Kecamatan Batang Toru [Sumatera Utara], dan Beberapa Hal yang Harus Kamu Baca!

Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara


FaktaDaerah.com-  Batang Toru adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, indonesia. Ibukota kecamatan ini berada di Kelurahan Wek L. daerah ini kaya akan sumber daya alamnya. perkebunan sawit dan karet milik PTN tersebar luas di daerah ini.

Baca Juga: Desa Pargambiran Kecamatan Sumbu [Dairi] Sumatra Utara, dan Fakta Wisata yang Penuh Postensi!

Tambang Emas di Kecamatan Batang Toru


Begitu juga pertambangan emas yang masuk kategori terbesar di indonesia berada pada peringkat ke 4. Pertambangan yang berada di tapsel, Kecamatan Batang Toru yang mengoperasikannya oleh PT. Agincourt resourches.
 
Di sini saya petani yang sedang berladang di Pulogodang. Nah, orang yang sedang berladang di Pulogodang disaat panen padi mereka banyak mengangkut padinya itu dengan sebuah perahu, dengan ongkos yang dikeluarkan petani diwaktu mengangkut padi yang cukup banyak agar bisa sampai di rumah dengan aman, tanpa adanya transportasi perahu.
 

Perahu di Kecamatan Batang Toru


Kini petani tidak bisa untuk mengangkut semua padinya ke rumah dan petani juga tidak bisa berladang jikalau tranportasi ini tidak ada. pengendara perahu ini merupakan orang yang baik dalam melayani penumpangnya.
 
Disaat orang yang sedang menaiki perahunya ada yang ketinggalan uang ataupun belum ada uang (bisa utang).  Setelah penumpang tersebut  mengucapkan dengan serangkai kata untuk berterimakasih ataupun besoklah untuk dibayar.
 
Sipengendara perahu ini orang yang ramah ramah terhadap semua orang, dia rela cepat datang di waktu musimnya penjagaan burung. pengendara perahu ini datang sekitar jam 05.00 wib. diwaktu pengendemudi perahu dtang dia selalu singgah untuk meminum yang tidak jauh dari lokasi tempat dia bekerja.
 
Setelah beberapa tahun berlalu mengemudi perahu kini tidak lagi, karena harapan para petani rambin pulogodang dengan adanya pertambangan yang sudah ada, kini masyarakat petani pulogodang mengharapkan agar tambang emas martabe bisa membangun rambin untuk mempermudah pengangkutan padi serta tidak terlalu was-was jika datang hujan air akan menguap sehingga menyebabkan air besar dan jika panen pun tidak bisa untuk pergi kesawah.
 

Luas Lahan Persawahan Kecamatan Batang Toru


Luas persawahan atau lumbung padi pulogodang kurang lebih 250 hektare. Saat ini terdapat sembilan kelompok tani yang merupakan binaan tambang emas martabe. Kesembilan kelompok tani berasal dari delapan desa di wilayah kecamatan batangtoru. Antara lain Desa Napa, Aek pining, Hapesong Baru, Wek l, Wek II, Wek III, Wek IV, dan Telo.
 
Setelah mendengar aspirasi dari petani yang disampaikan melalui musrenbang kecamatan soal kebutuhan jembatan. Maka pada tahun 2014, dilakukan peletakan batu pertama pembangunanrambin pulogodang dan selesai pada 13 Mei 2016. Tepatnya pada 1 Juni 2016 jembatan pulogodang ini diresmikan oleh bupati tapanuli selatan,  Syahrul M Pasaribu dan Tim Duffy, Presiden Direktur PT Agincourt Resources.
 

Kecamatan Batang Toru Memiliki Jembatan Terpanjang di Tapanuli Selatan


Jembatan ini merupakan  yang terpanjang di Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara. Yang bisa menahan hingga satu ton. Kini para petani sudah bisa langsung naik sepeda motor ke kawasan lumbung padi pulogodang. Para pengunjung pun selalu berdatangan untuk melihat rambin pulogodang untuk memposting photo-photo di sosial media. Selain bisa berguna para petani, jembatan ini juga bisa untuk ajang wisata rekreasi. Kini jembatan tersebut sudah membuming di social media.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kecamatan Batang Toru [Sumatera Utara], dan Beberapa Hal yang Harus Kamu Baca!. Adapun judul asli dalam tulisan ini sendiri ialah “Sinergitas Masyarakat Dalam Pencapaian Infrastruktur Jembatan Pulogodang” yang ditulis oleh Agus Salim Hasibuan. Semoga bisa menjadi wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca, trimakasih. Baca juga tulisan lainnya;
  1. Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]
  2. [Desa Wonorejo]- Sumbergempol dan Beberapa Fakta yang Harus Kau Baca! 
  3. Fakta Suku Bugis [di Sulawesi], Yang Harus Kamu Pahami! 
  4. Pulau Anambas dan [4] Tempat Wisata yang Harus Kamu Ketahui!

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Kecamatan Batang Toru [Sumatera Utara], dan Beberapa Hal yang Harus Kamu Baca!"

  1. Tulisannya bagus, penempatan titik komanya bagus, dan judulnya bagus sesuai tapi konsepnya seharusnya dituangkan dalam penulisan. Yang lain semuanya bagus, oh ya ngomong2 jempatan ini firal ya di medsos akibat keindahan alam mengelilibgi jembatan ini terutama gunung lubuk raya padang sidimpuan terlihat jelas.

    BalasHapus
  2. wah that's right. do not think that tapanuli selatan,provinsi sumatera utara can be a gold producer to four steady once.

    BalasHapus
  3. hopefully later tapsel could be the first gold producer yah taufik.

    BalasHapus
  4. Thanks. sudah memberikan ulasan ataupun masukan terhadap penulisannya ya☺

    BalasHapus
  5. sekarang kita tinggal pelestariaannya saja agar pembangunan tersebut bisa bertahan lama.

    BalasHapus
  6. Mudah"an saja ya taufik masyarakatnya bisa menjaganya dengan baik

    BalasHapus