9+ Provinsi di Sumatra Terbaru dan Terlengkap

Provinsi di Sumatra


Pulau Sumatera adalah pulau yang paling besar kedua di Indonesia setelah pulau Kalimantan dan urutan keenam sebagai pulau terbesar yang ada di Dunia. Pulau Sumatera ini adalah sebuah pulau yang terletak di ujung barat Indonesia dengan luas wilayah yang dimiliki oleh pulau Sumatera ini adalah berkisar 473.481 km2. Dan jumlah penduduknya mencapai 52.210.926 jiwa. Hal ini dapat di ketahui berdasarkan hasil sensus yang telah di lakukan pada tahun 2010.
Baca Juga: Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!

Nama-Nama Provinsi di Sumatra


Dalam hal ini ada beberapa provinsi yang ada di dalam pulau Sumatera ini. diantaranya adalah Beberapa provinsi yang ada di pulau Sumatera sebagai berikut:


Dahulu daerah ini disebut juga dengan daerah istimewa namun nama ini sekarang sudah jarang sekali di gunakan ataupun sebagai nama panggilan dari daerah ini. Nangroe Aceh Darussalam ini terletak di bagian paling ujung pulau Sumatera dan juga merupakan sebagai daerah perbatasan dari Indonesia ke daerah Malaysia.

Dan Islam juga masuk pertama kali di daerah aceh. Ibukota dari provinsi Nangroe Aceh Darussalam ini adalah Banda Aceh. Dengan jumlah penduduknya adalah 4.500.000 penduduk dengan batas wilayah nya adalah di sebelah Utara dengan Teluk Benggala, dan di sebelah selatan adalah Sumatera Utara dan di sebelah Timur berbatasan dengan Selat Malaka dan sebelah Barat dengan Samudra Hindia.karena wilayah ini adalah sebagai wilayah pertama yang menyebarkan agama islam maka wilayah ini disebut juga dengan Serabi Mekkah.


Ibukota dari wilayah ini adalah Medan. Sumatera Utara adalah berada di sebelah Aceh. Provinsi ini adalah kota terbesar selain di Jakarta dan juga Surabaya. Sumatera Utara memiliki luas wilayah mencapai 72,981, 23 km2 yang telah dibagi kedalam empat bagian diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Bagaian Pesisir Timur

Pesisir Timur adalah bagian dari provinsi Sumatera Utara dan mengalami perkembangan yang memang begitu sangat pesat. Hal ini terjadi karena persyaratan dari insfrastruktur yang relatif lebih sangat lengkap dari pada wilayah lainnya tersebut. Negara bagian dari pesisir timur ini adalah wilayah yang relatif padat penduduknya dari wilayah lainnya.
  • Pegunungan Bukit Barisan

Wilayah yang ada penduduk yang ada dalam wilayah ini adalah penduduk yang paling padat. Di danau toba dan juga sungai samosir adalah memiliki penduduk yang paling padat untuk di sekita wilayah ini dan penduduk yang ada di sekitaranya menggantungkan hidup di Danau toba dan sungai samosir ini.
  • Dan Pesisir Barat

Wilayah pesisir barat adalah wilayah yang memiliki ukuran dengan cuckup sempit dan juga masyarakat yang ada di wilayah ini terdiri dari masyarakat batak, minangkabau, dan juga Aceh. Namun dari penelitian yang telah di lakuakan wilayah ini masuk kedalam penggunaan bahasa minangkabau.
  • Kepulauan Nias.

Pulau utara yang ada di dalam bagian dari sumatera utara adalah Pulau Nias. Kepulauan ini berada di pesisir barat Samudra Hindia dan juga merupakan pusat pemerintahan yang telah berada di Gunung Sitoli. Namun secara geografis juga provinsi Sumatera ini memiliki sebuah batasan – batasan di antaranya adalah sebelah utara berbatasan dengan provinsi Aceh dan juga berbatasan dengan selat malaka. Untuk disebelah selatan berbatasan dengan provinsi Riau dan disebelah sumtera barat dan juga Samudra Indonesia. sedangkan disebelah timur berbatasan dengan Selat Malaka.


Provinsi ini terletak di pertengahan pulau Sumatera. Yakni di sepanjang pesisir selatan. Luas wilayah yang dimiliki oleh daerah ini adalah mencapai 88,672,67 km2. Provinsi riau ini termasuk kedalam provinsi yang sangat kaya dengan hasil gas alam, minyak bumi, karet,kelapa sawit, dan juga perkebunan serat. Hal ini lah yang menjadikan provinsi Riau ini sangat istimewa dan juga daerah yang sangat terkenal.

Provinsi Riau ini adalah sebuah provinsi yang mempunyai Iklim tropis dan juga memiliki curah hujan dengan rata- rata hanya mencapai 2000 sampai dengan 3000 ml setiap tahunnya. Selama satu tahun provinsi ini mengalami hujan selama 160 hari.


