Kabupaten Aceh Timur dan Fakta Pisang Sale yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Indonesia

FaktaDaerah.Com- Makanan tradisional atau khas merupakan makanan dan minuman yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat tertentu, dengan citarasa khas yang diterima oleh masyarakat tersebut. Juga bagi seebagian masyarakat tertentu mempercayai makanan khas mempunyai khasiat tersendiri. Nah saya akan memberitahukan fakta didaerah saya yaitu salah satu makanan khas daerah saya Aceh Timur  salah satunya adalah pisang sale.
Baca Juga: Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!

Pisang Sale Makanan Khas Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh


Jika ingin ke Aceh timur jangan lupa mencicipi makanan khas Aceh Timur yang satu ini yaitu Pisang Sale, yang sering kita jumpai di daerah Panton dan Lhoknibong.
 
Faktanya Pisang Sale sangat banyak khasiat menurut yang saya tahu, pisang sale merupakan makanan ringan masyarakat Aceh sejak zaman endatu dulu, yang sudah menjadi buah tangan atau oleh-oleh masyarakat  jika berkunjung ke Aceh Timur. Pisang sale bias langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu.
 

Pisang Sale di Aceh Timur Banyak Manfaat

Aceh Timur merupakan sentra pisang sale untuk daerah Aceh. Saya akan mengupas khasiat pisang sale, pisang merupakan tanaman hortikultura yang cukup penting untuk kesehatan, pisang yang sudah matang dapat diolah berbagai macam makanan salah satunya adalah disale alias pisang sale.

Pisang Sale Aceh Timur Sudah Sampai di Internasional


Produksi pisang sale menembus pasar internasional, pisang sale adalah produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengepasan.Aceh Timur berinisiatif mempuat pisang disale karena sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.
 

Daerah Lhoknibong dan Panton Pusat Pisang Sale Aceh Timur


Lhoknibong dan Panton yang terletak di Aceh Timur kedua lokasi ini sempat dikenal sebagai sentral atau kotanya pisang sale. Setiap orang yang turun bus langsung tanya pisang sale. Cara pembuatan pisang sale adalah pisang yang sudah matang dikupas kulitnya, lalu dijemur dipanas matahari setelah itu dilakukan penyalean atau pengepasan sehingga pisang sale lebih tahan lama, seterusnya dioleskan atau dilumuri gula tebu bukan gula pasir, pisang sale mempunyai aroma yang khas, dan warnanya kecoklat-coklatan agak berkilat sedikit membuat kita ingin mencicipinya.
 

Pisang Sale Paling Nikmat Disantap Saat Berada di Air Terjun Atu Kapur


Paling mantap jika wisatawan makan pisang sale sore hari di temani secangkir kopi sambil menikmati pemandangan air terjun baru dibuka yang ada di Atu Kapur desa Siejuk  Kecamatan Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur yang juga merupakan fakta daerah saya yang terbaru.

Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Aceh Timur dan Fakta Pisang Sale yang Harus Kamu Baca!. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Nanda Yulinar. Dengan judul asli dalam artikelnya ialah Fakta Pisang Sale Makanan Khas Aceh Timur. Semoga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang atau telah berada di "Kabupaten Aceh Timur". Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Pandanan, Surga Wisata Budaya Sarat Makna Tersembunyi di Klaten, Jawa Tengah
  2. Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!
  3. Kota Blitar, Kabupaten Blitar [Jawa Timur] dan Fakta Membanggakan yang Harus Kamu Baca!
  4. Kabupaten Tegal [Jawa Tengah] dan Fakta Potensi yang Nggak Nyesel Untuk di Cermati!


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kabupaten Aceh Timur dan Fakta Pisang Sale yang Harus Kamu Baca!"