10 Tempat Wisata di Gresik [Jawa Timur] Yang Harus Kamu Kunjungi!


Wisata di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Gresik adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten ini dipimpin oleh Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto. ST., M.Si sebagai Bupati dan Drs. H. Moh. Qosim. M.Si sebagai Wakil Bupati. Pada dasarnya Kabupaten ini sangatlah indah, karena banyak memiliki potensi tempat wisata wisata nya yang bergaam, kuliner yang lezat, serta penduduknya yang ramah.
Baca Juga: Pulau Bawean [Gresik-Jawa Timur] dan 15 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Tempat Wisata di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur


Walaupun banyak yang beranggapan Malang dan Surabaya adalah destinasi wisata yang paling sering dikunjungi di Jawa Timur, namun wisata di Kabupaten Gresik juga tak kalah indahnya dengan wisata Malang dan Surabaya. Tentunya anda pasti familiar dengan “Semen Gresik” bukan? Kota ini adalah tempat berdirinya perusahaan semen pertama di Indonesia. Wisata di Kabupaten Gresik bisa dikatakan sangat lengkap, sehingga Kabupaten Gresik dijuluki sebagai kota santri, kota sejuta pariwisata, kota kesehatan, kota edukasi sampai kota yang menerapkan modern agrarism.

10 Wisata di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur


Jika anda berkunjung ke Kabupaten Gresik maka dijamin tidak akan merasa kecewa dan akan merasa senang dan ingin kembali lagi ke Kabupaten Gresik. Berikut beberapa potensi wisata yang ada di Kabupaten Gresik yang wajib dikunjungi :

Pulau Bawean di Gresik, Provinsi Jawa Timur


Di Gresik terdapat beberapa pulau yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah Pulau Bawean. Pulau Bawean adalah pulau kecil yang berada di sisi utara pulau Jawa. Di Pulau Bawean terdapat suaka margasatwa dan suaka alam. Pulau Bawean adalah salah satu wisata bahari yang sangat indah dan bisa disebut second Bali’s island karena terdapat pantai yang mempesona dan masih perawan, sepi, serta bersih. Pantai di Pulau Bawean ini aman untuk berenang, atau hanya sekedar snorkeling hingga diving. Disini juga terdapat Air Terjun Laccar, Danau Kastoba, Gili Noko dan jika anda beruntung, anda bisa bertemu dengan rusa Bawean yakni rusa Axis Kuhli.

Tempat Wisata Gili Noko di Gresik

Jika anda ingin snorkeling atau diving, maka tempat wisata di Kabupaten Gresik ini adalah pilihan yang tepat. Gili Noko yang berpasir putih ini adalah pulau yang tak berpenghuni, walaupun luasnya hanya 1 km, namun Gili Noko ini tetap indah karena dikelilingi oleh bunga karang yang indah.

Air Terjun Laccar/Curug Laccar di Gresik, Provinsi Jawa Timur

Pulau Bawean memang wisata yang tergolong lengkap, bahkan ada curug (air terjun) juga. Curug Laccar adalah wisata ekstrim yang cocok untuk anda yang memiliki jiwa petualang. Anda harus berjalan kaki sejauh 1 km, dengan menyusuri jalan setapak dan sungai berbatu. Namun rasa lelah anda akan terbayar dengan pemandangan alam dan kesegaran air dari Curug Laccar.

Pantai Kuburan Panjang di Gresik

Pantai ini unik karena terdapat kuburan panjang yang konon katanya adalah kuburan dari para pengawal Aji Saka. Karena itu kuburan ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Keunikan lainnya adalah terdapat dua sisi pantai terpisah daratan di pantai ini. Satu sisi memiliki ombak yang tenang, sisi lainnya dengan ombak kencang. Pemandangan sunset dan sunrise disini juga bagus. Dan biasanya pantai kuburan panjang sering dikunjungi oleh remaja.

Goa Gelang Agung di Gresik, Provinsi Jawa Timur


Nama goa ini diambil dari bentuknya yang mirip dengan sebuah gelang besar. Disini anda akan melihat pemandangan Stalagtit dan Stalagmit di sepanjang 4 km dari gua ini. Goa Gelang Agung mempunyai ruangan yang konon katanya pernah digunakan sebagai tempat bertapa dan tempat persembunyian.

Gunung Surowiti di Gresik


Tempat ini pernah menjadi petilasan pertapaan Sunan Kalijaga. Gunung Surowiti dihuni oleh 200 kepala keluarga. Bukit terjal dengan ketinggian 260 mdpl ini menghadirkan suasana pedesaan yang sejuk dengan udara yang segar. Anda bisa melihat hamparan hijaunya alam dan juga sawah.
Bukit Jamur di Gresik, Jawa Timur

Ingin mengunjungi tempat dimana anda serasa di dunia lain? Wisata Gresik Bukit Jamur adalah jawabannya. Disini anda akan melihat pemandangan jamur yang besar-besar. Dulunya kawasan bukit jamur adalah bekas galian yang sudah tidak dipakai lagi. Karena adanya proses erosi akibat air hujan, terbentuklah gundukan-gundukan dari batu besar yang menyerupai jamur. Lokasi Bukit Jamur hanya berjarak sekitar 6 sampai 7 km dari Gunung Kapur Sekapuk.

Makam Sunan Gresik


Sebenarnya makan Sunan Maulana Malik Ibrahim ini ada beberapa, salah duanya berada di Gresik dan Cirebon. Bagaimana bisa seseorang mempunyai 2 makam bahkan lebih? Mungkin karena Sunan Maulana Malik Ibrahim atau sering disebut dengan Sunan Gresik adalah salah satu dari beberapa orang yang berhasil menyebarkan agama islam di daerah Jawa yang pertama saat masa Kerajaan Majapahit. Mungkin adanya beberapa makam beliau merupakan sebuah bukti dan pengaruh beliau yang menyebar luas di tanah Jawa.

Makam Sunan Giri di Gresik, Provinsi Jawa Timur


Gresik memang tempat yang mempunyai wisata yang lengkap. Anda bisa juga melakukan wisata religi disini. Selain mengunjungi makam Sunan Gresik, anda bisa mengunjungi makam Sunan Giri Gresik yang berada di desa Giri, kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Untuk mencapai makam Sunan Giri Gresik ada 3 jalan yaitu dari arah masjid Sunan Giri, dari arah melewati patung naga yang makam Sunan Prapen, dan dari undakan tengah yang yang berada di gapura Candi Bentar dan besar.
Kota Lama Gresik di Gresik

Wisata di kota Gresik juga mempunyai wisata bersejarah yaitu Kota Lama Gresik yang harus kamu kunjungi. Saat anda mengunjungi Kota Lama Gresik, anda akan serasa dilempar ke masa lalu yaitu di jaman Hindia Belanda sedang berkuasa. Arsitektur dari bangunan-bangunan di Kota Lama Gresik ini memang merupakan arsitektur klasik yang rapi ala Eropa. Kota Lama Gresik merupakan ikon wisata Kota Gresik.

Beberapa bangunan indah disini antara lain masjid jami’, garling, pos pelabuhan dan gedung parlemen. Jika anda menyukai hal-hal yang berbau sejarah, maka berkunjung ke Kota Lama Gresik merupakan destinasi yang cocok karena anda juga bisa menambah wawasan sejarah Gresik.

Dari beberapa contoh destinasi tersebut, bisa dikatakan Negara Indonesia memiliki berjuta warisan budaya dan pariwisata yang wajib diketahui dan dilestarikan dan beberapa diantaranya berada di Kabupaten Gresik. Jadi sebagai generasi muda penerus Bangsa Indonesia, kita harus bangga dan selalu menghormati segala hal yang merupakan ciri khas dari Negara Indonesia, karena Negara Indonesia adalah negara yang kaya.

Demikinalah tulisan mengenai 10 Tempat Wisata di Gresik [Jawa Timur] Yang Harus Kamu Kunjungi!. Yang ditulis oleh Deby Salsabila Maulidia Aji. warga asli Desa Mojowuku , Kedamean , Gresik, Jawa Timur dan dilahirkan dan dibesarkan di Kabupaten Gresik yang memiliki luas 1.191,25 m². Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  2. 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  3. 9 Fakta Daerah Surabaya [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 Tempat Wisata di Gresik [Jawa Timur] Yang Harus Kamu Kunjungi!"