15+ Negara Termiskin di Dunia 2018 Terbaru dan Lengkap

Negara Termiskin di Dunia


Tulisan sebelumnya kami sudah membahas tentang negara terkaya di dunia, sekarang pada postingan kali ini mau bahas tentang negara termiskin di dunia yang mendominasi dari negara di Benua Afrika. Seperti diketahui negara Afrika terkenal dengan ketertinggalannya dan kemiskinannya yang menyebabkan benua ini menjadi benua dengan negara-negara termiskin di dunia.
Baca Juga: 15+ NEGARA Terkaya di Dunia 2018 dan Jumlah Pendapatannya Lengkap


Daftar Negara Termiskin di Dunia


Berikut inilah daftar mengenai Nama Negara-Negara Termiskin di Dunia, secara lengkapnya;

Republik Afrika Tengah

Negara yang dikenal sebagai kota seribu Bangui ini, kesejahteraan penduduknya masih tergantung oleh bantuan pemerintah luar negeri. Masalah kemiskinan,gizi buruk, kelaparan yang terjadi di negara ini menjadi persoalan utama yang di hadapi. Banyak nya penghasil panen menjual hasil panen nya ke luar negeri dan ini  menjadi salah satu faktor negara ini kekurangan pangan dan sumber daya lainnya.

Sekitar 5000 orang mati saat terjadi pemberontakan di tahun 2006. Kesejahteraan dan kesenjangan penduduknya masih sepenuhnya belum tercukupi meskipun kekayaan alam yang disuguhkan oleh alam setempat seharusnya cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk-penduduk yang ada di negara tersebut.

Malawi

Malawi adalah salah satu negara yang terletak di Afrika yang memiliki tingkat kesejahteraan yang rendah. Negara yang dikenal dengan sebutan nama Nyasaland sebelum negara ini merdeka ,memiliki pendapatan perkapita hanya 226 dolar AS atau sekitar Rp. 3juta di tahun 2016 dan 2017.

Lebih dari 55% penduduk yang berada di negara Malawi ini hidup di bawah garis kemiskinan. Ada lebih satu juta anak yatim piatu karena orangtua nya meninggal dunia akibat terserang penyakit HIV/AIDS.

Jadi, bisa dimungkinkan anak-anak yang terlahir normal sekalipun sudah mengidap penyakit HIV/AIDS sejak dalam kandungan dan memang sebagian besar penduduk di negara ini mengidap penyakit HIV/AIDS secara turun-temurun.  Bahkan Presiden Joyce Banda di tahun 2013 menjual 60 aset mobil kepresidenan dan aset-aset mewah lainnya untuk mengurangi tingkat kelaparan dan gizi buruk,namun usahanya tetap saja belum bisa mengurangi tingkat kelaparan dan gizi buruk yang ada di negara ini.

Keadaan seperti ini sangat miris sekali,ditambah masalah kesehatan yang melanda di negara ini yaitu ada sekitar 50 ribu orang hanya ditangani oleh satu orang dokter dan sekitar 30% anak-anak di Malawi tidak mengenyam pendidikan dasar  meskipun pemerintah sudah memberikan jaminan pendidikan gratis untuk warga nya.

Liberia

Negara yang mayoritas kulit hitam merupakan negara yang meyakini bahwa memiliki peluang hidup lebih baik di Afrika ketimbang Amerika Serikat,namun keyakinan itu tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Fakta nya negara ini masih saja dilanda kemiskinan ,kelaparan dan gizi buruk. Penyebabnya tidak lain karena disebabkan oleh pecah nya perang saudara Amerika pada 5 Februari 1862 . akibat nya 8%  dari populasi penduduk Liberia tewas.

Dampak lainnya yaitu merosotnya perekonomian Liberia hingga 90%. Hingga saat ini masalah kemiskinan,kelaparan dan gizi buruk masih saja belum terselesaikan, meskipun taraf perekonomian Liberia mulai merangkak tetapi 85% warga nya masih hidup di garis kemiskinan serta kesejahteraan warganya belum bisa terealisasikan. 

Madagaskar

Madagaskar merupakan negara yang bergantung pada sektor pertanian ,pertambangan,perikanan dan produksi pakaian. Meskipun begitu,negara ini masih hidup di bawah garis kemiskinan. Produk yang terkenal di Malagasky salah satu nya yaitu vanilla.

Vanilla memiliki nilai jual tinggi,namun disamping itu juga rempah vanilla membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk mendapatkan nilai jual yang cukup mahal. Maka dari itu, Malagasky hanya mampu menghasilkan sekitar $1 US per hari.

