4+ Batas Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Batas Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Pada fakatnya di Provinsi NTB terdapat Pulau Lombok dan Sumbawa yang alamnya menjadi daya tarik dan mengundang banyak pelancong ke provinsi tersebut. NTB juga memiliki Gunung Rinjani yang tentunya sudah sangat terkenal, terutama bagi para pendaki gunung.

Ulasan berikut akan membahas mengenai sekilas profil NTB, termasuk batas wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nusa Tenggara Barat


Provinsi NTB memiliki wilayah seluas 20.153,15 km2 dengan letak geografis antara 115 46’ - 119 5’ BT dan 8 10’ - 9 5’ LS. Seperti daerah lain di Indonesia, provinsi ini juga memiliki iklim tropis dengan kelembaban berkisar 48-95%.

Saat Indonesia baru memasuki masa kemerdekaan, provinsi NTB menjadi bagian dari wilayah Provinsi Sunda Kecil dengan ibu kota Singaraja. Selanjutnya provinsi itu mengalami pemekaran wilayah, menjadi Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. Dua pulau besar di provinsi ini, yaitu Pulau Lombok di sebelah barat dan Sumbawa di sebelah timur.

Provinsi NTB memiliki cukup banyak tempat wisata alam yang tepat untuk dikunjungi ketika tengah berkunjung ke provinsi tersebut. Tempat wisata yang bisa dikunjungi, antara lain Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Pantai Pink, Pantai Senggigi, dan Pantai Kuta Lombok. Jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khasnya, seperti ayam taliwang, sate bulayak, plecing kangkung, sate pusut, dan nasi kotaraja.

Batas Wilayah Nusa Tenggara Barat


Provinsi Nusa Tenggara Barat berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan Samudera Hindia. Berikut tabel terkait batas wilayah dari provinsi Nusa Tenggara Barat.

Barat
Selat Lombok dan Bali
Timur
Selat Sape dan NTT
Utara
Laut Jawa dan Laut Flores
Selatan
Samudera Hindia

Wilayah Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat terbagi menjadi 8 kabupaten dengan 2 kota. Kabupaten yang ada di provinsi ini, antara lain Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Bima, Dompu, dan Sumbawa.

Satu kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Sumbawa Barat. Dua kota yang berada di NTB, yaitu Mataram yang merupakan ibu kota NTB dan Kota Bima.

Sampai sini ulasan mengenai sekilas profil NTB dan batas wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tertarik untuk coba berkunjung ke provinsi ini?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat"

Posting Komentar