Kota Banjarmasin [Kalimantan Selatan] dan Fakta Menarik Pasar Terapung

Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Banjarmasin adalah kota yang dikenal sebagai kota seribu sungai, para wisatawan yang ingin datang ke kota ini jangan sampai terlewatkan berkunjung ke Pasar Terapung ya!. Pasar terapung ini asli lahir dari kebiasaan sehari-hari dan menjadi fakta mengenai kekayaan budaya masyarakat setempat dan hanya ada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pasar Terapung di Banjarmasin [Kalimantan Selatan]


Para pedagang di pasar terapung yang ada di Kota Banjarmasin ini menawarkan barang dagangannya menggunakan perahu, begitu pula yang ingin membeli juga harus menggunakan perahu. Orang banjar menyebut perahu dengan kata Jukung.
 

Aktivitas Pasar Terapung di Banjarmasin


Pasar ini aktivitasnya dimulai dari setelah shalat Subuh sampai pukul 08:00 WITA. Di pasar ini kita bisa membeli barang-barang seperti sayuran, buahan, lauk-paukhingga souvenir. Selian itu pengunjung juga bisa menikmati sarapan pagi terapung.
 

Pasar Terapung di Banjarmasin Tersedia Banyak Makanan Khas


Disana tersedia warung-warung terapung yang menyediakan makanan khas banjar seperti Soto Banjar, Lontong Orari dan Ketupat Kandangan. Warung–warung tersebut tentunya juga terbuat dari jukung tetapi berukuran lebih besar. Kita cukup mendekati warunglalu menaikinya. Jukung yang kita gunakan cukup di parkir di samping warung.
 

Pasar Terapung di Banjarmasin Bukan Hanya Berbelanja Tapi Bisa Juga Berfoto Ria!.


Pengunjung yang ingin dapat ke pasar ini  bisa  tidak sekadar hanyabelanja, malah banyak juga untuk melakukan kegiatan berupa foto-foto, naik jukung, menikmati kuliner dan suasana hiruk-pikuk pasar ini.
 

3 Pasar Terapung di Banjarmasin


Ada 3 pasar terapung di Banjarmasin yaitu Muara Kuin, Lok Baintan dan yang terbaru adalah Siring. Ketiga lokasi ini sangat menarik, sejak awal terbentuknya hingga saat ini keasliannya tidak ada yang berubah. Suasana alam pedesaan, warna air sungai yang kecoklatan, cara hidup masyarakat dan bau yang khas. Berikut saya akan menjelaskan ketiga pasar Terapung diatas.
 
Pasar Muara Kuin, keistemewaan pasar ini adalah masih sering terjadi transaksi barter antar para pedagang. Woow!!! Hal ini sudah sangat langka saya temukan di pasar manapun. Tapi di Banjarmasin masih ada lho.
 
Pasar Lok Baintan, pasar ini mempunyai nama lain yakni Pasar Apung Sungai Martapura. Di pasar inikita akan menyaksikan hilir-mudik puluhan klotok yang dinaiki oleh para pedagang dan petani.
 
Permasalahan yang terjadi pada saat ini jumlah pengunjung atau kehadiran di pasar terapung semakin surut, hal ini lantaran adanya pasar modern di daratan dan sedikitnya masyarakat yang mau melanjutkan tradisi ekonomi yang menarik ini. Akan tetapi dengan adanya permasalahan ini Pemerintah lokal tidak hanya diam diri, karena pemerintah daerah di Banjarmasin pada saat ini berupaya mempertahankannya. Salah satunya dengan memusatkan pasar apung di Sungai Martapura, yang sekarang dekat dengan kantor gubernur di Jalan Pierre Tendean, Kota Banjarmasin. Namun, pasar apung ini hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu.
 
Well, readers! Inilah fakta di daerah saya, yang saya rasa sudah mulai hampir punah karena proses pembangunan daerah yang hanya terfokus di daratan saja. Semoga masih ada warga yang cinta kebudayaan sehingga tetap menjaga kebudayaan unik ini. Terimakasih.
 
Tulisan mengenai Kota Banjarmasin [Kalimantan Selatan] dan Fakta Menarik Pasar Terapung ini dibuat dengan judul “Pasar Terapung Di Banjarmasin Cerminan Budaya Orang Banjar” yang ditulis oleh Nurul Inayah. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa baca juga tulisan menarik lainnya;
  1. Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!
  2. 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!
  3. 5 Desa Wisata [Semarang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Ketahui dan Kunjungi!
  4. Suku Baduy [Lebak- Banten] dan Fakta-Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kota Banjarmasin [Kalimantan Selatan] dan Fakta Menarik Pasar Terapung"