Air Terjun Sampuran Betung Tempat Wisata di Barat yang Belum Banyak Diketahui!

Wisata Air Terjun Sampuran Betung di Desa Tinggiran Hilir, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat


FaktaDaerah.Com- Sampuran Betung merupakan air terjun objek wisata alami yang terletak di Desa Tinggiran Hilir, Jorong Serasah Betung, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Propinsi Sumatera Barat. Objek wisata ini belum dikenal oleh orang khalayak karena berada di daerah terpelosok dan akses ke lokasi yang begitu sulit.

Letak Wisata Air Terjun Sampuran Betung


Serasah betung berada kurang lebih 10 km dari pusat Kecamatan Sungai Aur dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi. Listrik PLN baru masuk ke daerah ini pada akhir tahun 2015, dan saat ini sedang dilakukan pembangunan jalan aspal, diharapkan dengan pembangunan jalan ini pemerintah daerah Pasaman Barat dapat mendukung objek wisata Sampuran Betung.
Objek Wisata Alam Sampuran Betung

Keindahan Air Terjun Sampuran Betung di Sumatra Barat


Air Terjun Sampuran Betung memang tidak terlalu tinggi, namun kejernihan air sungai dan pemandangan alam pepohonan disekitarnya menambah kesejukan saat kita berada di lokasi ini. Biasanya para pengunjung yang datang ke lokasi ini hanya masyarakat yang berada di sekitarnya, terutama para muda-mudi dan anak-anak yang berkunjung untuk sekedar menikmati pemandangan ataupun untuk mandi pada siang hari umumnya.
 
Air sungai denagan lebar kurang lebih 15 meter ini memang masih asri dan belum terkontaminasi, sehingga aman untuk dijadikan tempat mandi dan refreshing. Sampuran Betung juga kerap dijadikan sebagai tempat piknik keluarga, terlebih pada saat lebaran.
 
Para keluarga besar biasanya datang bergerombolan dengan membawa bekal lemang, dodol, kue lebaran dan tidak lupa pula membawa makanan berupa lauk untuk dipanggang di sana. Para keluarga akan melakukan makan bersama atau yang dikenal dengan istilah markela dalam bahasa mandailing yang merupakan bahasa daerah setempat.
 

Air Terjun Sampuran Betung Berhati-hatilah Saat Musim Hujan


Selain memiliki kelebihan tersendiri, wisata alam Sampuran Betung juga memiliki kekurangan, yaitu berbahaya saat musim hujan. Saat musim hujan air sungai akan meluap, dikhawatirkan akan berbahaya bagi pengunjung terlebih anak-anak. Namun sejauh ini, hal tersebut belum pernah terjadi, karena anak-anak yang berada di daerah ini sudah terbiasa dengan alam. Anak-anak biasanya akan sadar sendiri dan tidak pergi ke sungai saat musim hujan dan para orang tua selalu siap siaga mengingatkan anak-anaknya.
 

Ayo Berkunjung ke Air Terjun Sampuran Betung, Wisata Terbaru di Sumatra Barat


Objek wisata Sampuran Betung diharapkan mendapat respon positif dari pemerintah daerah agar bisa dijadikan sebagi objek wisata yang resmi terdaftar dan agar dapat dikenal oleh seluruh warga Pasaman Barat khususnya. Perbaikan akses jalan menuju lokasi juga perlu dilakukan, sehingga para pengunjung tidak merasa kesulitan. Adanya objek wisata Sampuran Betung diharapkan juga bisa mengenalkan daerah Serasah Betung yang masih tergolong terpelosok ke daerah luar.
 
Demikinalah tulisan mengenai Air Terjun Sampuran Betung Tempat Wisata di Barat yang Belum Banyak Diketahui! Yang ditulis dengan judul asli “Air Terjun Sampuran Betung Belum Terjamah Khalayak Ramai” adapun penulis dalam artikel ini adalah Gstia Mahendra. Semoga dapat bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mencari Tempat Wisata di Sumatra Barat. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Wisata dan Kesenian [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Ketahui!
  2. Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan Fakta Nasi Sala “Makanan Khas” yang Wajib Kamu Baca!
  3. Pacu Jawi di Tanah Minang [Sumatra Barat] dan Faktanya!
  4. Wisata Tebing Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Air Terjun Sampuran Betung Tempat Wisata di Barat yang Belum Banyak Diketahui!"

  1. semoga bisa lebih dikenal masyarakat pasbar

    BalasHapus
  2. Keren😍😍😍😍😍

    BalasHapus
  3. Keren dongen, cuma judulnya lebih baik dibuat jelas Pasaman nya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya tu risa,judul nya dr pihak panitia yg bikin sa wkwkkw harus nya pake pasaman ya

      Hapus
    2. Haha iya tu risa,judul nya dr pihak panitia yg bikin sa wkwkkw harus nya pake pasaman ya

      Hapus