32+ Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia [Nama & Alamat] Lengkap

Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia


Pesantren adalah sebuah lembaga Pendidikan yang memang telah ada dan juga terus berkembang di Indonesia ini. perlu diketahui bahwa awal berdirinya pondok pesanteren tersebut adalah sejak Agama islam telah masuk di Indonesia.
Baca Juga: Makam Papan Tinggi di Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara] Yang Harus Kamu Datangi!

Pesantren di Indonesia


Pada saat itu Agama Islam ini telah dibawa oleh para da’i, mubalig, dan juga wali bahkan dari luar negeri. Pondok pesantren adalah sebuah pendidikan yang memiliki sebuah kurikulum terbaik dan juga sebuah sistem terbaik selain mempelajari tentang ilmu akhirat pondok pesantren juga mempelajari tentang ilmu dunia.

Nama dan Alamat Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia


Dalam hal ini ada beberapa pondok pesantren terbaik yang ada di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pondok Pesantren Modern (GONTOR)

Pondok pesantren Modern Gontor adalah pondok pesantren yang berdiri pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur. Pondok pesantren Gotor adalah pondok pesantren yang telah di pelopor dan juga inovator pesantren modern. Dan dahulu bernama Ponpes Darussalam Gontor. Pondok pesanter ini didirikan oleh tiga putra dari Kiai Santoso Anom Basari.

Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Pondok pesantren ini adalah sebuah pondok pesantren yang telah didirikan oleh Sayyid Sulaiman yang berasal dari daerah Cirebon. Perlu diketahui bahwa pondok pesantren ini adalah sebuah pondok yang paling tua di Indonesia dan didirikan pada tahun 1745. Pondok pesantren ini berdiri dan bekerjasama dengan Kyai Aminullah.  

Pondok Pesantren Langitan (Tuban)

Pondok pesantren ini berdiri sejak tahun 1852 dan merupakan pondok yang tertua di Indonesia. dan perlu diketahui bahwa pondok pesantren ini bertempat di daerah Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban Jawa Timur. Pondok pesantren ini memiliki luas wilayah hingga mencapai 7 hektar. 

Pondok Pesantren Lirboyo (Kediri)

Pondok Pesantren Lirboyo adalah pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 1910 di Mojoroto, Kota Kediri Jawa Timur.  Lirboyo ini adalah sebuah kata yang di ambil dari nama sebuah desa dan di pondok inilah banyak didirikan sebuah pondok – pondok pesantren yang berkembang dan juga maju. 

Pondok Pesantren Tebuireng (Jombang)

Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren yang paling besar yang ada di daerah Jombang, Jawa Barat. Pondok Pesantren Tebuireng ini telah berdiri pada tahun 1899. Dan didirikan oleh salah satu ulama besar yaitu KH. Hasyim Asya’Arie yang merupakan sebagai sesosok orang yang memiliki karismatik yang tinggi dan juga merupakan sebagai seorang pendiri Organisai Ulama atau NU. 

Pondok Pesantren Al – Anwar Sarang

Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1967  oleh KH, Maimun Zubair dan terletak di Karangmangu Sarang Rembang Jawa Tengah. Pada zaman dahulu hanya sebuah kelompok pengajian yang di laksanakan di mushola, kemudian dibangunlah sebuah komplek A,B dan juga C. Sehingga dalam hal ini terbentuk lah sebuah pondok pesantren. 

Pondok Pesantren Latansa (Banten)

Pendiri dari pondok pesantren Latansa ini adalah Drs. K.H Ahmad Rifa’i Arief (ALMARHUM). Pada saat itu Drs. K.H Ahmad Rifa’i Arief adalah pemimpin dari pondok pesantren al-qolam yang teletak di Pasir Gintung Jayanti, tanggerang. Pondok pesantren Latansa ini terletak di Parakansantri, Cipanas,Lebak, Banten. 