Kekayaan alam yang melimpah di negara ini masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Malagasky,di tambah maraknya korupsi yang terjadi serta pencurian dana bantuan dari luar negeri yang dilakukan oleh pemerintah Madagaskar sendiri dan juga banyaknya kolonialisme ekonomi dari bangsa Perancis yang menyebabkan ketergantungan penduduk Malagasky pada sumber daya alam seperti maraknya penebangan pohon yang tidak dapat menopang perekonomian dalam jangka panjang. inilah sebabnya negara ini disebut negara termiskin di dunia.

Guinea

Negara yang berada di belahan Afrika ini merupakan negara termiskin di dunia dengan sektor perekonomian yang di topang hanya dengan mengandalkan bantuan dari pemerintah luar negeri ditambah faktor lain yang di anggap sebagai penyebab miskinnya negara ini yaitu ketidakstabilan politik serta lambatnya perekonomian dari negara ini sendiri. Di tahun 2015 menunjukkan angka kurang dari US$1,400.

Keadaan ekonomi di negara ini di perparah oleh akibat epideminya virus Ebola yang menjangkit penduduk Guinea. Kemiskinan serta minimnya penanganan kesehatan dan juga bencana gizi buruk yang terjadi di negara ini makin menambah terpuruknya keadaan yang ada di negara ini.

Mozambik

Negara yang berada di belahan benua Afrika ini merupakan negara termiskin di dunia dengan pendapatan penduduknya pertahunnya di bawah rata-rata seperti negara- negara lainnya. Meskipun begitu, pemerintah mulai melakukan reformasi ekonomi makro yang di rancang untuk menstabilkan perekonomian di negara ini.

Namun meskipun begitu,penduduk di negara ini masih belum terbebaskan dalam jeratan kemiskinan dan bencana kelaparan.

Burundi

Burundi adalah negara kecil yang berada di kawasan Danau besar Afrika yang berbatasan langsung dengan Rwanda ,Tanzania dan Republik Demokratik Kongo. Burundi adalah negara yang berbentuk kerajaan selama lebih dari 200 tahun.

Meskipun sudah merdeka, Burundi tetap saja menjadi negara kerajaan dengan serangkaian kudeta dan pembunuhan serta  serangkaian partai politik akhirnya merubah negara ini menjadi negara republik. Karena kesibukannya akan perang saudara mengakibatkan negeri ini sibuk memikirkan pembangunan ekonomi dan akibatnya jumlah rata-rata perkapita yang diperoleh dari negara ini yaitu sebanyak 800 dolar AS setahunnya.

Jumlah yang minim belu  mampu mensejahterakan rakyat yang ada di Burundi , akhirnya bencana kelaparan,kemiskinan melanda di negeri ini. Semoga bisa terpecahkan ya min supaya tidak ada yang meninggal karena kelaparan.

Eritrea

Negara Eritrea adalah negara yang berada di benua Afrika Timur. Negara ini termasuk dalam negara termiskin di dunia dengan pendapatnnya pertahun sebesar US$676 atau Rp6 juta. Negara ini di huni oleh penduduk sekitar 4,9 juta jiwa dengan mengandalkan sektor perekonomian di bidang pertanian, seperti tembakau, sorgum,kapas dan tembakau, negara ini memiliki total PDB sekitar US$1,6 miliar. 

Meskipun begitu, negara ini masih terbilang negara termiskin di dunia karena pemerintah masih belum bisa mengatasi bencana kemiskinan dan kelaparan yang terjadi pada masyarakatnya.

Republik Demokratik Kongo

Negara yang merupakan salah satu bekas penjajahan Perancis masuk dalam kategori negara termiskin di dunia. Peperangan yang terjadi di negara ini secara berkepanjangan menyebabkan hancurnya perekonomian di Kongo.

Meskipun negara Kongo memiliki hasil kekayaan alam yang melimpah,perang dan ketidakstabilan ekonomi politik yang menjadi sebab macetnya ekonomi yang ada di negara ini dan alhasil pendapatan perkapita setiap hari nya hanya sebesar 800 dolar AS. Dengan pendapatan yang minim, negara ini menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

Somalia

Somalia adalah negara yang dulunya menjadi pusat perdagangan di jaman purba kala. Di jaman nya, somalia merupakan pusat terpenting dan beberapa kerajaan di somalia mendominasi perdagangan regional. Kini, Somalia yang memiliki penduduk sekitar 14 juta jiwa dengan pendapatan perkapita hanya 400 dolar AS tidak mampu menjadi negara yang menjadi pusat perdagangan lagi,dengan fakta ini Somalia masih terbilang negara termiskin di dunia.

Meskipun pemerintah Somalia mulai berbenah dan pemerintah nasional mulai terbentuk , namun tetap saja kemiskinan dan kelaparan akibat perang berkepanjangan belum bisa beranjak dari negeri ini. Masalah kesehatan yang terjadi setiap tahunnya serta bencana gizi buruk yang melanda menambah terpuruknya negeri ini.

Afghanistan

Afghanistan adalah negara islam yang terletak di jalur sutera yang menyebabkan negara Afghanistan telah mengalami ketidakstabilan kronis seperti dan konflik selama sejarah modern, dan membangun ekonomi dan infrastruktur dari reruntuhan, dan banyak dari rakyatnya pengungsi. Sejak jatuhnya pemerintahan Taliban pada 2001, penganut gerakan garis keras Islam telah kembali dikelompokkan. 

Sekarang kekuatan bangkit kembali, khususnya di wilayah selatan dan timur. Posisi Afghanistan strategis di sepanjang “Jalan Sutera” kuno (antara Timur Tengah, Asia Tengah dan anak benua India)  menyebabkan Afghanistan menjadi rebutan.

Tapi dunia luar akhirnya kehilangan minat setelah penarikan pasukan Soviet, sementara perang berkepanjangan sipil negara ini berlarut-larut. Dan menyebabkan rakyatnya ada dalam belenggu kemiskinan. Ekonomi Afghanistan didukung oleh industry obat.  Negara ini memasok lebih dari 90% dari opium dunia, bahan baku heroin.

Gambia 

Gambia merupakan negara terkecil di benua Afrika. Negara yang lebih banyak mengandalkan industri pertanian dan peternakan ini merupakan salah satu negara termiskin di dunia meskipun kekayaan alam yang melimpah, namun pemerintah masih saja kesulitan untuk mengatasi tingkat kemiskinan di negara ini. Pendapatan yang dihasilkan penduduknya hanya berkisar $ 488,60 per kapita.

Kemiskinan serta kelaparan dan juga bencana gizi buruk menambah terpuruknya negara ini serta kurang nya peran pemerintah dalam andil perekonomian di negara ini.

Zimbabwe 

Negara Zimbabwe meupakan negara bagian benua Afrika. Negara ini merupakan negara termiskin di dunia dengan tingkat pendapatannya pertahun sebesar US$365 atau Rp3,28 juta. Negara ini mengandalkan perekonomiannya di sektor pertanian seperti kapas, tembakau, dan pertambangan seperti emas, platinum dan industri kecil.

Perekonomian di negara ini sedang mengalami kekacauan dengan tingka inflasi yang tinggi terjadi pada tahun 2008 menyebabkan inflasi sebesar 11,2 juta persen. 

Tanzania 

Negara selanjutnya dari negara yang berada di Afrika Timur, berbatasan dengan Samudera Hindia, antara Kenya dan Mozambik. Jumlah penduduk di negara ini sebanyak 39.384.223 dengan pendapatan pertahunnya (PDB) sebesar $ 800 (2006 est). Negara ini berhasil merayu dalam donor dan investor dari negara lain,tidak seperti negara lain yang kontras dengan kemiskinan yang sebenarnya.

Tanzania hanya memiliki ekspor mineral dengan sistem pertanian yang masih primitif. Negara ini menjadi salah satu negara termiskin di dunia dengan tingkat kemiskinan dan kelaparan tertinggi di dunia.

Timor- Timur / Timor-Leste

Asia tenggara, barat laut Australia di Kepulauan Sunda Kecil di ujung timur kepulauan Indonesia. Timor-Timur termasuk bagian timur pulau Timor, Oecussi (Ambeno) wilayah di bagian barat laut pulau Timor, dan pulau-pulau Atauro dan pulau-pulau Jaco.

Populasi di negara ini sebanyak 1.084.971 dengan PDB per kapita  $ 800 (2005 est). Perekonomian di negara ini mengandalkan bantuan dari negara lain. Meskipun potensi alam yang di miliki oleh negara ini sangat menjanjikan,tetapi tetap saja negara ini belum bisa bangkit untuk  mengelola sepenuhnya potensi alam yang di miliki dan menyebabkan negara ini semakin terpuruk dengan kondisi nya.  Dengan begitu,negara ini menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

Demikinalah setidaknya tulisan mengenai Negara-Negara Termiskin di Dunia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca mengenai naga manasaja yang pada saat ini menjadi atau tergolong negara miskin. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15+ Negara Termiskin di Dunia 2018 Terbaru dan Lengkap"

Posting Komentar