4 Fakta Wisata di Tanjung Balai Sumatera Utara yang Harus Kamu Coba

Wisata di Tanjung Balai Sumatera Utara

Tanjung Balai adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara.Tergolong dalam wilayah pesisir, kota ini menjadi salah satu penghasil sumber daya kelautan yang besar. Julukan yang sering diberikan pada kota ini adalah “Tanjung Balai si Kota Kerang” sebab, dahulunya kota ini menghasilkan kerang dalam jumlah yang besar. Beberapa bangunan yang ada di kota tanjung Balai, memiliki atap yang berbentuk cangkang kerang.

Kota ini juga dinobatkan sebagai kota kecil yang bersih. Meski tergolong kota yang kecil dan jarang terekspose di media, kota ini menyimpan banyak potensi atau fakta wisata serta keeksotisannya yang bisa menjadi penarik untuk berkunjung.
Baca Juga: Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!

Wisata di Kota Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Kota Tanjung Balai;

Jembatan Tabayang (Jembatan Terpanjang di Sumatera Utara)

Jembatan terpanjang di Provinsi Sumatera Utara, ada di kota ini. Jembatan ini memiliki panjang 600 m dan diberi nama jembatan Tabayang. Ada yang menyebut kepanjangannya ialah “Tanjung Balai Sei Kepayang”. Bukan tanpa alasan, jembatan ini menghubungkan dua daerah yang dulunya terpisah oleh sungai Asahan, yaitu kota Tanjung Balai dan Sei Kepayang. Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa asal nama “Tabayang” berasal dari bahasa yang sering dipakai di Kota Tanjung Balai yang memiliki makna “terbayang”.

Ketika anda berkunjung ke Kota Tanjung Balai serta menyempatkan diri berkunjung ke jembatan ini, maka anda akan selalu terbayang dengan suasana yang dirasakan ketika ada disana. Panorama keindahan selalu tampak, saat kita memandang diatas jembatan ini. Terlebih saat malam hari, jembatan ini menyuguhkan panorama indah. Pantulan sinar lampu di sekeliling sungai Asahan akan terlihat mempesona dan menenangkan.
 

Lapangan Pasir di Tanjung Balai

Bagi masyarakat Kota Tanjung Balai, lapangan pasir bukan merupakan hal yang asing lagi. Lapangan yang cukup luas dengan hamparan pasirnya ini merupakan pusat keramaian di Kota Tanjung Balai. Berbagai acara besar yang diadakan di Kota Tanjung Balai, sering berlokasi di tempat ini. Di tempat ini kita juga bisa bersantai serta menjajal kuliner yang tersedia di food court yang telah disediakan. Berbaga wahana permainan anak, jajanan tradisional sudah lengkap disini.

Tidak ketingggalan, daya tarik terbesar di lapangan ini adalah bangunan podium ber-relief dengan atap cangkang kerang raksasa. Hal ini turut membuktikan sejarah bahwa Tanjung Balai memiliki ikon kota yaitu Kota Kerang. Pada malam hari, suasana yang tersaji di lapangan ini sangat memanjakan mata, bagaimana tidak, hiasan lampu di hamparan pasirnya menjadikan suasana menjadi indah.
 

Sungai Asahan di Tanjung Balai, Sumatra Utara

Selain punya jembatan terpanjang, Tanjung Balai juga punys sungai terpanjang di Sumatera Utara. Namanya adalah sungai Asahan. Sungai yang ini melintasi 5 kabupaten ini kerap kali dijadikan ikon kota tanjung balai.Berbagai aktivitas seru dan menantang bisa kita lakukan di sungai ini. Seperti memancing, arung jeram, menaiki perahu sambil menyaksikan keindahan di tepian sungai dan lain sebagainya.
 

Pulau Beswesen di Kota Tanjung Balai, Sumatra Utara

Satu lagi spot yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Kota Tanjung Balai adalah pulau Beswesen. Pulau yang telah diresmikan sebagai tempat wisata ini menyimpan sejuta panorama dan  memiliki luas sekitar 22 hektar.

Dengan adanya objek wisata yang baru dibuka ini, diharapkan dapat menambah pemasukan serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar di Kota Tanjung Balai. Selain itu, panorama sunset di sore hari bisa kita nikmati disini.

Demikinalah tulisan mengenai Tanjung Balai [Sumatera Utara] dan 4 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!. Adapun penulis dalam artikel ini sendiri adalah Budi Rahmah Panjaitan yang saat ini menjadi Mahasiswi Universitas Negeri Medan. Judul asli dalam tulisannya ialah "Pesona Tanjung Balai Si Kota Kerang (Kota Kecil Eksotis)".

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "4 Fakta Wisata di Tanjung Balai Sumatera Utara yang Harus Kamu Coba"