Pondok Pesantren Daar El-Qolam (Banten) 

Pondok Pesantren Daar El-Qolam ini berdiri pada tanggal 20 Januari 1968 dan terletak di Desa Pasir Gintung Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tanggerang Banten. Dan didirikan oleh H.Qasad Mansyur dan Drs. K. H. Ahmad Rifa’i Arief. Kemudian Drs. K. H. Ahmad Rifa’i Arief ini meninggal pada 15 Juni 1997. 

Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin (Cilacap)

Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin ini berdiri sejak tanggal 24 November 1925 dan terletak di Desa Kesugihan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dan didirikan oleh K.H. Badawi Hanafi. Perlu diketahui bahwa Pondok pesantren ini sering disebut juga sebagai Pondok Pesantren Pesugihan. 

Pondok Pesantren Al Mukmin (Sukoharjo)

Pondok pesantren ini didirikan oleh enam serangkai yaitu pada tahun 1974. Pondok pesantren ini terletak di Ngruki Solo di Selatan terminal angkutan dalam kota Surakarta, nama terminalnya adalah terminal tipes yang merupakan berada di wilayah administrasi Desa Cemani Grogol Sukoharjo. 

Pondok pesantren Al- Fatah (Temboro)

Pondok pesantren Al- Fatah adalah sebuah pondok yang terletak di Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan Jawa Timur. Pondok pesantren ini terus tumuh dan berkembang begitu sangat pesat dan juga pondok ini terdapat sebuah bangunan yang tua dan juga bangunan yang permanen dan terutama untuk rumah – rumah para ustad yang ada di pondok ini. 

Pondok Pesantren Al- Khoirot (Malang)

Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren yang terletak Di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang Jawa Timur. Pondok pesantren ini berdiri sejak tahun 1963 dan didirikan oleh Syuhud Zayyadi. Dan perlu diketahui bahwa pesantren ini adalah pesantren yang paling muda di antara pesantren yang lain. 

Pondok Pesantren Buntet (Cirebon)

Pondok pesantren ini telah berdiri sejak tahun 1785. Dan pondok pesantren ini adalah pondok yang paling tua yang ada di Indonesia. pondok pesantren ini adalah pondok yang paling terkenal yang ada di pulau Jawa Barat dan merupakan merupakan salah satu pelopor pondok pesantren yang ada di Pondok Pesantren Jawa Barat lainnya, atau pondok pesantren yang ada di DKI Jakarta dan juga Banten. 

Pondok Pesantren Al Khairaat (Palu)

Pendiri pondok pesantren Al Khairaat adalah Habib Idrus bin Salim Al Jufri. Dan didirikan pada tahun 1963. Pondok pesantren ini terletak di daerah Sulawesi dan merupakan pondok pesantren yang paling populer di sini. Dan untuk pendidikannya sendiri telah ada TK, SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS, MA dan ada juga Universitas. 

Pondok Pesantren Musthafawiyah (Sumatera Utara)

Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren yang telah berdiri sejak tanggal 12 November 1912. Dan didirikan oleh Syeikh Musthafa bin Husein bin Umar Nasution AL- Mandaily. Pesantren ini terletak di Desa Tanabato, Kabupaten Mandaily Natal. Pondok pesantren ini dapat disebut juga sebagai Pesantren Purba Baru. 

Pondok Pesantren Nurul Jadid (Probolinggo)

Pondok pesantren ini adalah sebuah pondok yang didirikan oleh K.H. Zaini Munim yang telah didirikan pada tahun 1950. Pondok pesantren ini terletak di Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, Jawa Barat.

Pondok Pesantren Darunnajah (Jakarta) 

Pondok pesantren ini adalah sebuah pondok swasta yang berdiri sejak tahun 1942. Dan telah berdiri sejak tanggal 1 April 1974 dan telah didirikan oleh KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan temannya tersebut.

Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah (Kalimantan Selatan)

Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah ini berdiri sejak tanggal 13 Oktober 1922 dan telah didirikan oleh Tuan Guru K.H. Abdurrasyid yang merupakan alumni dari Universitas Al- Azhar Cairo sejak tahun 1912 sampai dengan 1922. 

