Lumpur Lapindo Sidoarjo [Jawa Timur] dan 4 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Lumpur Lapindo Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia

FaktaDaerah.Com- Salah satu kota di Jawa Timur yaitu Sidoarjo. Pada tanggal 29 Mei 2006, terjadi semburan lumpur panas yang berada di daerah Porong. Lumpur panas tersebut menggenangi pemukiman, pertanian dan perindustrian. Akibat semburan tersebut, banyak masyarakat sekitar mengalami kerugian material dan tidak memiliki tempat tinggal lagi karena tempat yang dihuninya terkena semburan lumpur tersebut.

Akibat Lumpur Lapindo Sidoarjo


Tidak sedikit harta benda, sandang dan papan yang habis dimakan lumpur tersebut. Akhirnya mereka bergotong memindahkan diri ke tempat pengungsian. Kemudian bertahun-tahun lamanya semburan itu, tidak sedikit masyarakat menggantungkan penghidupannya dengan Lumpur Lapindo itu. Banyak dari mereka bekerja sebagi penjual makanan, ojek, dan lain-lain di daerah tersebut untuk melayani para pengunjung yang ingin sekadar melihat dan mengunjungi daerah semburan tersebut. 
 

Manfaat atau Keberkahan Lumpur Lapindo Sidoarjo Jawa Timur


11 tahun sudah berlalu, semburan lumpur panas tersebut terus meluap dan tidak ada seorangpun yang bisa memastikan kapan berhentinya semburan itu. Akan tetapi jika ditelisik lebih mendalam, potensi yang ada di dalam lumpur panas tersebut sangat menjanjikan. Hampir 50% dari lumpur Lapindo itu terdapat silica dan laumina yang dapat digunakan sebagai pengganti semen.
 

Lumpur Lapindo Sidoarjo Dimanfaatkan Sebagai Pengganti Semen


Setelah itu, para pengrajin keramik yang cukup kreatif memanfaatkan Lumpur Lapindo tersebut sebagai bahan dasar pembuatan keramik, tidak bisa dipungkiri para pengrajin dapat meraup untung yang lebih banyak karena bahan dasarnya melimpah ruah. Dan di dalam lumpur lapindo tersebut terdapat kandungan unsur selenium, unsur tersebut dapat mengurangi sel kanker, memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh kebal terhadap serangan virus.
 

Lumpur Lapindo Sidoarjo Dimanfaatkan sebagai Baterai dengan Peforma Tinggi


Selain itu, diketahui bahwa bahan lumpur panas yaitu Lithium yang dapat diubah menjadi baterai dengan peforma tinggi. Dengan adanya itu akan menghasilkan baterai yang cocok digunakan sebagai mobil ramah lingkungan yang baik itu lingkungan demi pengurangan polusi udara.
 
Dengan ratusan dan jutaan kandungan di dalamnya, jika lumpur Lapindo diolah dan dimanfaatkan akan memberikan manfaat yang luar biasa. Potensi yang ada seharusnya dapat diaplikasikan dengan baik melalui berbagai inovasi dan pemanfaatan secara bijaksana. Dengan begitu, lumpur Lapindo ini tidak bisa di”cap” lagi sebagai bencana alam akan tetapi berkah terselubung untuk masyarakat maupun negara. Karena Tuhan tidak akan memberikan sesuatu itu tanpa ada manfaatnya.
 
Demikinalah tulisan mengenai Lumpur Lapindo Sidoarjo [Jawa Timur] dan 4 Fakta Yang Harus Kamu Baca!. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Siti Novita dengan judul asli dalam artikelnya adalah “Keberkahan Lumpur Lapindo Sidoarjo”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  2. 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  3. Pulau Bawean [Gresik-Jawa Timur] dan 15 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  4. 9 Fakta Daerah Surabaya [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Lumpur Lapindo Sidoarjo [Jawa Timur] dan 4 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"