Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!

5 Fakta yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Indonesia, adalah negara kepulauan, dengan beribu-ribu pulau di dalamnya. Potensi-potensi yang dimilikinya ternyata terdapat sumbangsih yang begitu besar dari sebuah provinsi yang termasuk di dalamnya.

Sumut, singkatan dari Sumatera Utara, merupakan salah satu dari sekian provinsi yang ada di Indonesia. Ketika mendengar nama ini, sontak orang-orang akan terhubung ke Medan, Danau Toba, Pulau Samosir, Gunung Sinabung, Kopi Sidikalang dan kemultikulturalan. Bahkan kota Medan, yang merupakan bagian dari sumut, dijuluki sebagai miniatur indonesia dan kota terbesar ketiga di Indonesia.

Potensi Sumatera Utara


Sumut ini memiliki begitu besar potensi-potensi, baik itu SDA nya, juga destinasi wisatanya. Tak heran, Indonesia juga mendapat pendapatan sekitar 4,19 triliun dari RAPBD-P 2016 Sumut.

Potensi Kopi Sidikalang di Sumatera Utara


Salah satu potensi besar SDA Sumut adalah kopi. Biji kopi Sidikalang sudah terkenal sejagad nusantara karena cita rasa yang ditawarkannya memenangkan lidah para penikmat kopi. Banyak produk bubuk kopi maupun biji kopi yang sudah dihasilkan perkebunan sumatera utara ini. Seperti UD Segar Harum di Kota Binjai, yang mengelola kopi Sidikalang menjadi berbagai produk unggulan.
Potensi Penghasil Minyak Sawit di Sumatera Utara
          
Provinsi yang tropik dengan ladang sawit inipun juga merupakan tempat perindustrian besar untuk minyak goreng. Selain itu, berbagai produk kosmetik, sabun, shampoo, detergen, pasta gigi, bahkan makanan juga diproduksi disini.

Keunikan di Sumatera Utara


Berastagi, kota dingin dengan sejuta sayuran dan buah-buahan yang hidup. Lihatlah keunikan sumut, ada kota industri, juga ada kota penyegaran. Berastagi dikenal karena buah-buahan dan sayur-sayur segarnya yang digunakan sebagai pemasok pasar juga diekspor ke mancanegara. Termasuk susu segar pasteurisasi ala Gundaling Farm yang dapat dijumpai di Berastagi Supermarket. Selain menikmatinya, kita juga dapat melihat langsung produksi susu dan berkeliling melihat sapi-sapi peranakan Australia yang menghasilkan susu segar tersebut. Tak jauh kemudian, kita dapat menjumpai Kota Kabanjahe yang terkenal dengan cabai merah yang pedas dan kecil-kecil, sesuai dengan rasa-rasa masakan melayu dan padang.

Pesona Wisata Danau di Sumatera Utara


Tibalah saatnya mata kita mendapat penyegaran begitu luar biasa dari pesona Danau Toba. Air yang biru hijau bersih, benar-benar mempesona mata yang memandang. Ditambah pohon-pohon hijau segar yang mengelilingi pinggiran danau menambah estetika danau ini. Tak heran begitu banyak yang berkali-kaki datang kesana tanpa merasa bosan sama sekali. Ada juga Danau Linting di daerah Deli Serdang yang memiliki batu-batu cadas di sekelilingnya. Beranjak dari pemandangan eksotis Danau Toba, berjajaklah bermacam-macam jenis kuliner dan souvenir khas Pulau Samosir. Berbagai jenis masakan khas Batak Toba pun dapat kita jumpai disana.
 

Air Terjun Dua Warna di Sumatera Utara


Tak pelak itu saja, ada air terjun dua warna, yakni warna biru dan hijau yang sangat eksotis. Warna biru cerah berhawa dingin dan hijau berhawa hangat. Nah jika ingin mendaki gunung, jangan lupa kunjungi Gunung Sibayak, di puncak gunung juga terdapat kawah yang landai. Ada juuga air terjun Sipiso-piso yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dan bagi yang tertantang dengan ombak-ombak besar, tak ada salahnya menjelajahi Pulau Nias yang terletak di Samudra Hindia. Juga atraksi para pemuda-pemuda Nias yang sanggup melompati dinding setinggi 2 meter dengan gampangnya.
 

Dinasti Wisata yang Manarik di Sumatera Utara


Di Sumut, selain destinasi wisatanya yang beragam dan menarik, terdapat sebuah hal yang membuat bibir kita tersenyum, harmonisasi budaya. Suku Batak, Melayu, Padang, Aceh, Jawa, India, Tionghoa dapat hidup berdampingan dan bekerjasama. Suku Aceh yang terkenal dengan kedai-kedai grosirnya, suku tionghoa yang terkenal dengan bisnis makanan maupun pakaiannya, suku India yang terkenal dengan usaha tekstil dan makanannya, suku minang, melayu dan padang yang terkenal dengan rumah makannya mampu ditoleransi dengan baik oleh penduduk sumut. Bahkan tempat-tempat ibadah yang mewakili masing-masing agama juga menjadi destinasi wisata dan pusat perhatian
 
Contohnya Taman Lumbini yang sangat terkenal karena besarnya taman ini dengan tata ruang yang indah sekali, beserta Vihara besar Sang Buddha mewakili agama Buddha. Masjid Raya yang terkenal sebagai ikon kota Medan mewakili agama Islam. Annai Velangkani, gereja unik karena berarsitektur kuil India ini mewakili agama Kristen. Shri Mariamman yang megah dan begitu indah ukiran-ukirannya juga mewakili agama Hindu. Bukan terjadi sementara, namun sudah berpuluh tahun lamanya. Inilah toleransi yang sebenarnya.
 
Itulah Sumatera Utara, dengan segala potensi-potensi yang dimilikinya, keeksotisannya yang sudah memanah mata-mata yang memandang. Adapun judul tulisan ini Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami! Ditulis oleh Anisha Rhea dengan judul aslinya ialah Potensi Besar Sumatera Utara yang Tak Tertandingi. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;
  1. Kecamatan Batang Toru [Sumatera Utara], dan Beberapa Hal yang Harus Kamu Baca!
  2. Desa Pargambiran Kecamatan Sumbu [Dairi] Sumatra Utara, dan Fakta Wisata yang Penuh Postensi!
  3. Kabupaten Langkat [Sumatera Utara] dan Beberapa Fakta yang Wajib Kamu Baca!
  4. Fakta Desa Pargambiran Untuk Mengjak Bermimpi Bersama Anak Desa

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!"

  1. Isinya bagus karna semua berupa fakta, hanya saja kalo lagi membahas Kopi sidikalang (poin besar) langsung fokus ke situ aja, sama air terjun dwi warna juga ya fokusin ke situ aja, kalo mau menaikkan nias langsung aja judul besarnya nias (menurutku sih)

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas masukkannya. Jadi karena sedang mengangkat fakta daerah di Sumut yang begitu banyaknya, saya juga tidak bisa hanya fokus ke satu poin.

    BalasHapus