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan (Lombok)

Pada tahun 1934 setelah tiba di lombok Muhamad Zainuddin Abdul Madjid mendirikan pondok pesantren ini dan kemudian pada tanggal 22 Agustus mendirikan Madrasah Nahdlatul Wathon Diniyah Islamiyah atau NWD dan untuk santrinya khusus untuk santri laki-laki. 

Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar (Madura)

Pada tahun 1787 didirikan pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar dan merupakan pondok pesantren yang paling tua yang ada di Indonesia. dan didirikan oleh KH. Itsbat bin Ishaq. 

Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas (Jombang)

Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren tertua dan juga terbesar yang ada di Jawa Timur. 

Pondok Pesantren darul ulum (Jombang)

Pada tahun 1885 M, podok pesantren ini didirikan oleh Kyai Haji Tamim Irsyad dan di bantu oleh menantunya. Awal terbentuknya pondok ini adalah kedatangan Kyai Haji Tamim Irsyad dari Bangkalan ke Madura. 

Pondok Pesantren Sunan Drajat (Lamongan)

Pondok pesantren ini berdiri pada tanggal 7 September 1977 di Desa Banjarwati Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Dan didirikan oleh KH. Abdul Ghofur. 

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’i Asembagus (Situbondo)

Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1914 oleh kiyai Syamsul Arifin. Pondok pesantren ini memiliki luas wilayah 11,9 hektar. 

Pondok Pesantren Ma’hadul Ulum Ash-Syar’iyyah (MUS)

Pada tahun 1850 ini lah mulai dibentuknya pondok pesantren ini dan terus berkembang seiring berkembangnya zaman. 

Pondok Pesantren Al Falah Ploso (Kediri)

Pondok pesantren ini adalah sebuah pondok yang memang sangat terkenal di kediri. Pada tahun 1 Januari 1925 KH.A.Djazul Usman mendirikan pondok pesantren ini.

Pondok Pesantren Al-Hikmah (Blora)

Pondok pesantren ini berdiri sejak tahun 1988. Yang pada awalnya hanya berdiri 3 kamar saja dan kemudian berkembang pesat menjadi sebuah pondok pesantren yang sangat maju. 

Perguruan Thawalib (Padang Panjang)

Sebuah pondok yang sangat berkembang dan juga menjadi terkenal pada saat ini sehingga memiliki banyak santri di pondok ini. 

Pondok Pesantren An-Nur 2 (Malang)

Dahulu hanya ada 9 orang saja yang tinggal di pondok ini namun sekarang telah banyak bahkan telah mencapai ribuan yang ada di pondok pesantren ini. Pondok pesantren ini terletak di Krebet Sanggrong, Bulu Lawang, Malang Jawa Timur. 

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum (Pati)

Pondok pesantren ini berdiri sangat megah dan juga mewah di desa Guyangan Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah dan didirikan pada tahun 1950.

Pondok Pesantren Pasuruan Sidogiri

Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren yang tertua yang ada di Indonesia. dan merupakan salah satu pondok yang terbaik yang ada di Indonesia

Pondok Pesantren Darussallamah di Lampung

Nama Pondok Pesantren terbaik dan tertu di Provinsi Lampung, Pulau Sumatra ini berada di Lampung Timur, yang memang Pesantren yang dipimpin oleh KH. Ahmad Sodiq ini telah banyak mengeluarkan alumni-alumni yang berkulitas, bahkan konon Presiden RI, yaitu Gus Dus pernah nyantri kilat di Pesantren ini.

Demikinalah tulisan mengenai Nama dan Alamat Pondok Pesantren Terbaik yang ada di Indonesia. Tentunya nama-nama ini masih terus bertambah setiap waktunya, karena Pondok Pesantren sendiri adalah Produk Pendidikan Asli, bagi Masyarakat Indonesia. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "32+ Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia [Nama & Alamat] Lengkap"

Posting Komentar