Ibukota dari provinsi Sumatera Barat ini adalah Padang. Padang ini adalah sangat terkenal dengan makanannya yang memilki cri khas tersendiri. Perlu diketahui bahwa provinsi ini terletak di pesisir barat Sumatera bagian tengah dan juga terletak di lepas pantainya adalah Pulau Mentawai. Dan provinsi ini berbatasan dengan provinsi Sumtera Utara, Riau, Jambi, Dan Juga Bengkulu.

Luas wilayah yang dimiliki oleh provinsi ini adalah sekitar 42.297, 30 km2. Bentuk dari kenampakan alam yang ada di sebuah provinsi ini adalah daratan rendah dan perlu diketahui bahwa garis pantainya langsung bersentuhan dengan Samudra Hindia dan juga daratan tinggi vulkanik yang dibentuk oleh bukit barisan. Dan perlu diketahui bahwa mayoritas agama yang ada di provinsi ini adalah agama Islam.


Kepulauan Riau adalah daerah perbatasan yang memang berbatasan dengan negara Vietnam dan juga Kamboja untuk di sebelah utara. Dan untuk di sebelah timurnya berbatasan dengan Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat dan untuk di sebelah selatannya berbatasan dengan Bangka Belitung Dan Jambi sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Singapura, Malaysia, Dan Juga Riau.

Untuk ibukota di daerah kepulauan Riau ini adalah Tanjungpinang. Dengan luas wilayah provinsi ini mencapai 251.810 km2.


Ibukota dari provinsi ini adalah Jambi. Provinsi jambi ini terletak di pesisir timur di bagian tengah dari pulau Sumatera. Luas wilayah yang dimiliki oleh provinsi ini hingga mencapai 53.435 km2 dan memiliki ke 11 kabupaten dan kota jambi ini memiliki batasan– batasan wilayah diantaranya adalah di sebelah utara berbatasan dengan Riau, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan sebelah timur berbatasan dengan Selat Berhala dan di sebelah barat berbatasan dengan Sumatera Barat dan juga Bangko.


Perlu diketahui bahwa Provinsi Bengkulu ini terletak di sebelah barat daya di pulau Sumatera. Ibukota provinsi Bengkulu adalah Bengkulu. Provinsi Bengkulu ini sangat  terkenal dengan flora endemiknya yang langka dan terkenal di Dunia yaitu Raflesia Arnoldi. Namun untuk wilayahnya provinsi ini jauh lebih kecil dari provinsi yang lain.

Luas wilayahnya mencapai 19.788,70 km2. Untuk penduduk yang ada di wilayah ini adalah penduduk dari Melayau, Minangkabau, Lembak, Bengkulu, Rejang, Serawi, Etnis,Jawa dan masih banyak yang lainnya. Untuk provins bengkulu ini di sebelah utara berbatasan dengan Sumatera Barat, dan di sebelah Selatan berbatasan dengan Lampung, di sebelah timur berbatasan dengan Jambi dan juga Sumatera Selatan dan di sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia.


Ibukota dari provinsi Sumatera Selatan ini adalah Palembang. Provinsi Sumatera ini adalah provinsi yang memang sudah sangat terkenal dan juga berkembang sejak dahulu. Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki luas wilayah hingga mencapai 87,017,41 km2.

Dan daerah ini juga berbatasan dengan Jambi, Benkulu, Bangka Belitung Dan Juga Lampung. Perlu di ketahui bahwa provinsi ini adalah sebuah provinsi yang kaya akan minyak bumi, gas alam dan juga batu bara nya.

Secara georfis provinsi ini memiliki sebuah penampakan berupa pantai, rawa – rawa, dan juga pegunungan. Dan saat ada wisatawan yang berkunjung di temapat ini tempat yang di tuju adalah jembatan Ampera dan makanan yang paling di cari adalah empek – empek Palembangnya. Hal ini memang sudah menjadi ciri khas dari Provinsi Sumatera Selatan ini. selain itu tempat wisata lainnya adalah Sungai Musi, Pulau Kemari, Danau Ranau dan masih banyak tempat –tempat yang lainnya.

Provinsi Lampung

Lampung adalah provinsi yang terdapat paling selatan di Pulau Sumatera. Saat akan menyebrang di Pulau Jawa maka akan melewati lampung terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa lampung memiliki luas wilayah hingga mencapai 35.376.50 km2.

Lampung ini berbatasan langsung dengan Selat Sunda dan juga laut Jawa. Disebelah barat dan selatan provinsi lampung ini terdapat pantai dan juga bukit-bukit yang merupakan sambungan dari bukit barisan tersebut.

Dan di tengah tengah dari Provinsi Lampung ini adalah daratan rendah dan disebelah timur ke utara terdapat perairan yang sangat luas.

Demikianlah tulisan mengenai Nama Provinsi di Pulau Sumatra. Semoga dengan adanya tulisan ini semakin menambah wawasan dan juga menmabah pengetahuan pembaca mengenai daftar nama Provinsi di Sumatra. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ Provinsi di Sumatra Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar