Nagari Kajai [Talamau-Pasaman Barat] Provinsi Sumatera Barat dan Fakta yang Harus Kamu Baca!

Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat


FaktaDaerah.Com- Nagari Kajai adalah salah satu daerah yang terletak di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Daerah ini dikelilingi oleh hutan dan tumbuhan yang masih asri. Sebagian besar  penduduknya bekerja sebagai petani. Selain itu di daerah ini terdapat fakta yang unik dan menarik untuk diketahui bagi pembaca.
Baca Juga: 22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!

Fakta Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat


Berikut ini beberapa hal yang menarik untuk ditehaui;
  1. Di nagari Kajai ini terdapat salah satu objek wisata yaitu aie sarosah (air sarosah) yang banyak dikunjungi sebagai tempat arena pemandian.
  2. Di daerah Nagari Kajai, Kecamatan Talamau juga terdapat salah satu kuburan orang terdahulu yang panjangnya melebihi kuburan pada umumnya, kuburan ini terletak di kampung Lubuak Panjang.
  3. Salah satu desa yang bernama Jembatan Panjang juga memiliki keunikan tersendiri. Di desa ini terdapat sungai yang memiliki warna air yang berbeda, sungai bagian kiri berwarna jernih karena berasal dari air pegunungan dan sungai yang bagian kanan berwarna kuning keruh berasal dari air perbukitan. Sungai ini umumnya dipakai penduduk untuk mandi dan mencuci pakaian.

Keunikan Nagari Kajai, Kecamatan Talamau


Dikalangan ibu-ibu rumah tangganya terdapat keunikan dari kebiasaan mereka menyiapkan masakan untuk keluarganya. Ibu – ibu di nagari ini pada umumnya hanya memasak enam hari dalam seminngu, khusus pada hari rabu, mereka tidak memasak makanan untuk sarapan pagi dan siang, mereka akan mulai menyiapkan makanan jika sudah pulang dari pasar tradisional untuk membeli kebutuhan bahan pokok sehari hari  dan anggota keluarga biasanya makan di warung seperti makanan tradisional lontong yang merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat dan anak anak sekolah menjadikan hari rabu ini sebagai hari yang berbeda dari hari biasanya karena uang jajan mereka lebih banyak. Remaja yang berusia 13 tahun ke atas yang putus sekolah akan pergi merantau dan mereka hanya pulang satu kali setahun pada hari lebaran saja.
 
Menikah di usia dini juga masih berlaku di nagari ini walaupun zaman sudah modern. Tradisi ini masih mendapat dukungan kuat dari masyarakat sekitar, karena mereka beranggapan lebih baik menikah di usia muda dari pada membuat hal yang memalukan keluarga. Nagari Talu yang terletak bersebelahan dengan nagari kajai juga memiliki objek wisata yaitu lobang jepang dan aie angek (air panas). Topografi daerah ini adalah perbukitan sehinnga sering terjadi longsor. Penduduk pada umumya juga bermataa pencarian sebagai petani khususnya padi.Ini menjadikan nagari Talu sebagai pusat penghasil beras di antara dua nagari ini.
 
Demikinalah tulisan mengai Keunikan Daerah Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Nali Arangka, semoga bermanfaat bagi segenap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. Pacu Jawi di Tanah Minang [Sumatra Barat] dan Faktanya!
  2. Kawa Daun Minuman Mewah Bagi Pribumi Minang [Suamatra Barat] di Zaman Kolonial
  3. Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan [7] Fakta Festival Pesta Budaya Tabuik yang Harus Kamu Baca!
  4. Danau Tarusan Kamang [Agam-Sumatra Barat] dan Fakta Menajubkan yang Harus Dibaca!

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Nagari Kajai [Talamau-Pasaman Barat] Provinsi Sumatera Barat dan Fakta yang Harus Kamu Baca!"

  1. Saya jadi tau sekarang tntng kampung tetangga. Terimakasih untuk artikelnya, bagus dan dapat memperkenalkan banyak sedikitnya keunikan yang dimiliki kampung kajai.

    BalasHapus