7+ DAERAH Penghasil Kayu Sonokeling di Indonesia dan Dunia Lengkap

Daerah Penghasil Kayu Sonokeling


FaktaDaerah.Com- Kayu Sonokeling menjadi salah satu kayu yang mempunyai nilai lebih, bahkan banyak pihak menyebutkan bahwa kayu sonokeling ini tergolong menjadi kayu yang mewah. Karena siatnya yang kuat dan mudah untuk di ukur bentuknya, pemanfaatan kayu sonokeling biasanya seringakli dijumpai pada pengrajin atau crafter. Dan di Indonesia sendiri beberapa daerah menjadi penghasil kayu sonokeling.

Daerah Penghasil Kayu Sonokeling


Daerah yang menjadi penghasil kayu sonokeling di Indonesia pada umumnya berada di Pulau Jawa, daerah-daerah terbut antara lain adalah sebagai berikut;

Provinsi Jawa Tengah

Daerah penghasil kayu sonokeling pertama dan terbesar di Indonesia ada di Pulau Jawa, tepatnya berada di Provinsi Jawa Tengah. Kayu kayu sonokeling yang tumbuh di Jawa Tengah terdapat dalam hutan dengan tinggian mencapai 20 sampai batas maksimlany adalah 40 Meter.

Provinsi Jawa Timur

Daerah kedua yang menjadi penghasil kayu sonokeling adalah Jawa Timur. Kayu sonokeling di wilayah ini pada umumnya berada di Hutan Liar dengan ciri khas berwarna coklat dengan kolaborasi warna lembayung gelap.

Kabupaten Timur Tengah Utara

Penghasil jenis kayu sonokeling yang ada di Indonesia selanjutnya berada di Kabupaten TTU atau Kabupaten Timur Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wilayah penghasil jenis kayu ini juga masih berada di hutan belantara (hutan liar).

Daerah Penghasil Kayu Sonokeling di Dunia


Adapun untuk daerah dengan penghasil kayu sonokeling terbaik di dunia, juga umumnya berada Hutan Monsum yang berada di India, diantaranya daerah tersebut adalah sebagai berikut;
  • Karnataka
  • Daerah Kerala
  • Daerah Tamil Nadu
  • Provinsi Ghats Barat

Daerah Penghasil Kayu Sonokeling di Indonesia dan Dunia tersebut barangkali bisa menjadi salah satu referensi mengenai potensi kekayaan yang dimiliki Indonesia pada saat ini, apalagi jenis kayu sonokeling bernilai tinggi dan diinginkan oleh pasar internasional, seperti Negara Japan dan beberapa negara yang ada di Benua Eropa.

Demikianlah tulisan mengenai Daerah Penghasil Kayu Sonokeling. Semoga dengan adanya tulisan mengenai daerah ini bisa nembah wawasan dan juga pengetahuan pembaca, terutama yang sedang mencari refrensi mengenai “Kayu Sonokeling”. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ DAERAH Penghasil Kayu Sonokeling di Indonesia dan Dunia Lengkap"

Posting Komentar