[Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.

Gunung Lawu dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi


FaktaDaerah.Com- Setiap negara yang ada di dunia ini diberkahi dengan berbagai potensi wisata yang unik. Dari sederet kekayaan alam yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, salah satu potensi wisata alam yang menonjol adalah gunung.
 
Tidaklah dapat dimungkiri bahwa Indonesia memiliki sederet nama gunung yang sayang bila tidak dieksplorasi lebih lanjut. Salah satunya yang patut di eksplorasi adalah Gunung Lawu yang terletak di di antara dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 

Pesona Alam Gunung Lawu


Salah satu gunung yang banyak menjadi buah bibir masyarakat adalah Gunung Lawu yang terletak di antara dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu tidak hanya memikat di bagian puncaknya saja, tetapi juga di bagian kakinya.
 
Air Grojogan Sewu/Terjun Seribu
 
Salah satu pesona di kaki gunung ini adalah Grojogan Sewu, yang dalam Bahasa Indonesia artinya “Air Terjun Seribu”. Nama “Seribu” dalam Grojogan Sewu merujuk pada ukuran yang dipakai zaman dahulu, yaitu “pecak”. Air terjun ini memiliki tinggi seribu pecak di mana satu pecak setara dengan panjang satu telapak kaki orang dewasa.
 
Alamat Air Terjun Seribu/Grojogan Sewu
 
Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, akses ke Grojogan Sewu tidak terlalu sulit. Pengunjung bisa mencapai tempat ini dari Surakarta, Jawa Tengah. Perjalanan darat dari Surakarta dapat ditempuh sekitar 30 – 45 menit ke arah timur Kota Karanganyar. Apabila ingin naik bis, terdapat Terminal Tawangmangu yang terletak tidak jauh dari lokasi wisata.
 
Pesona Air Terjun Seribu atau Grojogan Sewu
 
Sampai di Grojogan Sewu, pengunjung akan disambut oleh udara sejuk yang berkisar antara 15 – 200C. Wisatawan dapat masuk ke lokasi dengan membayar Rp. 15.000,- pada hari biasa atau Rp. 17.500,- pada hari libur.

 Untuk sampai ke air terjun, pengunjung harus menuruni 625 anak tangga. Namun, anak tangga menuju lokasi sudah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan pengunjung. Sepanjang perjalanan, ada banyak kera lucu yang akan menemani pelancong hingga tiba di air terjun Grojogan Sewu.
 
Setelah lebih dari tiga ratus anak tangga, pengunjung sudah bisa mendengar deburan air yang jatuh menghantam bebatuan. Dikelilingi pemandangan Hutan Wisata Grojogan Sewu nan rindang dan hijau, pengunjung seolah diajak beristirahat dan melupakan sejenak kesibukan sehari-hari.
 
Ada yang unik dari Grojogan Sewu dibandingkan dengan air terjun lainnya. Pengunjung bisa menikmati beberapa wahana yang terletak tidak jauh dari air terjun, antara lain kolam renang, flying fox, hingga rafting. Tepat di depan air terjun juga ada jembatan yang disebut “Jembatan Pemisah” karena konon bila sepasang kekasih yang belum menikah melewatinya, maka hubungan mereka akan berakhir.
 
Setelah puas menikmati keindahan air terjun, pengunjung harus menapaki jumlah anak tangga yang sama ketika turun, namun dengan jalur yang berbeda. Tepat di anak tangga ke-1250, terdapat tugu yang menandakan bahwa pengunjung telah selesai melalui 1250 anak tangga.
 
Menjaga Keindahan Grojogan Sewu di Gunung Lawu
 
Berbicara mengenai potensi wisata di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Perkembangan media sosial yang pesat dewasa ini sedikit banyak membantu masyarakat mengenal situs-situs nan indah dari segala penjuru dunia. Namun, satu hal yang perlu diingat—baik sebagai pengunjung maupun pengelola—adalah tetap merawat dan memperlakukan tempat tersebut dengan bertanggung jawab.
 
Demikinalah setidaknya tulisan mengenai Gunung Lawu dan Pesona Grojogan Sewu, penulis dalam artikel ini adalah William Wijaya. Dengan judul asli dalam tulisannnya “1250 Langkah Untuk Air Terjun”. Semoga dapat bermanfaat, baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi."

Posting Komentar