6 Daerah Terpencil di Indonesia dalam “Pendidikan” Lengkap

Daerah Terpencil di Indonesia


Indonesia sebagai negara berkembang tentusaja masih memiliki semumlah permasalahan-permasalahan yang sangat signifikan, permasalahan yang dialami negara berkembang salah satunya adalah Pendidikan, termasuk juga di Indonesia dimana wilayah terpencil di Indonesia ini masih tergolong tertinggal pendidikannya. Dimana Daerah Terpencil di Indonesia?, berikut inilah jawabannya.
Baca Juga; 122 Daftar Daerah 3T di Indonesia

Daerah Terpencil di Indonesia


Dalam hal pendidikan, beberapa wilayah di Indonesia ini memiki ketertinggalan, yang utamanya berada di seluruh Pulau di Indonesia, baik Pulau Jawa ataupun Pulau Sumatra. Dan berikut inilah data terbaru mengenai daerah terpencil dan tertinggal di Indonesia.

Papua

Papua yang rencananya memiliki 4 Provinsi, dan sampai saat ini di sahkan menjadi dua Provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat menjadi sala satu daerah terpencil di Indonesia, daerah di Papua ini yang tergolong tertinggal adalah masalah pendidikan, dimana pendidikan disana masih kalah dengan pendidikan di wialayah Indonesia lain, bahkan untuk jumlah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dipapua masih sangat jarang keberadannya.

Nusa Tenggara Barat

NTB menjadi salah sau wilayah terpencil di Indonesia yang tertinggal dalam perkembangan pendidikan, dimana di NTB ini menjadi salah satu wilayah Indonesia Bagian Timur yang sampai saat ini sekitar 417.991 masyarakat di NTB mengelami masalah dalam pendidikan, yakni “Buta Aksara”

Nusa Tenggara Timur

Daerah terpencil di Indonesia yang selanjutnya masih berada di wilayah Nusa Tenggara, salah satunya adalah NTT yang sampai saat ini wilayah di NTT masih tertinggal pendidikannnya di Indonesia, bahkan sekitar 44,63 % guru yang ada di NTT masih ijazahnya SMA.

Provinsi Banten

Wilayah atau daerah terpencil selanjutnya yang pertama di Palau Jawa adalah wilayah yang ada di Banten. Wilayah ini memang masih baru terpisah dari Provinsi Jawa Barat dan merupakan daerah tertinggal pendidikannnya diantara Provinsi yang ad di Jawa. Ketertinggalan yang dialami Provinsi Banten salah satuanya beradasarkan data yang ada 90 % masyarakat Banten yang usainya 19 sampai dengan 24 Tahun tidak melanjutkan pendidikan karena keterbatasan dana.

Provinsi Aceh

Provinsi Aceh adalah salah satu Provinsi yang terus melakukan pembangunan, baik pembangunan infatruktur ataupun pembangunan lainnya. Akan tetapi Provinsi Paling Barat di Indonesia ini menajdi salah satu langganan daftar rapor merah yang pendidikan tertinggal dari wilayah-wilayah di Indonesia.

Provinsi Kalimatan Timur

Provinsi Kaltim adaah salah satu wialayah di Indonesia yang menggalami ketertinggalan dalam hal pendidikan, wilayah ini memang memiliki luas daerah yang lebih besar daripada Luas Daerah atau Provins di Pulau Kaliamantan, dan sampai saat inilahlah Wilayah Kaltim terus menerus melakukan pembangunan, utamanya dalam hal pendidikan.

Demikianlah setidaknya informasi mengenai Daerah Terpencil di Indonesia yang kami sorit dalam kualitas pendidannya. Semoga upaya pemerintah dalam membangunan wilayah di Indonesia yang tertinggal ini terus berhasil, salah satunya dengan adanya Program SM3T yang dibuka setiap tahunnya. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Daerah Terpencil di Indonesia dalam “Pendidikan” Lengkap "

Posting Komentar