9+ Fakta Daerah Perbatasan di Indonesia yang Mengenaskan dan Membanggakan!

Fakta Daerah Perbatasan di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Indonesia adalah negara yang kaya raya, daerah-daerahnya terdiri dari pulau-pulau yang memiliki potensi besar untuk menjadi negara maju. Akan tetapi hal tersebut sangatlah disayangkan berbagai ketimpangan antara kota dan desa, khususnya ketipangan daerah berbatasan masih sangat terlihat begitu nyata. Misalnya saja daerah Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia, Singapura, atau negara-negara lainnya.

Daerah Perbatasan di Indonesia


Ada beberapa daerah yang berbatasan dengan Negara lain di Indonesia, yakni di Kalimantan Barat dan Malaysia, atau di Kota Batam dan Negara Singpura. Dua negara diatas menjadi negara yang begitu mengalami kemajuan yang sangat pesat. Lalu apa yang terjadi di berbagai daerah perbatasan di Indonesia. Berikut adalah ulasan mengenai Fakta Daerah Perbatasan di Indonesia;

Malam Yang Gelap Gulita Karena Belum Tersentuh PLN

Beberapa daerah perbatasan di Indonesia dengan Malaysia ada wilayah yang belum tersentuh oleh PLN. Kondisi inilah setidaknya menjadi perhatian bagi pemerintah Indonesia untuk terus melakukan pembangunan, khususnya di wilayah Perbatasan Malaysia dan Indonesia, yakni Kalimantan Barat atau Kaliamantan Utara.

Kondisi Jalan yang Masih Tidak Bagus

Kondisi jalan untuk menuju daerah perbatasan Indonesia dan Malayisa atau daerah Indonesia dengan Papua Nugunie masih belum adanya pemerataan jalan. Jalan menuju di daerah tersebut masih sepenuhya belum bisa diakatan bagus. Sederhannya adalah “Rusak”.

Susahnya Mendapatkan Jaringan Telphon

Fakta sebagian besar daerah-daerah perbatasan di Indonesia yakni susahnya mendapatkan jaringan telphon. Jaringan telhon diberbagai wilayah disana masih sangat susah diperoleh. Bahkan untuk sekedar menelphon pu harus pergi ke daerah perkotaan.

Rawan Terjadi Konflik Antar Suku

Kerawanan juga terlihat di berbagai daerah perbatasan Indonesia. Konflik antar suku masih mendominasi, tertutama hal ini dialami oleh daerah Indonesia yang berada di Timur atau Pulau Papua.

Potensi Sumber Daya Alam yang Belum Bisa Dirasakan

Potensi SDA (Sumber Daya Alam) di Indonesia memang banyak tersedia, akan tetapi sampai saat ini SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia belum sanggup memenuhi atau mengoptimalkan SDA yang ada, akhirnya berbagai daerah yang ada di perbatasan Indonesia banyak yang dimanfaatkan oleh asing, seperti contohnya adalah di Provinsi Papua yang memiliki Sumber Daya Alam berupa emas akan tetapi masih dikelola oleh perusahaan asing.

Mayoritas Masih GAPTEK (Gagap Teknologi)

Beberap fakta yang masih menjadi permasalahan mengnai daerah perbatasan Indonesia adalah banyaknya masyarakat yang Gaptek hal ini lantaran sumber pengetahuan disana terbatas, pendidikan yang terbatas, dan fasilitas yang kurang memenuhi.

Sulitnya Trasportasi

Masalah daerah perbatasan Indonesia yang belum terselesaikan sampai saat ini adalah masalah transportasi. Dimana masalah transportasi ini masih mendominasi dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Banyak wilayah-wilayah yang belum mengalami pembangunan, hingga akhirnya masyarakat yang ada di daerah perbatasan Indonesia merasakan akan sempitnya dunia.

Fakta Kota Batam Sebagai Daerah Perbatasan Indonesia

Satu-satunya daerah perbatasan di Indonesia yang sudah maju dan modern tentusaja ada, ia adalah Kota Batam yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah perbatasan ini memang lebih maju daripada daerah perbatasan Indonesia yang lainnya. Pasar dan usaha di daerah ini bahkan lebih maju dengan daerah yang ada di Pulau Sumtara.

Melihat adanya kondisi tersebut, khususnya daerah perbatasan Indonesia pemerintah pada saat ini tidak tinggal diam, meskipun usaha yang dialkukan belum sepurna akan tetapi pemerintah uah mulai sadar bagimana melakukan pembangunan di daerah-daerah perbatasan Indonesia. Misalnya dengan menyalurkan program tenaga pendidik, seperti SM3T dan program lainnya yang sudah mulai dijalankan.

Demikianlah setidaknya tulisan mengenai Fakta Daerah Perbatasan Indonesia. Semoga dengana danya tulisan ini dapat memebrikan wawasan dan juga dapat memberikan pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ Fakta Daerah Perbatasan di Indonesia yang Mengenaskan dan Membanggakan!"

Posting Komentar