10+ DAERAH Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia Lengkap


Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Daerah-daerah di Indonesia ini pada dasarnya memiliki berbagai jenis Sumber Daya Alam (SDM) yang sangat melipah, baik di daerah kabupaten ataupun di provinsi. Banyak hal yang perlu kita ketahui tentang daerah-daerah di Indonesia ini, salah satunya adalah tentang Daerah Penghasil Tembaga terbesar di Indonesia.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Tembaga


Pengertian tembaga dalam bahasa Latin dikenal dengan “Cuprum” adalah suatu benda yang mampu dengan cepat menghantarkan panas, yang sifatnya adalah halus, lunak, permukaan berwarna jingga kemerahan. Fungsi tembaga ini salah satunya jikalau dicampurkan dengan timah dapat membuat perunggu yang memiliki nilai guna lebih besar.

Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia


Adapun untuk wilayah di Indonesia yang menghasilkan tembaga terbesar adalah wilayah di Provinsi Jawa Barat, tepatnya di wilayah Cikotok. Untuk daerah lain yang menghasilkan tembaga terbesar di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut;

Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia
  1. Kabupaten Mandailing Natal yang berada di Provinsi Sumatera Utara.
  2. Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.
  3. Daerah Sumbawa Barat yang ada di Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat)
  4. Daerah Katingan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.
  5. Provinsi Sulawesi Tengah.
  6. Daerah Toli Toli yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah.
  7. Daerah Bone yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan.
  8. Daerah Tembagapura yang ada di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.
  9. Provinsi Jambi


Data mengenai Daerah Penghasil Tembaga ini diambil dari Kementrian ESDM, khususnya yang berada di bidang energi dan sumberdaya mineral selai itu juga data mengenai Daerah Penghasil Tembaga ini diambil dari BPS (Badan Pusat Statistik) yang terus menerus mengeluarkan data-data kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia secara berkala dan di perbaharui.

Semoga dengan adanya Info Daerah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan pembaca dalam mengenai wilayah-wilayah di NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "10+ DAERAH Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia Lengkap"