lagi namun belum dapat di ketahui. Jenis kekuasaan yang ada dalam negara ini adalah Republik. Dengan bentuk negara adalah Federasi sejak tahun 1848. Dan terdiri atas 26 kanton pemerintahan Swiss.

Dan perlu diketahui bahwa konfederasi ini setara dengan pemerintahan nasional. Ada beberpa hal yang merupakan bukan hak dan wewenang dari konfederasi adalah konfederasi harus memiliki konstitusi, parlemen , eksekutif dan juga yudikatif sendiri. Sistem pemerintahan dari negara Swiss ini sendiri adalah badan eksekutif Swiss yang telah dijalankan oleh 7 anggota dewan federal dan masing masing telah memegang sebuah pemerintahan tersebut.

Paelemen ini sendiri terdiri atas 200 anggota yang telah mempresentasikan semua WN Swiss. Untuk Nc ini sendiri dipilih oleh pemiluuntuk masa jabatan selama 4 tahun. Perlu diketahi bahwa sistem pemerintahan yang digunakan oleh pemilihan ini adalah dengan cara proposional sehingga dalam hal ini partai – partai gurem memiliki kursi di dalam NC.

Demikianlah tulisan mengenai Negara-Negara Eropa Barat dan Ibukota Terbaru dan Terlengkap. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan pembaca mengenai negara-negara di Benua Eropa. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8+ Negara Eropa Barat dan Ibukota Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar