16+ Gunung Tertinggi di Pulau Jawa terbaru dan Terlengkap

Gunung Tertinggi di Jawa


Telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki banyak sekali pegunungan. Indonesia yang memiliki beraneka ragam dari sabang sampai meroke. Telah kita ketaui bersama bahwa keindahan di Indonesia merupakan sebuah Pesona yang patut untuk dilestarikan. Hal ini menjadi sebuah hal yang menarik untuk para petualang untuk menjelajahi lingkungan. Di daerah jawa timur merupakan sebuh provinsi yang tidak asing di telinga kalangan para pendaki. Hal ini di karenakan gunung-gunung yang ada di jawa timur merupakan sebuah pegunungan yang sangat indah.
Baca Juga: Gunung Kemukus [Sragen-Jawa Tengah] dan 10 FAKTA yang Harus Kamu Baca!

Daftar Nama Gunung Tertinggid di Pulau Jawa


Gunung yang ada di jawa timur merupakan sebuah pegunungan yang cocok digunakan untuk pendakian, namun ada juga pegunungan yang dapat dikategorikan sebagai gunung yang aktif, seperti gunung berapi yang masih berbahaya. Pegunungan ini sangat lengkap untuk didaerah yang ada dijawa timur.

Perlu diketahui bahwa gunung tertinggi ada di pulau jawa tengah, sebelum mengetahui apa gunung ini terletak di bagaimana daerah jawa tengah ini sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:


Jawa tengah adalah sebuah provinsi yang terdapat dari 6 provinsi yang ada di pulau jawa salah satunya yaitu jawa tengah ini. Enam provinsi yang ada di pulau jawa ini adalah, Banten, DKI,Jawa Barat, Jawa Tengah, yang terletak dibagian tengah pulau jawa dan mempunyai luas 28,94% dari seluruh luas pulau jawa. Keindahan alam dan pesona alam yang ada dipulau ini memang sangat lah indah, sehingga dalam hal ini memang tidak heran apabila banyak orang yang berkunjung di provinsi ini. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa ada beberapa gunung tertinggi yang ada di pulau ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Slamet, ketinggiannya mencapai 3.428 mdpl.

Pulau ini merupakan pulau yang terletak di 5 kabupaten, yaitu kabupaten Purbalingga, Tegal, Pemalang, Banyumas Dan Brebes. Perlu diketahui bahwa gunung ini terletak di urutan pertam dan merupakan gunung tertinggi yang ada di pulau jawa ini puncak gunung ini memiliki ketinggian sampai 3.428 mdpl.

Jalan yang sulit untuk di daki tidak membuat para pendaki putus asa. Pendaki banyak sekali yang penasaran akan gunung ini sehingga banyak yang memilih tempat pendakian di gunung ini.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Sumbing, yang memiliki ketinggian hingga mencapai 3.371 mpdl.

Gunung ini teletak di 3 kabupaten, yaitu kabupaten Wonosobo, Magelang, dan juga kabupaten Temanggung. Ketinggiannya yang sampai mencapai 3.371 mpdl, sehingga gunung ini menjadi gunung kedua yang tertinggi di gunung ini.

Perlu diketahui bahwa gunung sumbing adalah gunung kembar yang sama dengan gunung sindoro. Maka dari itu banyak pendaki yang sering mendaki dua gunung ini. Apabila dilihat dari arah Temanggung, maka dapat dilihat bahwa jarak antara Sumbing dan Sindoro akan terlihat sebuah jalam utama yang menghubungkan kota Wonosobo dan kota Temanggung.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Lawu, yang memiliki ketinggian sampai 3.265 mpdl

Telah kita ketahui bersama bahwa Gunung Lawu adalah gunung yang masih aktif. Namun untuk saat ini gunung Lawu masih dikategorikan gunung yang tidak aktif atau masih istirahat, namun suatu saat nanti Gunung Lawu ini pasti akan aktif kembali.

Telah kita ketahui bersama bahwa Gunung Lawu ini pernah meletus pada tanggal 28 November 1885. Dan Gunung ini juga memiliki tiga puncak yaitu, Puncak Hargo Dumiling, Puncak Hargo Dalem, Dan Juga Puncak Hargo Dumilah.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Sindoro, yang memiliki ketinggian hingga mencapai 3.150 mdpl.

Gunung sindoro ini sering disebut juga dengan Gunung Sindara Atau Gunung Sundoro, Gunung Sindoro ini merupakan gunung yang memiliki status yang masih aktif. Didalam sepanjang Gunung Sindoro ini kamu akan menemukan berbagai macam kawah yang disertai dengan jurang kawah tersebut. Gunung ini juga pernah meletus dengan letusan yang masih kecil.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Merbabu, yang memiliki sebuah ketinggian 3.142 mpdl

Dalam hal ini gunug merbabu memiliki dua puncak, yaitu Puncak Syarif Dan Puncak Kenteng Songo yang memiliki ketinggian samapi 3.142 mpdl. Dalam hal ini kata merbabu diamabil dari dua kata yaitu Meru Dan Babu, Meru artinya gunung dan Babu artinya perempuan. Sehingga dapat di sambungkan menjadi gunung Merbabu yang artinya Gunung Perempuan yang cantik dan menawan. Gunung Merbabu merupakan sebuah gunung yang dapat dikatakan sebagai gunung yang sedang tidur, sebab Gunung ini dulunya adalah Gunung yang aktif dan sekarang gunung ini masih belum aktif lagi.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Berapi, yang memiliki sebuah ketinggian samapai mencapai 2.968 mpdl

Telah kita ketahui bersama bahwa Gunung Merapi adalah Gunung yang paling aktif yang ada di Indonesia. Dan gunung ini merupakan gunung yang paling berbahaya yang ada di Indonesia. Sekitar 5 tahun sekali gunung berapi ini sering mengalami erupsi. Gunung berapi ini sering mengalami letusan sejak tahun 1548, sudah meletus sebanyak 68 kali.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Prau yang memiliki ketinggian sampai mencapai 2.590 mpdl

Perlu diketahui bahawa banyak sekali orang yang salah mengira bahwa Gunung Prau ini merupakan Gunung Tangkuban Prahu, karena Gunung ini berasal dari kata Perahu. Namun dalam hal ini Gunung Prau ini teletak di dalam 5 kabupaten yaitu kabupaten Wonosobo, kabupaten Banjarnegara, kabupaten Batang, kabupaten Kendal, dan juga kabupaten Temanggung.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Rogojembangan yang memiliki ketinggian hingga mencapai 2.117 mpdl.

Gunung Rogojembangan merupakan Gunung yang telah berada dan berdiri gagah di sebuah perbatasan antara 2 kabupaten, yaitu kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Pekalongan. Dan untuk jalur pendakian yang dapat kalian pilih memiliki dua jalur, yaitu, yang berada dikecamatan W anayasa yang terletak di kabupaten Banjarnegara dan juga di kecamatan Petungkriono yang terletak di kabupaten Pekalongan. Namun untuk puncak Gunung ini tidak terlalu luas masih luasan daerah lapangan untuk futsal.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Ungaran

Nama Gunung adalah gunung ungaran yang terletak di dalam ketinggian hingga mencapai 2.050 mpdl, yang terletak di daerah kabupaten semarang. Dan memiliki sebuah jalur pendakian tiga tjalur tempat pendakian yaitu, Gedong Songo Semarang, Jimbaran Atau Sidomukti Dan Juga Medini Atau Promasan.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Telomoyo

Gunung ini memiliki ketinggian hingga mencapai 1894 mpdl dan juga memiliki jalur pendakian disebuah Desa Pandean, Desa Ngblak, Dan Juga Desa Magelang. Sehingga nama Gunung ini di beri nama dengan Gunung Telomoyo.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Muria

Nama Gunung ini adalah Gunung Muria, yang memiliki ketinggian hingga mencapai 1.602 mpdl, yang terletak disebuah kabupaten Jepara. Sehingga jalur pendakian ini adalah terdapat di daerah SEMLIRO kudus.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Rahtawu Gunung ini terletak disebuah kabupaten Jepara, Karena memiliki ketinggian 1.522 mpdl dan memiliki jalur pendakian disebuah daerah Rahwatu Kudus. Sehingga Gunung ini diberikan nama Gunung Rahtawu.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Simembut

Gunung ini teletak di kabupaten Purbalingga, yang memiliki sebuah ketinggian samapi mencapai 1.308 mpdl. Dan jalur pendakian berada di kabupaten Purbalinggo dan Pemalang, yang berada di daerah Jawa Tengah.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Joho

Jalur pendakian yang berada di Gunung Joho ini adalah berada di kabupaten Purbalingga, yang memiliki sebuah ketinggian hingga mencapai 1.303 mpdl. Sehingga gunung ini berikan nama Gunung Joho.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Kumbang.

Telah kita ketahui bersama bahwa jalur pendakian yang digunakan berada di kabupaten Cisere Dusun Salagading Brebes. Dan memiliki ketinggian 1.216 mpdl.

Gunung tertinggi yang ada di jawa tengah yaitu Gunung Kadaka

Gung tertingi yang ada di Provinsi Jawa Tengah selanjutnya adalah Gunung Kadaka yang letaknya ada di Provinsi Jawa Tenggah.

Demikinalah tulisan mengenai daftar Nama Gunung Tertinggi di Pulau Jawa. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan informasi dan manfaat kepada setiap pembaca sekalian yang saat ini sedang mencari Informasi Gunung Tertinggi. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16+ Gunung Tertinggi di Pulau Jawa terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar