5 Bencana Alam Tsunami yang Pernah Terjadi di Indonesia Lengkap

Bencana Alam Tsunami di Indonesia


Tsunami menjadi salah satu bencan yang mematikan di dunia, termasuk di Indonesia. Bencana ini alam tsunami ini bahkan sampai menelan ribuan nyawa manusia dan mampu memisahkan pulau sekalipun. Daerah-derah di Indonesia yang pernah mengalami bencana alam tsunami antara lain adalah wilayah yang dekat dengat pantai, dan juga karena alasan Indonesia diampil oleh dua lempeng besar di dunia. Dan berikut inilah Bencana Alam Tsunami yang Pernah Terjadi di Indonesia.
Baca Juga; 21 Wilayah Indonesia yang Rawan Bencana Tsunami

Bencana Alam Tsunami


Wilayah yang pernah mengalami bencana alam tsunami pada umumnya memiki rasa trauma tersendiri, meskipun begitu bencana tidak bisa untuk kita tentukan kapan waktunya akan terjadi.

Bencana Tsunami di Indonesia


Berikut inilah daerah-daerah yang pernah mengemai Benacan Alam Tsunami diantarnya sebagai berikut;

Bencana Alam di Daerah Aceh

Aceh menjadi salah satu wilayah yang pernah mengalami peristiwa tsunami, tapatnya pada tahun 2014. Perisitiwa itu bahkan menjadi salah satu catatan kelam yang ada di Aceh, Puluhan Ribu orang meninggal dunia dan perlu pembangunan kembali fasilitas serta kehidupan masyarakatnya selama 1 tahun kemudian.

Bahkan wilayah yang terkena bencana alam tsunami tidak hanya aceh, akan tetapi negara-negara lain, seperti Tahiland, India, Srilangka, dan juga negara Indonesia.

Bencana Tsunami Yang Memisakan Pulau Jawa dan Pulau Sumatra

Wilayah yang terkena bencana tsunami selanjutnya adalah wilayah yang ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Benacan Tsunami ini dalam catatan sejarah menjadi bencana alam yang paling besar di almi bangsa Indonesia, dan bahkan akibat tsunami inilah Pulau Jawa dan Pulau Sumatra terpisah dengan dataran Selat Sunda.

Peristiwa bencana alam tsunami ini terjadi pada tahun 1883 yang disebabkan meletusnya anak Gunung Krakatau.

Bencana Alam Tsunami di Jawa Tengah dan Jawa Barat

Bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia, tepatnya pada Tanggal 17 Juli 2006 adalah bencana tsunami di Jawa Tengah dan Jawa Barat yang mengakibatkan sekitar 550 Orang meninggal dunia, bencana alam tsunami ini sendiri berpusat di Pantai Pangandaran, Ciamis, dan juga Kabupaten Kebumen.

Bencana Alam Tsunami di Pesisir Sumatera

Salah satu bencana alam tsunami yang pernah dialami oleh Bangsa Indonesia adalah Bencana alam yang perneh terjadi di daerah pesisir Pulau Sumatra. Bencana alam ini telah hilang dari catatan sejarah berapa banyak jumlah yang meninggal, akan tetapi yang pasti bencana alam ini terjadi pada tanggal 25 November 1833 dengan gempa yang diakibatkan sekitar 9,  Sekala Liter (lebih besar dari bencana alam yang dialami oleh Provinsi Aceh.

Benacana Alam Akibat Letusan Gunung Samalas

Benacana alam yang pernah terjadi di Indonesia, khususnya adalah Tsunami adalah Bencana Alam terbesar yang pernah terjadi di Nusa Tenggara Berat, tepatnya pada Tahun 1257. Benacana ini diakibatkan karena letusan Gunung Samalas yang akhirnya sampai saat ini lahirlah Segara Anak.

Demikianlah setidaknya wawasan mengenai Bencana Alam Tsunami yang Pernah Terjadi di Daerah Indonesia. Semoga senantiasa dengan adanya hal ini menambah wawasan dan mawaspadaan para pembaca sekalian. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Bencana Alam Tsunami yang Pernah Terjadi di Indonesia Lengkap"

Posting Komentar