10+ FAKTA Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) yang Mengangumkan!

 Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat), Indonesia


FaktaDaerah.Com- Provinsi Nusa Tenggara Barat pada dasarnya menjadi postensi yang mengalami kemajuan pesat dibandingkan dengan Provinsi-Provinsi yang ada di Indonesia, kemajukan pesat yang dirasakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) salah satu yang menonjol adalah bidang wisatanya. Dan sesungguhnya ada banyak fakta menarik dari NTB.
Baca Juga: 10+ TEMPAT Wisata di Kabupaten Lombok Timur [NTB] yang Wajib Kamu Kunjungi!

 

Fakta-Fakta Nusa Tenggara Barat (NTB)


Berikut adalah sejumlah fakta mengenai Nusa Tenggara Barat (NTB);

Nusa Tenggara Barat (NTB) Dikenal Sebagai Suraganya Pantai di Indonesia


Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah keindahan pantainya yang mungkin ada sekitar 9 Pantai yang indah. Oleh karenanya jika ingin berlibur di daerah pantai, sangat cocok jikalau kamu mengunjungi Nusa Tenggara Barat.

Pantai Nihiwatu di NTB masuk 20 Besar Pantai Indah di Dunia


Fakta selanjutnya masih seputar pantai yang ada di wilayah ini. Salah satu pantai yang indah dan masuk dalam penilian dunia adalah Pantai Nihiwatu di Pulau Sumba yang ternyata pantai ini dinilai masuk 20 besar pantai paling indah didunia, mengalahkan pantai-pantai di negara lain.

Nusa Tenggara Barat (NTB) Pernah Mengalami Lestusan Gunung yang Dasyat


Mengenai Bencana alam di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dikenal dasyat dan lebih besar dari letusan gunung Tambora dan Krakatau adalah letusan Gunung Samalas, yang terjadi pada Tahun 1257. Letusan gunung ini pada akhirnya menjadi kaldera yang pada saat ini diberi nama Segara Anak

Nusa Tenggara Barat (NTB) Dikenal dengan Budaya Entubu


Soal budaya di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini juga perlu setidaknya dibahas lebih dalam, mengingat banyak budaya-budaya yng berkembang di wilayah ini, Salah satu kebudayaan yang baik dan dikenal memiliki unik adalah Budaya Entubu yakni tradisi yang dilakukan dengan adu kepala. Budaya ini berada di wilayah kecamatan Wawo.

Kabupaten Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB) Juga Memiliki Keunikan Tersendiri


Fakta lainnya mengenai wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB) ternjadi di Kabupaten Bima yang mana kabupaten ini terbagi atas dua wilayah yang berbeda dandipisahkan oleh Kabupaten Dompu, Provinsi NTB.

Nusa Tenggara Barat (NTB) Memiliki Agama Luhur yang Masih Lestari


Salah satu soal agama yang masih tersisa di Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah agama leluhur yang samapi saat ini masih lestari. Agama ini adalah Agama Marapu di Kabupaten Sumba, Agama Jingitiu di Sabu, ada Agama Halaik di Timor.

Ciuman Hidung Budaya Khas Masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB)


Budaya kehidupan yang unik di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini salah satunya mengenai Budaya Mencium Hidung. Dimana kebudayaan mencium hidung ini hanya terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan dalam beberapa sejarah yang ada Presiden Joko Widodo pernah kaget dengan budaya cium hidung ini.

Nusa Tenggara Barat (NTB) Memilki Taman Laut Terbaik di Dunia


Fakta selanjutnya adalah Taman laut, dimana untuk taman laut di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini dikenal sangatlah indah. Meski tak segencar promosinya seperti Raja Ampat, atau wilayah lainnya akan tetapi yang pasti taman laut di Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki 26 Titik Daving dan dikunjungi wisatawan mancanegara.

Nusa Tenggara Barat (NTB) Memiliki Mas Kawin yang Wah


Ada sejumlah mitos dan fakta ketika menikah dengan perempuan asli Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki maskawin yang wah. Artinya mas kawin ini diberikan guna member penghargaam kepada perempuan-perempuan Nusa Tenggara Barat (NTB). Baca: Nusa Tenggara Barat dan Adat Adat Nyongkolan dari Masa Ke Masa

Ibukota Nusa Tenggara Barat (NTB) Adalah Kota Mataram


Fakta selanjutnya mengenai Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah mengenai Ibukotanya, dimana Ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah Kota Mataram yang menjadi sentral pendidikan dan juga setral pemerintahan. Mataram bahkan memiliki kampus yang terkenal di Indonesia, kampus tersebut adalah Univeritas Mataram.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Menarik Nusa Tenggara Barat (NTB) semoga dengan adanya Fakta Provinsi yang ada di website ini bisa memberikan manfaat dan wawasan kepada setiap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga Fakta Daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) lainnya;
  1. 6 FAKTA Pulau Lombok [NTB] Yang Penting Untuk Dibaca!
  2. Kota Kupang [Nusa Tenggara Timur] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  3. Pantai Pink di Lombok [Nusa Tenggara Barat] dan Fakta Keindahan Alamnya!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10+ FAKTA Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) yang Mengangumkan!"

  1. Min, agama leluhur yang ditulis semuanya dari NTT, beda provinsi sama NTB

    BalasHapus