Kabupaten Ponorogo [Jawa Timur] dan 6 Fakta yang Wajib Kamu Baca!

Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Ponorogo adalah salah satu kabupaten yang terkenal di Jawa Timur. Sudah 21 tahun saya dibesarkan di Kabupaten Ponorogo ini. Ada banyak hal menarik yang perlu kalian ketahui tentang Ponorogo. Ponorogo sekarang sudah berumur 521 tahun. Ponorogo sering di juluki sebagai kota Reog. Mengapa begitu? Karena di Ponorogo memiliki kesenian khusus yaitu Reog Ponorogo, disini lain dalam Kabupaten Ponorogo memiliki sejumlah fakta yang unik sekaligus menarik bagi setiap pemabaca.

6 Fakta Ponorogo, Provinsi Jawa Timur


Berikut adalah fakta menarik yang perlu kalian tahu tentang Ponorogo:

Fakta Kabupaten Ponorogo Adanya Reog Ponorogo


Reog Ponorogo merupakan kesenian khas Kota Ponorogo. Setiap event apapun yang berkaitan dengan Ponorogo pasti menampilkan kesenian ini. Setiap memperingati bulan Syuro, Ponorogo selalu mengadakan FNRP atau biasa disebut Festival Nasional Reog Ponorogo. Acara ini bahkan diikuti oleh tingka dunia untuk diperlombakan.

Reog Ponorogo sangat terkenal di kalangan Internasional. September 2017 kemarin baru saja diadakan acara ini yang sekaligus bertepatan dengan hari jadi kota Ponorogo yang ke 521. Big event ini diadakan di Pendopo Agung Kota Ponorogo. Pada malam bulan purnama juga sering diadakan festival kesenian Reog ini.

Wisata Rumah Pohon di Kabupaten Ponorogo


Di Kecamatan Balong,Ponorogo kurang lebih 30km dari pusat kota. Ada tempat pariwisata yang wajib diketahui oleh para khalayak. Jalur akses pun cukup memadai dan aman. Tempat ini dibangun pertama kali dipublikasikan setelah adanya mahasiswa di salah satu universitas di Ponorogo. Mereka membuat jalur seadanya. Tiket untuk masuk ke wisata ini cukup terjangkau hanya 5000 rupiah per orang. Dengan berjalannya waktu atas kerja sama Dinas Pariwisata dan masyarakat setempat. Wisata rumah pohon ini mulai bagus dan banyak fasilitas untuk spot foto para pengunjung. Di dasar bawah pun ada air terjun. Wisata rumah pohon ini terletak di kaki lereng kaki gunung. Tempat ini di namakan wisata rumah pohon Gunung Beruk.
 

Dawet Jabung Kabupaten Ponorogo [Jawa Timur]

Tiap daerah pasti memiliki makanan maupun minuman khas tersendiri. Begitu juga dengan Ponorogo, yang memiliki minumas khas yaitu Dawet Jabung. Karena terkenal dengan Dawet Jabungnya banyak penjual yang membuka warung untuk berjulan dawet ini. Bahan dan cara pembuatan pun cukup mudah. Dawet ini terbuat dari santan yang direbus campur gula merah cair dan toping nya yang khas berupa tape hitam, cendol dan Gempol. Disajikan meggunakan es tambah enak. Tapi di Ponorogo Dawet Jabung terenak dan asli adalah di kecmatan Mlarak Ponorogo. Di sana ada deretan banyak penjual dawet. Kalian tinggal milih yang mana karena dawet di sana dijamin asli dan enak banget. Tidak hanya menjual dawet saja, biasanya penjual juga menyediakan beraneka macam gorengan seperti tempe goring, tahu isi, pisang goreng, ubi goreng, dan lain-lain.
 

Pawai budaya atau Kirab Pusaka


Setiap hari besar Islam dan perayaan Grebeg Suro, di Ponorogo sering diadakan kirab budaya atau Kirab Pusaka. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga Ponorogo dari tingkat SD,SMP,SMA,Universitas sampai tingkat Pemerintah Daerah. Setiap delegasi menunjukkan kreativitasnya masing-masing.

Biasanya mereka memakai kebaya adat. Di setiap sekolah juga mengeluarkan karyanga berupa drumb band atau kegiatan lainnya. Kirab ini dihadiri oleh Guest Start, dari artis ibukota sampai bule dari luar negeri pun ikut meramaikan nya. Ini kegiatan yang sering ditunggu-tunggu oleh warga Ponorogo. Kirab start dari Alun-Alun Ponorogo mengelilingi kota dan finish di Alun-alun lagi. Ada yang berjalan kaki ada juga yang memakai mobil berhias dengan berbagai macam karakter. Akan tetapi yang special berupa gambar merak karena melambangkan dengan kesenian reog daerah yaitu Reog Ponorogo.
 

Telaga Ngebel di Jawa Timur


Telaga Ngebel merupakan telaga satu-satunya yang berada di Ponorogo. Telaga ini terletak di kaki Gunung Wilis. Medan tempuh menuju telaga ini memang harus berhati-hati karena jalan yang curam dan banyak sekali tikungan. Tetapi setelah memasuki kawasan telaga kalian akan terbayarkan dengan panorama Telaga Ngebel yang begitu indah. Tiket untuk masuk ke telaga ini berkisar 10.000 sampai 15.000 rupiah.

Pemandanagan di sekitar lokasi yang menakjubkan ditambah udara dingin yang menusuk tulang. Di Telaga Ngebel air nya begitu tenang membuat para pengunjng betah menikmati keindahan alam ini. Ada perahu boat yang bisa membawa kalian mengelilingi Telaga Ngebel ini. Ada banyak juga penjual makanan di sekitar telaga tersebut. Makanan khas yang terkenal di sini adalah ikan nila bakarnya yang super lezat dan murah. Di bulan syuro telaga ini rutin diadakan larung Sesaji.

Jenang Mirah khas Ponorogo


Setiap berkunjung ke Ponorogo jangan lupa beli oleh-oleh khas Ponorogo yaitu Jenang Mirah yang berlokasi di Jalan Semeru,Ponorogo. Di toko ini ada banyak oleh-oleh yang di jual tetapi yang paling popular adalah Jenang Mirah.

Jenang ini di buat sendiri oleh pemiliknya. Setiap hari memproduksi jenang yang jumlahnya ratusan bahkan bias sampai ribuan. Setiap hari habis terjual dan tidak memungkinkan toko menjual jenang ini sampai berminggu-minggu. Ketahanan jenang ini paling lama hingga 2 minggu saja.

Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Ponorogo [Jawa Timur] dan 6 Fakta yang Wajib Kamu Baca! adapun judul asli dalam artikel ini sendiri ialah Pesona Kabupaten Ponorogo yang unik yang ditulis oleh Sela Niken Pratiwi. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang ada di Ponorogo. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Kota Blitar, Kabupaten Blitar [Jawa Timur] dan Fakta Membanggakan yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Kediri [Jawa Timur], dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  4. [3+ TEMPAT] Wisata Jombang [Jawa Timur] yang Harus Kamu Kunjungi!
  5. Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Kabupaten Ponorogo [Jawa Timur] dan 6 Fakta yang Wajib Kamu Baca!"