[Desa Wonorejo]- Sumbergempol dan Beberapa Fakta yang Harus Kau Baca!

Desa Wonorejo, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungangung, Provinsi Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Wonorejo adalah salah satu nama desa yang mendiami wilayah Sumbergempol. Sumbergempol adalah salah satu nama kecamatan yang mendiami wilayah Tulungagung. Tulungagung adalah salah satu nama kabupaten yang mendiami wilayah Jawa Timur.
 
Saya sepertinya sudah tidak perlu menjelaskan apa itu Jawa Timur. Kalian tinggal searching di “Mbah  Google” ketemu deh apa itu Jawa Timur dengan pemaparan yang sangat lengkap melebihi pengetahuan saya.
 
Kenapa saya menyebutnya “Mbah Google”?, karena kata “Mbah” adalah sebutan buat orang tua yang sudah hidup lama, dimana dia harus dihormati dan kapasitas pengetahuanya serba tahu mencakup apapun itu. Itulah sebabnya saya dan teman-teman menyebutnya “Mbah  Google”. Sampai-sampai saya pernah mendengar orang bilang, ”Andai saya cucunya  “Mbah  Google”, pasti saya bisa semua hal”. Hahaha bisa-bisa saja orang Wonorejo ini.

Baca Juga: [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.

Kok jadi membicarakan “Mbah Google”saatnya kembali ke pokok bahasan desa saya. Desa Wonorejo memiliki banyak potensi wisata. Kenapa?, karena wilayahnya sangat strategis dan sangat mudah dijangkau.
 

Jalan Ke Desa Wonorejo, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung


Jika kalian akan pergi ke Pantai Sine, Kalidawir, Jawa Timur pastilah kalian akan melewati desa saya ini. Desa saya dikelilingi oleh banyak areal persawahan bagai kasur hijau saat ditanami padi, KRPL warga-warga yang menyediakan sayuran segar tanpa pestisida, dan keramah-tamahan mereka saat menyambut tamu.
 
Suasana sore berwarna kuning tua, paparan sawah yang hijau, angin sepoi-sepoi jauh dari hiruk pikuk kendaran berlalu-lalang, dan duduk diatas sungai cocok sekali buat menambah ekspedisi foto-foto kalian didalam galeri smartphone pintar yang digenggam.
 
Desaku ini sangat cocok untuk bernostalgia jaman dulu. Kenapa?, karena suasana sejuk, jalannya masih alami, anak-anak bermain layangan disawah yang tidak kenal lelah, suara burung kicauan di pagi hari, suara orang menunggu sawahnya agar tidak dimakan burung, dan  sungai yang menambah keseruan, karena banyak ikan.
 
Suasana Desa Wonorejo-Sumbergempol
 
Suasana semua itu dapat ditemukan tepatnya di Dusun Bendilmuning, RT 3/RW 1 yang dipimpin oleh Bapak Muryoto. Sungai yang satu ini adalah sungai idaman para warga. Karena, saat ada kesepakatan satu RT untuk menyusutkan sungai, maka saat itulah para warga dan warga desa lain terjun mencari ikan sambil berteriak-teriak kesenangan bagai perlombaan saat Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus. Keren bukan?, tidak perlu menunggu 17 Agustus, kapan saja bisa jadi 17 Agustus.
 
Lain halnya dengan Dusun yang satu ini. Dusun Krandekan, RT 3/RW 2 menyediakan sayuran segar tanpa pestisida yang dapat menambah kesehatan tubuh. Orang bilang itu adalah sayuran organik, apalagi dengan perawatan oleh ibu-ibu rumah tangga penuh kasih sayang pastilah sedap.
 
Semua sayuran itu ditanam dipinggir-pinggir jalan sehingga mudah untuk melihat-lihat dan menambah keasrian jalan tersebut. Tidak hanya menjual sayuran siap di masak oleh para ibu-ibu, dusun ini juga menyediakan bibit buat ditanam sendiri dirumah. Harganya pun cukup murah dan terjangkau mulai Rp. 500,-  dibawahnya juga ada . jika penasaran ayo kesini dan cepat beli. Heheheh
 
Mata Pencaraian Desa Wonorejo-Sumbergempol
 
Sebagian besar desa saya ini bekerja sebagai petani, tidak luput Bapak dan Ibu saya. Hanya beberapa saja yang bekerja dibawah naungan instansi. Bahkan ada yang dari muda sampai tuanya menjadi petani, orang bilang itu petani “Kletuk”.
 
Meski kebanyakan mata pencaharianya sebagai petani, ekonomi mereka cukup tidak sampai terlantar meminta-minta. Bahkan jika ada, mereka malah mendapat makan dari para tetangga tanpa perlu suruhan. Keren bukan, toleransi sangat dibangun di desa saya ini. Desa saya ini orangnya ramah-ramah, asal tidak berlaku aneh-aneh tamu bagai raja yang tidak tinggal di istana. Jangan kaget jika saat bertamu disajikan teh  dampingan cemilanya singkong rambat rebus. Sedap, hangat, dan manis alami asal datangnya di pagi hari. Apalagi diambil dari hasil panen sendiri.
 
Desa Wonorejo salah satu desa unik diantara puluhan bahkan ribuan desa di Propinsi Jawa Timur. Hal ini unik, karena antara rumah satu dengan rumah lainya jaraknya sangat renggang. Bisa dilewati motor, sepedah, gledekan, dan kalau mobil sepertinya tidak bisa apalagi truk Fuso. Hehehe. Apalagi dipimpin kepala desa perempuan cantik lagi. Sudah cantik, cerdas, tegas, dan kalem membuat desa saya ini tentram. Yang mampu mengirimkan kekuatan sampai ke warga-warganya termasuk saya. Suatu hal yang patut disyukuri atas terciptanya alam desa tercinta ini.
 
Demikianlah setidaknya paparan mengenai Desa Wonorejo. Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Semoga dengan adanya artikel ini yang ditulis oleh Dewi Ulfayin dapat meningkatakan pengetahuan dan wawasan pembaca mengenai “Desa Wonorejo”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnaya;
  1. Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]
  2. Desa Saradan Kecamatan Pemalang dan Penjelasan yang Harus Kamu Pahami! 
  3. [Keren!] Pulau Tikus Bengkulu dan Kekayaan Lautnya, Wajib Kamu Kunjungi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Desa Wonorejo]- Sumbergempol dan Beberapa Fakta yang Harus Kau Baca!"

Posting Komentar